ASUS VivoBook 14 A416 sebagai Laptop Karyawan Entry Level Terbaik

  • Whatsapp

Sebagai seorang karyawan, siapapun itu tentu membutuhkan laptop yang mumpuni menjadi sebuah keharusan. Diantara sekian banyak laptop yang ada di pasaran tentu ada ASUS VivoBook 14 A416 yang mampu mencuri fokus semua orang.

performa laptop VivoBook 14 (A416)
asus.com

Bagaimana tidak dengan laptop ini maka semua pekerjaan bisa tertuntaskan. Sangat cocok digunakan untuk untuk semua profesi khususnya karyawan yang butuh dukungan untuk entry level.

Selain itu laptop ini sangat pas digunakan oleh para pendidik maupun pelajar hingga mahasiswa. Hal ini karena kebutuhan mereka tak jauh beda dimana dimana akan berkutat dengan laporan, data dan sedikit desain grafis.

Secara tampilan laptop ASUS VivoBook 14 A416 ini begitu memukau. Citra milenial dan generasi Z terlihat dari teknologi, desain dan warna yang ada.

Satu Laptop untuk Semua Kebutuhan

Bagi saya pribadi yang memiliki modal pas-pasan sudah barang tentu menginginkan satu laptop untuk semua kebutuhan. Laptop yang bisa mendukung untuk pekerjaan hingga untuk mendapat hiburan secara praktis.

Laptop yang bisa jadi teman setia, dimana saat ini selain sebagai human capital saya pun menahbiskan diri sebagai seorang psyco blogger. Saya katakan demikian karena hampir semua artikel dalam tulisan ini bercerita tentang apa yang saya lihat dengar dan rasakan secara langsung.

Baik itu sebagai part of human capital maupun blogger pada umumnya. Dimana sudah pasti saya butuh dukungan untuk mengerjakan semua tugas kantor.

Membuat report atau laporan, membuat artikel, mendesain hingga hiburan. Semua dalam satu kemasan yang bernama laptop.

Cukup berbekal benda yang satu ini dan internet maka saya bisa bertahan untuk terus bekerja dan berkarya. Mau dimanapun tidak ada masalah karena sudah pasti bisa menuntaskannya.

Lain cerita bila tidak ada laptop. Bisa jadi yang ada kemudian adalah mati gaya. Bekerja tidak bisa berkreasi pun tidak mungkin.

Lebih Dekat dengan ASUS VivoBook 14 A416

laptop entry level karyawan
asus.com

Bagi yang sering membaca tulisan saya, baik di blog ini maupun di situs-situs lain mungkin akan sering menemukan kata ‘lebih dekat dengan’. Dua kata yang senantiasa saya pilih dan gunakan untuk menggambarkan sesuatu yang memang itu adalah citra diri atau satu bagian yang tak terpisahkan.

Kita pastinya tidak asing dengan merek ASUS. Hal ini karena begitu banyak dan mudahnya kita temukan merek ini dalam urusan piranti digital. Salah satunya sudah pasti itu adalah merek laptop yang begitu populer baik di dunia maupun di pasar dalam negeri.

Maklum saja merek ini begitu apik menjaga performa produk mereka lepas. Barang siapa pernah menggunakan sudah pasti akan menjadi candu dan tidak bisa lepas lagi. Tak terkecuali dengan urusan laptop dimana semua produk mereka tawarkan mampu menjawab semua ekspektasi.

Dan belum lama ini ASUS baru saja meluncurkan VivoBook 14 (A416). Produk yang digadang-gadang solusi bagi masyarakat urban baik itu karyawan, pendidik, pelajar hingga mahasiswa. Laptop mainstream dengan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang sengaja dihadirkan untuk tujuan bagaimana produktivitas meningkat dalam tugas rutin sehari-hari.

Produk yang dilepas dengan berbagai seri ini pastinya bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Meski berada pada kelas pemula atau entry level tapi jangan salah, performa yang ada mampu menjawab semua kebutuhan.

Kelebihan Laptop VivoBook 14 (A416)

Laptop ini sejatinya baru masuk tanah air pada akhir tahun lalu. Namun sejak kemunculannya mampu mencuri fokus siapa saja yang melihatnya.

Bagaimana tidak, ukuran yang ringkas nan elegan membuat siapa saja langsung jatuh hati. Body ramping dengan ukuran layar 14inch, berat 1,6kg dan tebal 19,9mm tentu menjadi kemewahan bagi siapa saja yang membawanya.

Membawa benda ini begitu mudah karena sangat praktis dan ringan. Mobilitas tinggi bukan alasan untuk kemudian meninggalkannya di rumah.

Teknologi yang digunakan dalam laptop ini adalah teknologi NanoEdge Display. Dengan demikian yang terlihat adalah bezel layar yang sangat tipis dan memiliki screen-to-body ratio sampai dengan 82 persen.

Layar yang digunakan pun telah Full HD dengan lapisan anti silau atau anti glare dan sudah pasti memanjakan mata yang menggunakan. Sudut pandang dari laptop ini pun bisa didorong hingga 178 derajat.

Berjam-jam di depan laptop menjadi satu pengalaman yang sangat menyenangkan tentunya. Jangan kaget kemudian bila produktifitas meningkat sangat pesat.

Mengulik hardware yang ada telah disematkan prosesor 10th Gen Intel Core dan PCIe SSD. Semua itu menjadi jaminan betapa dahsyatnya kinerja laptop ini. Menjadi wajar kemudian bila menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin bekerja atau belajar / mengajar dari rumah.

Fitur Premium di Kelasnya
Laptop VivoBook 14 (A416)
asus.com

Ada banyak fitur premium yang disematkan pada laptop VivoBook 14 (A416). Berhubung ada 7 varian secara otomatis tidak semua fitur akan didapat. Namun demikian meski memilih seri terbawah pun sudah akan merasakan kemewahan dan kenyamanan laptop ini.

Daripada penasaran, berikut saya ulas satu-satu:

1. Keyboard Full Size dengan Backlit

Tak ada yang menyangka kemudian bila ASUS VivoBook 14 (A416) memberikan fitur premium dikelasnya. Satu yang paling mencolok tentu adanya keyboard full-size yang dilengkapi backlit.

Artinya meski harus bekerja di ruang minim cahaya pun bukan alasan untuk kemudian menunda pekerjaan.

Tingkat kecerahan dari backlit ini pun bisa disesuaikan. Hal ini karena mereka menyediakan 3 opsi atau level sesuai dengan kebutuhan.

Keyboard yang ada pun disiapkan dengan memperhatikan faktor ergonomis dan membuat mengetik merasa sangat nyaman. Tombol keyboard yang ada memiliki key travel 1,4mm dan hal itu pastinya sangat nyaman saat digunakan.

2. Sensor Fingerprint

Pada seri atau varian yang lebih tinggi pada VivoBook 14 (A416) dilengkapi dengan sensor keamanan biometrik. Sangat menjaga privasi tentunya karena hanya yang punya yang bisa mengakses.

Sensor khusus via fingerprint ini baru tersedia pada laptop dengan prosesor Intel Core i5. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu ketik password dan langsung bisa menggunakan. Sangat praktis dan aman tentunya dan hal ini menjadi prestise bagi mereka yang memiliki.

3. Kamera Depan

Ketika bekerja dan belajar itu harus bebas dari ruang, jarak dan waktu pastinya membutuhkan kamera yang baik. Dalam laptop ASUS VivoBook 14 (A416) ini pun terdapat satu kamera yang bisa mendukung itu semua.

4. Software Office

Lebih ingin memanjakan pengguna dimana masyarakat kita hampir semua menggunakan Windows maka di laptop ini pun telah tersedia Windows 10. Tanpa perlu keluar biaya sepeserpun dan kita akan langsung bisa menggunakan karena dilengkapi Microsoft Office Pre-Installed.

Menjadi daya tarik sendiri karena software ini bisa diupdate. Artinya kita akan merasa lebih tenang dalam menyimpan data tanpa takut akan disusupi malware atau gangguan lain yang berpotensi kita akan kehilangan data.

5. Konektifitas Lengkap

Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa laptop ini sangat menunjang untuk mobilitas tinggi dan layak ditahbiskan sebagai salah satu laptop modern dan kekinian. Hal ini terlihat dengan adanya fitur konektivitas yang sangat lengkap.

Sebut saja port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack. Mau apa juga tinggal colok dan selesai.

Untuk konektivitas nirkabel tersedia WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1. Konektifitas yang sangat baik dan suport untuk berbagai kondisi tentunya dan membuat perpindahan data kian mudah.

6. Tangguh dan Kokoh

Mobilitas tinggi kian nyaman dengan adanya laptop yang kokoh. Perlu diketahui bahwa chasis utama dan rangka terbuat dari logam membuat body secara keseluruhan dapat diandalkan.

Selain itu masih ada perlindungan dengan adanya E-A-R HDD Protection. Teknologi ini ampuh menjaga HDD laptop bila tiba-tiba terjadi getaran.

7. Audio Sonic Master

Bagi pengguna yang suka bekerja dengan hiburan musik atau mengikuti webinar dengan kualitas audio yang baik maka ini jawabannya. Dimana laptop ini dibekali dengan speaker yang sangat baik sehingga menghasilkan kualitas audio yang jernih.

8. Link To MyASUS

Previllage bagi pengguna ASUS sudah pasti dengan adanya Link To MyASUS. Aplikasi bawaan ini bisa digunakan sebagai pusat kontrol untuk semua laptop ASUS.

Link to MyASUS memungkinkan laptop VivoBook 14 (A416) tetap terhubung dengan smartphone untuk berbagi file dengan cepat guna produktifitas lebih baik. Fitur ini mampu menampilkan pesan atau notifikasi dari smartphone ke layar laptop.

Artinya meski sedang asik bekerja pun pengguna tetap akan tahu bila tiba-tiba ada panggilan penting ataupun pesan masuk.

Dengan MyASUS pula, pengguna bisa memantau status laptop maupun melakukan troubleshooting. Aplikasi yang akan membantu pengguna untuk segala hal terutama untuk memindai sistem laptop, menemukan masalah hingga memperbaiki secara otomatis.

Satu teknologi yang begitu wow pastinya. Dimana tidak ada merek lain yang menawarkan kemudahan seperti ini.

Dari MyASUS juga akan terlihat semua informasi dibutuhkan semisal status garansi perangkat, fasilitas sampai dengan layanan konsumen ASUS.

9. Hardware Modern

Satu yang pasti dari keunggulan ASUS VivoBook 14 (A416) ini adalah dengan adanya teknologi modern dan kekinian. Salah satunya dengan digunakannya prosesor hingga 10th Gen Intel Core.

Untuk seri atau varian tertinggi telah digunakan prosesor Intel Core i5-1035G1. Dimana prosesor ini memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread. Selain itu didukung boost clock hingga 3,6GHz. Dengan bekal itu semua maka jangan kaget bila kemudian booting awal hanya butuh waktu 10 detik.

Memungkinkan semua pekerjaan akan terselesaikan dengan sangat baik mulai dari tugas sekolah, kampus hingga tugas kantor. Tidak saja untuk aktivitas harian, tapi juga sangat mendukung untuk kegiatan hiburan hingga desain grafis.

Semua itu juga berkat adanya chip grafis NVIDIA GeForce MX330. Satu teknologi yang sangat membantu saat membuka aplikasi photo editing, video editing atau untuk bermain game sehari-hari.

Memori pada laptop VivoBook 14 (A416) telah menggunakan memori DDR4. Dimana hal ini menjadi standar laptop modern yang bisa di-upgrade hingga 12GB. Sementara itu untuk sistem penyimpanan ada dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe.

Menjadi menarik kemudian bila dalam satu laptop bisa disematkan SSD dan HDD. Hal ini karena dalam tiap paket pembelian dibekali HDD Tool.

10. Baterai Tahan Lama

Berada di luar rumah dan tetap produktif itu pasti akan sangat terbantu dimana laptop memiliki baterai dengan daya tahan lama. Pun demikian dengan VivoBook 14 (A416) dimana produk ini dibekali baterai berkapasitas 37Wh.

Dalam sebuah uji coba menggunakan PCMark 10 Battery pada mode Modern Office laptop VivoBook 14 (A416) mampu menunjukkan perforama yang gemilang. Dimana laptop ini bisa bertahan hingga 8 jam setelah melakukan isi ulang selama 90 menit.

11. Harga Kompetitif

Harga yang ditawarkan laptop ini sangat kompetitif dimana saat ini tersedia 7 varian dengan pilihan 2 warna  yakni Transparent Silver dan Slate Grey.

– Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD (Rp 4.799.000,-)
– Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD (Rp 4.899.000,-)
– Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD (Rp 6.699.000,-)
– Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD (Rp 7.099.000,-)
– Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD (Rp 7.499.000,-)
– Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD (Rp 10.099.000,-)
– Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD (Rp 10.799.000,-)

Tips Memilih Laptop

logo asus intel

Terakhir sebagai penutup dalam tulisan ini tentu saja tips memilih laptop sesuai kebutuhan. Jangan sampai salah pilih dan akhirnya barang dibeli tidak optimal.

1. Tentukan kebutuhan dan sesuaikan dengan spek
2. Hitung budget
3. Jenis dan ukuran memori dan penyimpanan
4. Desain
5. Keyboard
6. Daya tahan baterai
7. Kualitas layar
8. Konektifitas

Bila beberapa hal diatas telah terjawab maka saatnya eksekusi. Dan nampaknya VivoBook 14 (A416) mampu menjawab itu semua.

Artinya memang laptop ini layak menjadi pilihan utama ketika membutuhkan laptop untuk bekerja, belajar maupun untuk hiburan sehari-hari. Semua menjadi kian mudah dan produktifitas pasti meningkat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *