Home Inspiratif Blueprint Jadikan Ngeblog Lebih Seru, nggak Percaya Ini Buktinya…

Blueprint Jadikan Ngeblog Lebih Seru, nggak Percaya Ini Buktinya…

8 779

Ngeblog itu tak ubahnya realita kehidupan. Konon ada suka duka di dalamnya tapi bagi saya ngeblog itu sumber kebahagiaan. Bukan tanpa alasan tapi dengan media seni tulis ini selain bisa menuangkan ide bisa mendapat manfaat atau hal positif lainnya.

kick andy

kanaljogja.com


Jujur selama bertahun-tahun berkecimpung dalam dunia blogging saya merasa tidak ada kata duka. Yang ada hanya tantangan untuk selalu menyuguhkan sesuatu yang lebih baik untuk pembaca.

Mungkin karena Kanal Jogja ini di desain dengan cukup rapi. Dalam arti sebelum dibuat sudah ada blueprint-nya. Cara sederhana tersebut membuat ngeblog lebih seru.

Selalu ada target-target minimal yang harus dicapai tiap bulannya. Target tersebut akan memudahkan seberapa besar progres yang terjadi.

Ngeblog lebih seru, mungkin itu ungkapan yang pas. Bagaikan membangun sebuah rumah dan harus ada pondasi yang kokoh kalau tidak ingin bangunan runtuh seketika.

Meski bukan blog atau media besar tapi saya benar-benar fokus menjaga kemudi Kanal Jogja ini mau dibawa kemana. Semisal sebelum memilih domain sudah berpikir domain apa yang kelak akan menjual atau laku di pasaran.

Bukan hanya laku tapi mudah diingat. Hal ini menjadi sangat penting karena secara psikologis akan membawa pikiran pembaca untuk setia.

Tak kalah penting tagline di pilih, ”Kenali Jogja Lebih Dekat. ” Seolah membuat siapapun yang membaca meski tidak di Jogja akan terasa di Kota Budaya tersebut.

Logo yang coba dihadirkan adalah tapak kaki. Seolah Jogja itu identik dengan jalan-jalan sehingga tapak kaki ini menjadi sesuatu yang pas.

Dalam benak saya, semua konsep yang tertuang dalam blueprint itu adalah seni. Membuat apa yang ada di kepala kemudian dituangkan dalam gambar atau visual.

Selanjutnya setelah menentukan nama dan tagline yang perlu disiapkan adalah kategori apa saja yang harus ada diblog ini.

Ketika mengambil isu berita atau news sudah pasti akan kalah dengan media besar. Oleh karena itu hardnews hanya sebagai ”cantolan” saja. Bahwa blog ini juga hadir untuk memberi kabar terbaru di Jogja.

Semua kategori diupayakan memberi berita positif. Meski dalam dunia jurnalistik sering mendengar the bad news is the good news tapi diblog ini pengecualian.

Tidak ada berita negatif yang dihadirkan hanya sebatas untuk meraup trafik. Berharap menjadi referensi bagi mereka yang akan berkunjung ke Jogja maka senantiasa kabar baik yang diangkat.

Jogja yang terkenal dengan dunia wisata, kuliner dan sejarahnya menjadi nilai jual utama. Dengan berkunjung pada blog yang ada sejak 13 November 2014 ini maka pembaca di harapkan jadi tahu banyak hal tentang Jogja.

Targetnya tentu siapa saja yang hendak berkunjung ke Kota Pelajar ini. Menjadi referensi manakala mereka berlibur dan harus ke mana saja.

Diusianya yang hampir 2 tahun ngeblog menjadi sesuatu yang istimewa. Tak ada yang surut atau patah semangat.

Semua berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan yang diluar ekspektasi blog ini telah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah baik dari adsense, iklan banner, blog placement maupun review.

Semua itu membuat semangat ngeblog terus memuncak. Bahkan bila apa yang ditargetkan bisa dipastikan saya akan resign dari status karyawan.

Benar-benar fokus ngeblog sudah menjadi impian dan komitmen. Meski hanya bisa dikerjakan di luar jam kerja tapi selama itu fokus akan memberi hasil maksimal.

Untuk bisa seperti ini memang bukan sesuatu yang instan. Kebetulan saya yang memiliki hobi menulis sejak 2004 dan diseriusi kini membuahkan hasil.

Ngeblog bukan semata menuliskan apa yang dibenak kita untuk mendapat penghasilan. Tapi dari media ini kita bisa turut berperan untuk membantu masyarakat sekitar.

Minimal selama data yang kta berikan dapat di uji secara kebenaran itu sudah membantu mereka yang membutuhkan informasi. Jadi bagi mereka yang ngaku blogger tapi semangat masih naik turun perlu diluruskan sebenarnya motivasi ngeblog itu apa. Jangan sampai terjadi pola pikir yang salah dan kemudian yang muncul kata stress.

Kalau bagi pemula dan belum siap tapi memaksakan pada hasil bisa dipastikan 90 persen akan gagal. Namun bagi mereka yang percaya pada proses maka bisa dipastikan kemungkinan mereka berhasil akan jauh lebih besar.

Ingat, tak ada proses yang akan membohongi hasil. So, mulai sekarang jadikan ngeblog lebih seru dengan segala aktifitasnya.

8 COMMENTS

  1. hmm…ngeblog,..biarpun pantat kena ambeien, pinggang rasa mau copot, tapi hasrat menulis ga bisa terbendung, pinginnya nulis lagi, lagi dan lagi…
    ngeblog itu ibarat aktivitas tanpa garis finish asalkan basicnya adalah hobby, bukan kebutuhan finansial,..alhamdulillah, berkat ngeblog minimal saya punya kebanggaan yg bisa dipamerkan kepada ketiga anak saya,…”tuh blog bapakmu, yg sekarang bisa beliin baju kamu, tas sekolah kamu, gadget baru kamu,.,.” dan sebersit pesan kepada mereka, “blog2 ini (maklum peternak blog), kelak bisa menghidupi kamu entah 10 – 20 tahun ke depan, selama kamu menjaganya, dengan catatan hostingnya jgn sampe jatuh tempo”…

    blognya oke mas,…maju terus, salam dari blogger yg hidup di hutan

Leave a Reply