Home Inspiratif 9 Situs Kerja Freelance Yang Wajib Dicoba Untuk Newbie

9 Situs Kerja Freelance Yang Wajib Dicoba Untuk Newbie

0 820

Sudah menyandang status karyawan tapi masih ingin ada penghasilan tambahan? Masih kuliah / sekolah tapi ingin punya penghasilan sendiri? Atau ekstrimnya hanya ingin bekerja dari rumah dan tidak terikat ruang dan waktu untuk bekerja?

bekerja freelance

nigeriaskills.com

Mungkin ada baiknya mencoba menjadi pekerja lepas atau freelance untuk orang lain. Saat ini telah ada puluhan situs kerja freelance yang siap menyalurkan para pelamarnya.

Upah yang coba ditawarkan cukup variatif. Mulai dari angka puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari tingkat kesulitan job yang ditawarkan.

Berbagai situs kerja freelance ini terbukti membayar dengan baik dan dibuktikan dengan banyaknya para pencari kerja. Situs tersebut ada yang menawarkan job khusus lokal tapi ada juga untuk mancanegara. Semua dikembalikan kepada kualitas masing-masing.

Untuk mendaftar sebagai pekerja freelance ini tidak ada pungutan sama sekali tapi bila ingin tergabung dalam keanggotaan premium akan dikenakan biaya. Sementara itu untuk potongan bagi hasil atas job diberikan sangat kompetitif.

Berikut 9 situs kerja freelance yang wajib dicoba untuk newbie:

1. Projects.co.id

Situs ini sangat populer bagi para pencari kerja freelance. Selain menawarkan angka yang menarik, berbagai job yang ditawarkan juga cukup banyak jadi ada kebebasan memiliki pekerjaan sesuai bidang yang disuka.

Kelebihan lain dari situs ini selain mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja adalah adanya point untuk para pekerja jadi kuaitas masing-masing akan dinilai oleh user. Dengan demikian puas tidaknya pengguna jasa turut serta menjaga keberlangsungan para freelancer.

Di situs ini juga ada ruang untuk jual beli berbagai produk digital. Semua produk itu bisa jadi sangat dibutuhkan dalam mensuport semua pekerjaan yang berhubungan dengan era digital saat ini.

2. Kaskus.co.id

Forum terbesar jejaring dunia maya di tanah air ini tidak hanya menyedikan ruang untuk berkasak-kusuk saja. Di forum ini juga tersedia ruang untuk bertemunya para pencari kerja dengan para pemberi kerja.

Untuk mencari berbagai posisi atau lowongan yang ada sangat mudah. Cukup mengetik kata kunci ‘lowongan freelance’ maka akan muncul berbagai lowongan yang ada. Bila tidak ingin repot mensortir bisa menggunakan kata yang lebih spesifik semisal ‘lowongan penulis lepas’.

3. Bersosial.com

Situs yang satu ini bisa dibilang cukup mirip dengan yang sebelumnya. Selain menawarkan forum untuk diskusi atau bertukar pikiran forum ini juga menyediakan informasi terkait pekerjaan freelance.

Forum internet dan situs diskusi online Indonesia ini lebih banyak disuka mereka yang berkecimpung dengan dunia internet. Jadi wajar saja kalau situs ini lebih banyak menampilkan job yang berhubungan dengan dunia digital.

4. Olx.co.id

Situs yang berawal dari jual beli ini juga menyediakan info lowongan dan pencari kerja yang sangat banyak. Bukan hanya untuk info lowongan yang bersifat freelance tapi juga menyediakan lowongan paruh waktu dan penuh waktu.

Situs ini jauh lebih populer karena telah pasang iklan diberbagai media cetak maupun elekronik. Cara mendaftar untuk menjadi pekerja lepas juga sangat mudah dan disini sama sekali tidak ada potongan bila terjadi deal.

5. Jobstudent.com

Situs ini menjadi primadona bagi mereka yang masih menempuh pendidikan untuk mendapat uang tambahan dengan menjadi pekerja lepas. Tidak saja tersedia bagi mereka yang menyandang status mahasiswa tapi juga terbuka untuk anak SMK atau SMU.

Dan bagi yang telah lulus tapi belum dapat pekerjaan bisa juga apply disini. Situs ini seolah memang lebih hanya menyasar mereka yang butuh uang tambahan semata bila dilihat dari kriteria yang disarankan boleh melamar.

6. Gobann.com

Sesuai dengan namanya, fee yang ditawarkan untuk masing-masing job hanyalah goban atau Rp 50.000,- Wajar berbagai job yang ditawarkan juga kurang bervariatif karena upah yang disiapkan tidak begtu menarik.

Meski demikian projek dari situs ini cukup banyak dan diakui berbagai media besar tanah air. Hal ini dimungkinkan karena fee yang ditawarkan tidak begitu besar jadi jenis job pun tidak akan terlalu sulit.

7. LinkedIn.com

Dari sekian banyak situs yang ada mungkin hanya linkedin yang bisa mempertemukan jutaan pencari kerja. Hal ini karena memang situs ini menghubungkan para pekerja profesional hingga kelas atas.

Situs ini kadang digunakan sebagai batu lompatan untuk pindah ke perusahaan yang lebih baik. Meski demikan kadang ada juga pekerjaan freelance yang coba ditawarkan.

8. Freelancer.co.id

Situs ini sejatinya berasal dari Australia tapi di tanah air telah disesuaikan sehingga sangat muda menggunakannya. Nilai lebih yang coba ditawarkan situs ini adalah ada admin yang akan membantu menjawab pertanyaan secara langsung via chating.

Selain itu adanya rekening bersama seolah menjadi garansi bagi kedua belah pihak tidak akan ada pihak yang akan dirugikan. Untuk kepesertaannya sendiri ada yang benar-benar free dan ada yang berbayar bagi mereka yang ingin fokus menekuni kerja online.

9. Sribulancer.com

Situs ini bisa dibilang sebelas dua belas dengan freelancer.co.id. Selain job yang ditawarkan sangat banyak juga pengiklan yang berasal dari satu wilayah jadi tidak akan kesulitan berkomunikasi meski kurang mahir berbahasa Inggris.

Pada situs ini juga terdapat ranking dan history tentang job apa saja yang telah dilakukan freelancer. Dengan demikan bisa dibilang tiap individu memiliki rapor yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan mau diambil atau tidak.

Apapun situs kerja freelance dipilih semua kembali ke individu masing-masing untuk dijalankan dengan serius atau tidak. Perlu dicatat menulis adalah pekerjaan keabadian yang tidak semua orang bisa melakukannya.

NO COMMENTS

Leave a Reply