Bakmi Jowo Mak Ribet, Bakmi Mblusuk di Nanggulan

Bagi yang suka kuliner di area mblusuk ada baiknya berkunjung ke warung Bakmi Jowo Mak Ribet. Warung ini benar-benar ada di wilayah yang sangat jauh dari perkotaan. Tepatnya ada di Dusun Dlingo, Desa Banyuroto, Kapanewon Nanggulan, Kulonprogo.

bakmi jowo mak ribet
local guide Alfi Rahayu

Menu yang disediakan seperti warung bakmi jowo pada umumnya. Ada menu bakmi godong, bakmi goreng, magelangan dan nasi goreng.

Yang menambah kesan spesial tentu saja adanya minuman dengan gula batu, baik itu jeruk panas atau teh panas. Kalau tidak suka dengan minuman panas bisa menikmati es dengan gula batu.

Dinginnya malam akan beradu dengan dengan hangatnya seporsi menu yang kita pilih. Tak ada suara lalu lalang kendaraan membuat suasana makin syahdu.

Cukup lama untuk bisa menikmati seporsi bakmi godog. Hal ini karena untuk menyantapnya pembeli diharuskan untuk antre.

Meski letaknya benar-benar blusuk tapi tempat makan ini tidak pernah sepi pengunjung. Entah mereka tahu tempat ini dari mana, kalau saya lebih karena adanya rekomendasi salah seorang kawan.

Bagi sebagian pengunjung yang kurang sreg menikmati menu dengan lesehan di teras rumah maka bisa menggunakan balai-balai yang ada di ruang terbuka. Menambah kesan romantis tak kala menikmati sajinan dengan suara jangkrik dan semilir angin malam.

Satu porsi menu di tempat ini sangatlah murah. Hal ini dikarenakan para pembeli adalah mereka yang tinggal masih satu desa. Hanya ada satu dua yang berasal dari luar daerah.

Cara Menuju Bakmi Jowo Mak Ribet

Menurut saya yang kebetulan dari pusat kota Jogja untuk bisa menikmati kuliner bakmi Jowo Mak Ribet harus membutuhkan waktu tidak kurang dari 90 menit. Terlebih dari jalan kecamatan masih harus masuk ke area desa tak kurang dari 3 kilometer.

Seporsi bakmi jumbo, segelas jeruk panas, dan sebuah gorengan bakwan bisa ditebus dengan Rp 10 ribu saja. Porsi yang disajikan cukup banyak sehingga bisa mengenyangkan perut.

Bagi yang suka tantangan jangan lupa tambahkan rasa pedas hingga titik tertinggi. Namun bila tidak siap dengan level rawit setan maka bisa pilih yang biasa saja.

Soal rasa jangan tanya, meski di area terpencil dan jauh dari keramaian tapi Mak Ribet bisa memenuhi selera pecinta kuliner.

Jadi ada baiknya bagi kamu yang kebetulan berkunjung ke Nanggulan untuk mencicipi kuliner mblusuk ini. Jangan lupa ajak saudara atau sahabat karena untuk mencapainya tidak lah mudah.

Sepanjang kiri kanan belum ada penerangan yang jelas dan jalanan agak sedikit rusak. Tapi semua itu akan terbayar sudah setelah mencicipi berbagai menu yang disediakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *