Asosiasi Arsiparis Indonesia Selenggarakan AAI Awards 2024 

Kabar gembira bagi para Arsiparis Indonesia dimana dalam waktu dekat Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) gelar lomba AAI Awards 2024. Ada cukup banyak tema dan kategori bisa dipilih.

aai awards 2024
ist

Tujuannya tentu saja untuk bagaimana Arsiparis Indonesia bisa tumbuh dan berkembang. Menunjukkan talenta terbaik mereka dalam bidang pengarsipan.

Kegiatan ini digelar sesuai dengan program kerja Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI). AAI Awards 2024 menjadi ajang kontestasi kompetensi para Arsiparis Indonesia.

AAI Awards 2024, Ajang Unjuk Kebolehan Arsiparis Indonesia

Berbagai lomba menarik digelar, mulai dari poster infografis tematik untuk para arsiparis dan mahasiswa kearsipan. Termasuk didalamnya para praktisi rekam medis.

Lomba kali ini memiliki 3 tema mulai dari Pengembangan Profesi Arsiparis, Manajemen Arsip Digital dan Manajemen Risiko Arsip. Sementara itu untuk mahasiswa kearsipan memiliki 2 tema yaitu: Serba-Serbi Pendidikan Vokasi Kearsipan dan Perspektif Milenial Terhadap Arsip.

Selanjutnya ada juga lomba kinerja program kerja terbaik. Kegiatan ini diperuntukkan bagi organisasi yang bisa diikuti para Pengurus Wilayah (PW) AAI/Forum Arsiparis Kementerian/Lembaga (K/L). 

Poin penting yang harus ada dalam program kerja ini harus menunjukkan 4 sisi yakni kolaborasi, inovasi, keberlanjutan dan kepedulian sosial. Terutama yang memberi dampak positif bagi para pemangku kepentingan yang ada.

Apresiasi sekaligus Stimulan

Menurut Ketua Umum PN-AAI, Dr. H. Andi Kasman, SE., ME., di Sekretariat PN-AAI gedung Arsip Nasional RI Jalan Ampera Raya No. 7, Jakarta Selatan (29 Februari 2024) mengatakan bahwa AAI Awards 2024 sebagai wujud apresiasi sekaligus stimulan bagi para arsiparis supaya dapat menunjukkan talenta terbaik. Terutama dalam kaitan olah cipta, rasa, karsa dan karya sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara. 

Adapun tahapan dari kegiatan lomba AAI Awards 2024 adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman AAI Awards 2024 pada hari ini, Kamis, 29 Februari 2024
  • Pertemuan teknis peserta lomba secara daring pada hari Sabtu, 27 April 2024
  • Batas akhir waktu penyerahan karya lomba poster infografis dan kelengkapan persyaratan lomba kinerja terbaik organisasi pada hari Sabtu, 29 Juni 2024
  • Penilaian karya peserta lomba tanggal 1 s.d. 15 Juli 2024
  • Pengumuman Pemenang AAI Awards 2024 secara daring, Sabtu, 27 Juli 2024

Mereka yang akan menjadi Dewan Juri AAI Awards 2024 adalah para ahli dan praktisi sesuai bidangnya.

Andi Kasman juga menegaskan bahwa juara dan para finalis lomba poster infografis akan mendapatkan uang apresiasi dan piagam.  Sementara itu bagi juara dan finalis lomba kinerja terbaik organisasi akan mendapatkan piala atau tropi dan piagam. 

Tak hanya itu saja tapi mereka yang menjadi juara lomba poster infografis berpeluang mengikuti ajang internasional Poster Award. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Kongres International Council on Archives (ICA) tahun 2025 di Barcelona, Spanyol.

Untuk informasi lebih detail terkait kegiatan ini dapat dicek melalui media sosial Asosiasi Arsiparis Indonesia. Selain itu AAU akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh organisasi PW-AAI/Forum Arsiparis K/L dan program studi kearsipan dan rekam medis se-Indonesia.

Jangan lupa untuk pantau terus sosial media AAI untuk mendapat informasi lebih lanjut.

Pos terkait