Berani Melanggar Protokol Kesehatan, Siap-Siap Cabuti Rumput

  • Whatsapp

Kulonprogo akan memberlakukan sanksi sosial berupa cabut rumput dan sita KTP. Sanksi ini dinilai akan memberi efek jera bagi mereka yang berani melanggar protokol kesehatan.

tahapan new normal jogja
instagram.com/stefannygreat

Wacana ini dikemukakan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengingat hingga saat ini warga masih abai terhadap protokol kesehatan. Cara ini diharapkan mampu membuat warga lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

Bahkan tak jarang warga beranggapan corona virus hanya sebatas konspirasi dan hoaks semata. Tak ingin jumlah pasien terus bertambah tentu pemerintah harus melakukan segala upaya untuk mencegah adanya paparan Covid-19.

Apalagi saat ini di Kulonprogo sendiri bertambahnya pasien bukan karena pendatang semata. Tapi telah masuk ke transmisi lokal.

Sanksi sosial sendiri yang akan diberikan bukan hanya mencabut rumput dan membersihkan lingkungan sekitar. Namun bisa juga dalam bentuk lainnya yang dirasa bisa membuat warga yang ngeyel terhadap protokol kesehatan menjadi sadar.

Untuk mewujudkan sanksi ini tim akan berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dimana pelanggar berdomisili. Tujuannya untuk memberikan edukasi lebih lanjut.

Tak hanya Kulonprogo yang mengeluarkan wacana sosial berupa cabut rumput. Pemda Sleman pun mewacanakan sanksi sosial bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan.

Menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo hingga saat ini aturan terkait sanksi masih digodok Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman bersama Satpol PP Sleman. Sanksi sosial yang edukatif dirasa lebih mengena daripada denda sejumlah rupiah.

Lebih jauh Sri Purnomo juga mengatakan bila sanksi administratif berupa denda dinilai tidak efektif memberi efek jera. Lain cerita bila berupa sanksi sosial tentu akan lebih dikenang oleh pelanggar.

Baca juga: Daftar Puluhan Objek Wisata di Jogja yang Telah Mulai Beroperasi

Dengan adanya sanksi sosial ini maka bila kamu ingin berkunjung ke Jogja, khususnya Sleman dan Kulonprogo untuk benar-benar taat terhadap protokol kesehatan. Jangan sampai liburan kurang berkesan karena terjaring razia harus cabut rumput atau membersihkan area sekitar dengan rompi khusus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *