Bisnis Online Terbaik yang Cocok untuk Mahasiswa

  • Whatsapp

Jika sekarang kalian adalah mahasiswa dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kalian membaca artikel yang tepat. Artikel yang saya buat ini akan membahas bisnis online untuk mahasiswa yang hanya membutuhkan modal kecil serta mudah untuk dilakukan.

industri kreatif klik piyungan
agribisnis.co.id

Ada banyak sekali peluang pekerjaan yang tersedia di internet dan tentu saja sangat sayang untuk dilewatkan. Namun kalian harus ingat, jangan sampai berbisnis online mengganggu performa akademik kalian.

Berikut adalah berbagai macam bisnis online murah untuk mahasiswa yang berhasil saya himpun:

1. Jualan Online

Ide bisnis online untuk mahasiswa yang pertama adalah berjualan secara online. Kalian bisa memilih untuk menjadi reseller, dropshipper atau membuka jasa PPOB.

Reseller adalah seseorang yang mengambil barang di supplier dan menjualnya kepada konsumen. Sebelum dijual, reseller biasanya menyetok barang dan membutuhkan modal.

Sedangkan dropshipper cukup berbeda. Dropshipper hanya bermodalkan foto produk dari supplier yang diposting di akun jualannya. Apabila ada pembeli yang tertarik, dropshipper akan menghubungi supplier untuk pembelian.

Jika pembeli sudah mentransfer uangnya, barulah dropshipper membayar produk di supplier. Nanti supplier akan mengirimkan produk tersebut atas nama si dropshipper.

Berbeda dengan keduanya, PPOB atau payment point online bank) adalah jasa pembayaran online. Bisa dikatakan, kalian sedang membuka usaha loket pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti air, listrik, zakat, telepon dan sebagainya.

2. Freelance Writer atau Penulis Lepas

Jika kalian memiliki hobi menulis, ini saatnya kalian memonetisasi hobi yang kalian miliki. Kalian bisa memilih untuk menjadi penulis website baik content writer maupun copywriter.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa membuka jasa penulisan makalah yang peminatnya cukup banyak. Terlebih lagi kalian adalah mahasiswa, tentu saja kalian sangat familiar dan terbiasa dalam penulisan makalah.

Manfaatnya tidak hanya dalam bentuk uang, kalian juga mendapatkan informasi baru saat mengumpulkan data untuk penulisan makalah tersebut.

3. Pengajar Les Online

Di saat pandemi seperti ini, hampir semua siswa dihimbau untuk belajar di rumah. Dan tidak sedikit para orang tua yang kewalahan menghadapi anaknya yang terus belajar di rumah.

Tidak sedikit pula video yang beredar menampilkan orang tua mengeluarkan emosi saat mengajari anak mereka.

Kalian bisa menawarkan jasa les online kepada para orang tua dan anaknya. Kalian bisa membantu anak tersebut dalam mengerjakan PR serta mengajari mereka materi baru yang sesuai dengan kurikulum sekolah mereka.

4. Desain Grafis

Jika kalian sedang kuliah di bidang desain grafis dan memiliki kreativitas yang tinggi, menawarkan jasa sesuai dengan kemampuan tentu sangat menyenangkan. Kalian bisa memberikan pelayanan pembuatan brosur, poster, kartu nama, banner, spanduk, kartu undangan, cover buku dan sebagainya.

Semakin unik dan menarik desain Anda, semakin banyak pula calon konsumen yang tertarik. Terlebih lagi, kalian bisa memasang harga sendiri tergantung pada tingkat kesulitan desain yang kalian kerjakan.

5. Influencer atau Selebgram

Jika kalian memiliki penampilan yang menarik dan ingin dikenal banyak orang, bisnis satu ini bisa kalian pertimbangkan. Untuk mengawali karier sebagai selebgram tidaklah mudah karena kalian perlu membangun personal branding yang menarik dan sesuai dengan niche kalian.

Jika kalian berhasil menjadi selebgram, akan ada banyak perusahaan atau produk yang ingin di endorse oleh kalian. Bayarannya pun sangat menggiurkan. Kalian patut mencobanya.

6. Membuka Usaha Jastip

Jika kalian berdomisili di kota besar, membuka usaha jastip bisa menjadi mata pencaharian kalian. Ada banyak produk-produk yang tidak dijual di daerah-daerah sehingga kalian bisa memasarkan produk tersebut.

Komunikasi dengan calon konsumen bisa dilakukan melalui media sms, WA ataupun media sosial. Bahkan pembayarannya pun bisa dilakukan secara elektronik. Jika konsumen sudah membayar, kalian bisa langsung membeli produk dan mengirimkannya melalui jasa pengiriman atau ekspedisi.

Produk-produk yang kalian tawarkan bisa kalian tentukan sendiri seperti tas, sepatu, peralatan dapur, pakaian dan sebagainya. Karena kalian masih mahasiswa, usahakan tidak menjual barang-barang yang besar dan berat agar tidak tidak merepotkan.

7. Buzzers

Menjadi buzzers tidak selalu memiliki konotasi negatif atau melulu berhubungan dengan politik. Tugas seorang buzzers adalah memposting sebuah konten guna menarik pembaca atau penonton.

Jika postingan tersebut banyak menarik perhatian masyarakat, buzzers akan mendapatkan insentif. Insentif yang didapatkan pun cukup menggiurkan. Dalam satu postingan, seorang buzzer bisa menerima insentif paling sedikit Rp 150 ribu.

8. Paid Survey atau Survei Berbayar

Saat ini banyak perusahaan yang sedang melakukan survei untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk maupun jasa mereka. Tidak hanya perusahaan, lembaga survei pun juga sering mengundang partisipasi masyarakat untuk berpartisipasi.

Agar partisipasi publik sesuai dengan target mereka, tidak jarang mereka memberikan hadiah berupa barang atau uang. Kalian tidak memerlukan modal sepeserpun untuk mendapatkan hadiah tersebut.

Kalian cukup meluangkan waktu kurang lebih 10-30 menit untuk diwawancarai atau dimintai untuk mengisi kuesioner.

9. Penerjemah

Saat ini ada banyak sekali situs-situs yang mempromosikan berbagai macam pekerjaan yang berhubungan dengan penerjemah. Secara online, kalian bisa memberikan jasa terjemahan dokumen, artikel, buku, naskah dan sebagainya.

Yang menarik adalah bayaran kalian yang cukup besar bisa berhasil mendapatkan proyek. Jasa penerjemah yang saat ini sedang banyak dibutuhkan adalah penerjemah bahasa Inggris, Jepang, Korea, China, Perancis hingga Rusia.

Konsumen yang bisa kalian layani tidak terbatas pada konsumen domestik, tetapi juga mancanegara. Tentunya dengan kehadiran internet, promosi jasa kalian akan semakin mudah dan cepat.

10. Youtuber

Jika kalian bertanya pada anak-anak zaman now tentang pekerjaan impian mereka, tidak sedikit yang menjawab ingin menjadi seorang youtuber. Betul, saat ini menjadi seorang youtuber memang sangat menjanjikan.

Hanya bermodalkan kamera HP saja kalian sudah bisa membuat video yang bagus dan menguploadnya ke channel kalian. Supaya channel youtube kalian bisa menghasilkan uang, kalian perlu lolos seleksi Youtube.

Persyaratannya adalah memiliki subscriber minimal 1.000 orang dan memiliki jam tayang minimal 4.000 jam. Sehingga, kalian harus rajin membuat video dan menguploadnya.

11. Blogger

Jika kalian cukup familiar dengan wordpress, blogspot atau bahkan memiliki website sendiri, tentu menjadi blogger sangat bisa dipertimbangkan. Kalian bisa menulis topik apapun yang kalian sukai dan kuasai.

Sebagai contoh paling mudah mungkin bisa melihat Kanal Jogja ini. Jika kalian menyukai travelling, kalian bisa mengulas tentang tujuan wisata atau tips saat berwisata.

Kalian bisa juga membuat rangkuman materi perkuliahan yang kalian terima di kampus. Tentu saja teman-teman kalian akan sangat terbantu dengan hal ini.

Jika pengunjung website kalian semakin banyak, maka trafiknya pun semakin ramai. Sehingga semakin besar peluang kalian untuk mendapatkan uang.

Untuk merealisasikan bisnis online terbaik ini pastinya kamu beli domain. Pilih nama terbaik yang mewakili bisnis online dijalankan. Jangan lupa pilih hosting Indonesia terbaik agar tidak ada masalah dikemudian hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *