Aplikasi Tanda Tangan Ini Mudah Digunakan Tanpa Ribet

Munculnya berbagai aplikasi tanda tangan menandai perkembangan zaman sudah sangat pesat. Karena hampir semua kegiatan manusia beralih ke digital.

elshinta.com

Contohnya tanda tangan ini, bukan hanya pekerjaan saja, kini tanda tangan pun juga sudah beralih ke digital. Banyak sekali surat perjanjian atau surat perintah yang menggunakan tanda tangan digital.

Alasannya pun cukup masuk akal yakni untuk mempersingkat waktu dan menghemat biaya. Karena dengan tanda tangan digital perusahaan tidak perlu mengeluarkan kertas dan tinta untuk mencetak.

Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya mengirim surat melalui email atau aplikasi tanda tangan elektronik. Setelah itu karyawan diminta tanda tangan langsung di sana.

Aplikasi Tanda Tangan yang Mudah Digunakan

Aplikasi tanda tangan muncul sebagai alternatif bagi Anda yang diharuskan menanda tangani dokumen atau file secara digital. Tanda tangan digital ini memang kerap digunakan tentunya agar dapat menyingkat waktu dan menghemat biaya.

Nah bagi Anda yang ingin menggunakan tanda tangan digital tetapi tidak tahu harus di mana, berikut aplikasinya:

1. Aplikasi Mekari e-Sign

Aplikasi yang pertama adalah aplikasi Mekari e-Sign. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi tanda tangan digital yang memiliki berbagai fitur. Bukan hanya tanda tangan digital saja, Mekari juga mempunyai fitur e-materai bahkan hingga dapat membuat kontrak secara digital.

Aplikasi ini juga menjamin keamanan bagi penggunanya. Fitur-fitur yang ada di dalamnya pun bisa Anda gunakan secara gratis. Memangnya apa saja sih fitur-fiturnya?

Berikut fitur-fiur unggulan dari Mekari e-sign:

 Tanda tangan elektronik dengan nyaman dan aman
 Ada materai elektronik resmi dari PERURI
 Ada manajemen kontrak yang dilengkapi dengan pengingat otomatis ke para pihak
 Tersedia Dashboard terpadu untuk menyimpan semua dokumen elektronik Anda
 Sistem penyimpaanannya pun sudah cloud dan terenkripsi
 Tersedia jejak audit untuk menurunkan risiko dokumen yang dimanipulasi

Kelebihannya:

 Banyak fitur yang dapat memudahkan dan mempercepat berbagai proses administrasi
 Anda bisa menggunakan berbagai fitur tanpa harus membayar
 Keamanan dokumen terjaga
 Dapat menggunakan banyak format dokumen seperti PDF, DOC, DOCX, JPG, PNG.

Kekurangannya:

 Anda hanya bisa menggunakan dua dokumen saja setiap bulannya
 Harus membayar atau berlangganan jika ingin menggunakan banyak dokumen
 Harus ada koneksi internet

Aplikasi tanda tangan di andoid ini bisa menjadi salah satu aplikasi yang paling recomended. Selain itu, cara menggunakannya sangatlah mudah.

2. Aplikasi Smallpdf

Aplikasi smallpdf sebenarnya sudah tidak asing lagi. Aplikasi ini mungkin serig Anda gunakan untuk memperkecil ukuran PDF. Namun ternyata aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti mengconvert PDF ke Word, hingga merge dan split PDF.

Bahkan kini smallpdf memiliki fitur baru yang memudahkan Anda dalam menanda tangani dokumen elektronik atau dokumen digital. Smallpdf sendiri mempunyai keunikan yakni Anda bisa langsung menanda tangani dokumen tanpa harus login terleih dulu. Sehingga Anda tidak perlu membuat akun atau password.

Aplikasi tanda tangan yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan timestamp dan activity tracking sehingga apabila terjadi perubahan atau aktivitas pada dokumen Anda, maka perubahan itu akan terekam. Hal itu dapat membantu Anda mengetahui apabila dokumen sedang diotak-atik.

Fitur Unggulan:

 Satu-satunya aplikasi tanda tangan PDF
 Edit file format PDF
 Dapat Convert File PDF to Word

Kelebihan dari SmallPDF:

 Bisa Anda pakai secara gratis
 Tanpa membuat akun
 Fitur untuk dokumen PDF lengkap
 Bisa juga Anda akses melalui website atau internet

Kekurangannya:

 Dokumen yang ditanda tangani hanya berformat PDF
 Tanda tangan hanya bisa dilakukan untuk dokumen diri sendiri
 Tidak bisa membuat managemen kontrak secara digital

Pada dasarnya Small PDF tidak menghadirkan fitur managemen kontrak seperti aplikasi sebelumnya. Karena aplikasi ini hanya berfokus pada fitur mengedit dokumen berformat PDF saja, selebihnya tidak ada.

3.Aplikasi Create MySiganture

Aplikasi randa tangan yang ketiga ini adalah aplikasi CreateMySiganture. Aplikasi ini menyajikan tampilan yang sederhana, sehingga akan mempermudah Anda dalam menggunakannya. Bahkan saking sederhananya, aplikasi ini dapat digunakan di perangkat mana pun.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa membuat tanda tangan secara gratis. Hebatnya lagi, Anda tidak perlu login untuk membubuhkan tanda tangan. Tak hanya itu, Anda bisa mendownload tanda tangan tersebut apabila ingin menggunakannya pada dokumen lain.

Namun ada satu kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu tentang dokumen online. Dokumen yang dikirim online tidak bisa diakses menggunakan aplikasi ii, kecuali jika Anda mendaftar akun trial terlebih dulu.

Fitur Unggulannya:

 Fitur tanda tangan transparan
 Fitur download tanda tangan
 Fitur Tanda tangan Elektronik

Kelebihannya:

 Anda dapat membuat tanda tangan berbentuk transparan
 Tampilannya sederhana sehingga mudah untuk digunakan
 Dapat menyimpan atau menggunakan berbagai format dokumen seperti PDF,Word, JPG, PNG, PPT.

Untuk kekurangannya hanya satu yakni Anda tidak bisa membubuhkan tanda tangan dokumen yang dkirim secara online apabila belum mendaftar akun trial.

4. Aplikasi Oddo

Aplikasi tanda tangan di HP yang keempat ini merupakan aplikasi paket komplit. Odoo sendiri selain menawarkan fitur tanda tangan juga menawarkan beberapa fitur lainnya. Seperti CRM, website service, aplikasi HR dan masih banyak lainnya.

Buka hanya fiturnya yang banyak, aplikasi tanda tangan yang satu ini juga sudah mengantongi sertifikasi eIDAS dan ESIGN.

Penutup

Aplikasi tanda tangan diciptakan sebagai jawaban dari dunia yang semakin hari semakin beralih ke dunia digital. Hampir semua dokumen pekerjaan kini dikirim dan dikerjakan secara online atau digital. Tentunya agar lebih hemat dan praktis.

Pos terkait