Siap-Siap Pemerintah Bakal Buka Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021

Di tengah pandemi yang tak kunjung usai kini ada kabar gembira khususnya dalam dunia kerja. Salah satunya tentu saja dengan adanya rencana pemerintah membuka rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 dalam beberapa waktu yang akan datang.

ilustrasi rekrutmen cpns dan pppk 2021
tirto.id

Dari sumber yang sama direncanakan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ini akan dilaksanakan pada April 2021. Artinya saat ini ada baiknya untuk menyiapkan berkas yang dibutuhkan.

Tujuannya sudah pasti bila nanti formasi ini dibuka maka tinggal memasukkan saja. Jangan mengurus mendadak karena bisa jadi antrean akan memanjang.

Baca juga: 13 Persiapan Masuk Dunia Kerja

1,3 Juta Formasi Siap Dibuka

Dikutip dari Indonesia Baik diketahui bahwa nantinya akan ada 1,3 juta formasi dibuka. Selain untuk pemerintah pusat juga dibuka untuk pemerintah daerah.

Dalam sumber yang sama juga diketahui bahwa informasi detail terkait formasi dan instansi yang akan membuka Rekrutmen CPNS dan PPPK baru akan dirilis pada Maret 2021.

Selanjutnya masyarakat bisa melakukan pendaftaran pada April hingga Mei 2021. Mereka yang lolos seleski administrasi akan mengikuti seleksi pada Juni 2021.

https://twitter.com/IndonesiaBaikId/status/1361631410214240259

Terbagi 3 Formasi

Dari jutaan formasi tersebut akan terbagi dalam 3 formasi. Dimana mayoritas akan dikhususkan pada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

Tiga formasi Rekrutmen CPNS dan PPPK

1. Formasi untuk Guru

Menjadi angin segar bagi para guru honorer ditanah air dimana mereka semua berhak untuk mengikuti seleksi Guru PPPK ini. Oleh karena itu bila ada kawan, saudara atau kenalan dan masih status honorer maka wajib mengikuti seleksi.

2. Formasi untuk Pemda

Selanjutnya pemerintah daerah akan membuka 70 formasi untuk jabatan fungsional. Selain itu ada juga 119 ribu jabatan teknis yang akan dibuka dimana di dalamnya termasuk tenaga kesehatan

3. Formasi untuk Kantor Pusat

Tidak hanya untuk kantor pemda dan tenaga pendidik saja. Rekrutmen CPNS dan PPPK 2021 ini juga bakal membuka formasi untuk kantor pusat. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung karena mencapai 83 ribu formasi.

Target 1 Juta Guru

Sementara itu dikutip dari Kompas untuk pemenuhan formasi guri ini bisa jadi akan berlangsung sebanyak 3 kali seleksi atau tes. Dan akan baru ditutup setelah target dipenuhi.

Seyogyanya Rekrutmen CPNS dan PPPK ini juga digelar pada 2020. Berhubung terjadi pandemi maka kegiatan ini pun ditunda dan direncanakan akan digelar dalam beberapa pekan kedepan.

Dan kamu, apapun latar belakangnya harus terus pantau perkembangan informasi ini. Jangan sampai ada kesempatan untuk ikut andil menjadi abdi negara dan hilang karena enggan stay tune.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *