Tips Mudah Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

  • Whatsapp

Cara membersihkan rumah yang efektif masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Hal ini karena pandemi, dimana cara yang biasa saja tidak akan efektif apalagi usai lebaran dimana banyak orang yang bisa jadi berkunjung ke rumah.

cara membersihkan rumah yang efektif
pixabay.com

Oleh karena itu menjadi pekerjaan rumah bagi siapa saja untuk menemukan cara membersihkan rumah yang efektif. Dikatakan efektif bila mana rumah benar-benar bersih dan bisa dilakukan dengan cepat.

Tak ingin sia-sia maka sejumlah kegiatan pun harus dilakukan. Mulai dari persiapan hingga alat-alat dibutuhkan harus tersedia sejak awal.

Untuk kamu yang penasaran tentang cara membersihkan rumah yang efektif maka berikut adalah panduan yang bisa dilakukan.

Cara Membersihkan Rumah yang Efektif

Hampir semua orang pastinya pernah membersihkan rumah dan masing-masing miliki cara membersihkan rumah. Bisa jadi dalam satu keluarga pun terdapat perbedaan cara satu dengan yang lain.

Bukan membahas benar atau salah tapi dalam kaitan ini pastinya lebih bisa diperhatikan tentang cara yang cepat dan bersih. Jangan sampai bersih tapi membutuhkan waktu lama dan apesnya sudah tidak bersih memakan waktu lama.

Tak ingin ini terjadi maka perhatikan cara membersihkan rumah yang efektif berikut ini:

1. Siapkan Alat yang Sesuai Peruntukkan

Kini ada banyak alat yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Masing-masing alat di buat untuk menuntaskan tugas yang berbeda satu dengan yang lain.

Semisal kain pel, kita pasti dengan mudah menemukan bentuk dan jenis. Meski pada prinsipnya sama tapi akan bermunculan kain pel yang beda-beda.

Cara ini juga akan memudahkan siapa saja untuk mencari benda / alat yang dibutuhkan. Jangan sampai sudah mulai bersih-bersih masih harus ke warung karena tidak ada alat yang pas.

2. Mulai dari Atas ke Bawah dan Kiri ke Kanan

Ingat hukum gravitasi dimana ada benda jatuh itu dari atas ke bawah. Pun demikian bila ingin membersihkan sesuatu maka pilihlah posisi yang diatas.

Menjadi PR tentunya bila dimulai dari bawah dimana akan kotor lagi karena kejatuhan debu dari atas. Sementara itu kita sebagai orang timur terbiasa jalan dari kiri ke kanan.

Akibatnya maka hampir semua orang akan terbiasa bekerja dari sisi kiri ke kanan. Di rumah pun demikian maka sisi kiri akan bersih terlebih dahulu baru gerak ke kanan.

3. Buang Sampah Lebih Dahulu

Sampah sebisa mungkin langsung dibuang. Jangan menunda-nunda untuk segera membuang sisa apapun.

Benda yang tidak terpakai dan menumpuk akan membuat tempat lebih penuh. Selain itu bisa membuat mood kurang baik karena bisa jadi ada aroma tidak sedap yang tercipta.

Buang sampah pada tempatnya dan bungkus dengan plastik sehingga aromanya tidak menjadi polusi bagi yang lain. Pisahkan sampah yang bisa didaur ulang dengan yang tidak untuk memudahkan proses berikutnya.

4. Sapu kemudian Pel

Sebelum mengepel pastikan sapu terlebih dahulu untuk membuang debu yang menumpuk. Pilih sapu yang pas karena bisa jadi tiap daerah miliki karakter debu yang berbeda.

Begitu pula saat mengepel sangat disarankan untuk menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia. Tujuannya untuk membunuh kuman secara efektif dan memberi aroma wangi. Kini dengan mudah bisa ditemukan cairan pel yang sesuai dengan selera semisal wangi lavender atau lemon.

5. Bersihkan Alat yang Digunakan

Bila telah selesai membersihkan rumah jangan lupa alat-alat tersebut dibersihkan juga sebelum disimpan. Jangan sekali-kali menyimpan benda atau alat apapun dalam kondisi kotor.

Tidak saja menimbulkan bau tidak sedap tapi benda-benda tersebut bisa jadi sarang penyakit dan kelak tidak bisa digunakan kembali dengan optimal.

Mudah bukan, cara membersihkan rumah yang efektif ini bisa diterapkan tiap akhir pekan. Selain untuk menjaga rumah tetap bersih cara ini juga terbukti ampuh menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *