Bonus Liburan Imlek di Malaysia

  • Whatsapp

Siapapun itu yang telah tuntaskan liburan di dalam negeri pastinya ingin merasakan liburan ke luar negeri. Tempat yang akan memberikan pengalaman berbeda dan salah satunya adalah merayakan imlek di Malaysia.

Mencoba melihat lebih dekat perayaan imlek atau tahun baru kalender China di Negeri Jiran yang konon paling wah sejagat. Negara dengan bermacam latar belakang suku ini mampu merubah imlek bukan hanya tahun baru bagi warga Tionghoa. Lebih dari itu adalah daya tarik wisata yang sangat sayang kalau terlewatkan.

Dikemas dengan apik dan membuat siapa saja selalu menantikan apa yang akan mereka suguhkan. Tahun ini mungkin tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Adanya pandemi memaksa pemerintah setempat memberlakukan pembatasan. Namun jangan salah dalam sejarahnya mereka adalah tempat terbaik untuk liburan bersama keluarga.

Tradisi Imlek di Malaysia

Andai tidak ada Corona Virus, negara ini setidaknya menyiapkan berbagai tempat perayaan imlek yang bisa dipilih dan menjadi alternatif. Mereka menyulap semua klenteng dan kuil identik dengan warna merah.

Tercatat banyak spot yang bisa dijadikan objek wisata yang bisa dikunjungi. Dan berikut beberapa yang bisa menjadi rekomendasi bila kelak ingin merayakan pergantian tahun baru Cina di negaranya Upin dan Ipin.

Tempat Terbaik Liburan Imlek di Malaysia

1. Cheng Hoon Teng

Cheng Hoon Teng
instagram.com/with_christine

Cheng Hoon Teng adalah salah satu kuil tertua di Malaysia. Banyak sejarah yang tersimpan di tempat ini dan menjadi prioritas pertama untuk dikunjungi.

Tidak harus imlek, di hari biasa pun banyak wisatawan berkunjung ke kuil yang ada di Kota Malaka ini. Nilai plus lain di tempat ini juga berdekatan dengan tempat ibadah lain seperti Masjid Kampung Kling dan Kuil Sri Poyatha Moorthi.

Satu bukti bahwa mereka sangat menghargai keberagaman dan pluralisme. Kamu yang muslim pun jangan ragu untuk melihat keindahan kuil yang satu ini.

2. Khoo Kongsi

khoo kongsi
instagram.com/fionna06

Selanjutnya ada kuil Khoo Kongsi yang telah dinyatakan sebagai salah satu warisan dunia oleh badan PBB Unesco. Bila Cheng Hoon Teng ada di Malaka maka Khoo Kongsi ada di Penang.

Tempat ini pun selalu menjadi tujuan wisata yang tak pernah sepi di Asia. Ada banyak kegiatan digelar di tempat ini dan menjadi daya tarik tersendiri.

3. Goddess of Mercy Temple

Goddess of Mercy Temple
https://instagram.com/sam_okb

Masih di Pulau Penang ada Goddess of Mercy Temple. Lokasi yang satu ini memiliki nama lain yang cukup beragam. Ada yang mengatakan Kuan Yin Teng, dan ada pula yang menyebut Kong Hock Keong dan semua itu merujuk satu tempat.

Kuil yang satu ini pun telah dinobatkan sebagai salah satu warisan dunia oleh Unesco sejak 2008. Artinya benar-benar objek wisata ini memiliki nilai sejarah yang cukup panjang.

Saat ada di sini jangan lupa menikmati sajian kuliner yang melimpah. Berbagai makanan khas imlek dan Malaysia akan begitu mudah ditemukan.

4. Kuil Thean Hou

Kuil Thean Hou
instagram.com/sathisk10

Selanjutnya di pusat ibu kota Kuala Lumpur maka akan ditemukan Kuil Thean Hou. Menjadi salah satu pusat perayaan imlek di ibu kota membuat siapa saja mudah menjangkaunya.

Kuil yang sangat megah dan dibangun untuk menyembah Dewi Laut yang bernama Mazu ini juga tidak boleh terlewatkan. Selalu ada agenda menarik tiap tahun di kuil ini untuk menyambut para wisatawan.

5. Kelenteng Tua Johor Bahru

kelenteng tua johor bahru
wikipedia.org

Berikutnya ada Kelenteng Tua Johor Bahru dan sesuai namanya objek wisata ini berada di Johor. Objek wisata banyak dicari karena berada di kawasan perkantoran, dimana disekelilingnya terdapat gedung pencakar langit.

Nilai plus lain dari tempat ini tentu saja surga kuliner dan oleh-oleh. Kurang optimal bukan bila jalan-jalan hanya mendapat pengalaman berbeda dan ada yang harus dibawa pulang.

Baca juga: Kapan Harus Medical Check Up dan Kenapa Harus!

Mengenal Lebih Dekat Malaysia Healtcare Travel Council

Satu alasan yang membuat negara ini bisa menjadi tujuan wisata tentu saja dengan adanya Malaysia Healtcare Travel Council atau MHTC. Dimana mereka sangat konsen untuk membantu warga negara Indonesia yang ingin liburan kesehatan.

Malaysia Healtcare Travel Council sebagai sebuah lembaga atau organisasi yang didirikan Kementerian Kesehatan Malaysia untuk memberi rasa nyaman bagi mereka yang berkunjung ke negara ini untuk berobat. MHTC sendiri saat ini telah bekerja sama dengan 69 rumah sakit swasta yang tersebar di Malaysia.

Beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama antara lain Penang Adventist, Gleneagles Penang, Loh Guan Lye Specialist Centre, Alpha Fertility Centre, Mahkota Medical Centre, Sunway Medical Centre, Institut Jantung Negara, Pantai Hospital Group, Prince Court Medical Centre dan masih banyak lagi.

Mereka ini juga akan memberikan informasi bagi warga Indonesia yang ingin wisata kesehatan disana. Selain di Indonesia, MHTC juga telah ada di China, Myanmar dan Vietnam.

Adanya informasi ini tentu memudahkan bagi siapa saja yang ingin berobat. Bukan hanya berobat tapi sekaligus berlibur karena MHTC menjamin akan memberikan informasi seakurat mungkin.

Konsep low budget hight impack pun siap mereka berikan guna memberikan kepuasan kepada pengunjung. Adanya MHTC maka siapapun bisa mengakses berbagai informasi penting terutama terkait karakteristik rumah sakit dan dokter yang akan menangani.

Dengan MHTC ini pun pengunjung bisa melakukan appointment. Cara ini pastinya akan sangat membantu begitu tiba di Malaysia. Tidak perlu antre dan cari informasi tapi langsung masuk perawatan.

Paling menarik tentu saja MHTC bersifat netral dan akan memberikan 3 rekomendasi terbaik untuk rumah sakit yang bisa dipilih. Dari sini juga bisa dilakukan cek 3 harga untuk menemukan harga terbaik.

Seluruh rumah sakit yang bekerja sama dengan MHTC tunduk dengan peraturan pemerintah. Dengan demikian dijamin tidak akan ada rumah sakit yang nakal atau menaikkan harga semau sendiri.

Mayoritas rumah sakit direkomendasikan ada di Kuala Lumpur, Penang dan Johor. Lokasi dimana kuil dan klenteng diatas berada bukan.

Pastinya sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Usai medical check up bisa sekalian liburan ke objek wisata diatas, terutama pada saat liburan imlek di Malaysia maka kamu bisa cek instagram mereka dulu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *