Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Mudah

Bagi pekerja kantoran atau pabrik yang miliki ritme jam kerja tinggi tentu akan rentan dengan apa yang namanya asam lambung kumat. Tak ingin ini terjadi maka menjadi penting untuk memahami beberapa cara mengatasi asam lambung naik.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
skinscience.md

Tidak harus pergi ke dokter, ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan. Paling penting adalah konsistensi menjaga gaya hidup sehat.

Namun faktanya tidak semua orang bisa melakukan. Wajar kemudian penyakit asam lambung naik atau yang biasa dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) begitu mudah ditemui.

Dan kamu mungkin pernah merasakan hal serupa. Rasa sakit yang tiba-tiba menyerang dada bagian atas hingga tenggorokan. Bila tidak segera diobati tentu akan berakibat fatal.

Semua itu tidak terjadi secara tiba-tiba tapi ada proses didalamnya. Asam lambung naik pada umumnya terjadi karena meningkatnya jumlah / kadar asam lambung ke kerongkongan.

Di mana perut mengandung asam klorida (asam kuat) yang membantu memecah makanan dan melindungi organ dari bakteri. Dalam kondisi normal lapisan perut mampu melindungi diri dari kadar asam ini.

Namun sayangnya tidak selamanya demikian karena bisa saja kerongkongan tidak kuat menahan asam ini. Terlebih bila cincin otot atau sfingter gastroesofagus tidak mampu menahan maka asam ini akan luber dan menimbulkan rasa mulas.

Dalam banyak kasus asam lambung naik terjadi karena kebiasaan menunda makan sehingga kondisi asam lambung tidak seimbang. Atau bisa jadi salah konsumsi makanan sehingga asam lambung langsung naik.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik

nutriflakes Cara Mengatasi Asam Lambung Naik
nutriflakes.id

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ketidakseimbangan kondisi didalam organ tubuh memicu terjadinya asam lambung. Tak ingin itu terjadi maka berikut ada beberapa tips atau cara mengatasi asam lambung naik.

Baca juga: Mengatur Makanan untuk Mencegah GERD

1. Hindari Makanan Pemicu

Asam lambung naik atau GERD ini paling banyak terjadi karena kurang perhatian atas apa yang dimakan. Ada beberapa makanan yang menjadi pemicu yang sebaiknya dihindari.

Mungkin terlihat remeh tapi faktanya bagi mereka yang telah miliki riwayat GERD maka serangan itu akan sangat mungkin terjadi. Beberapa makanan dan minuman yang berpotensi memicu rasa mulas antara lain makanan dengan lemak tinggi, kopi, soda, coklat, jeruk, tomat, bawang dan mint.

2. Atur Porsi Makan

Hindari makan dalam jumlah banyak sehari 2 kali. Khusus bagi penderita GERD ada baiknya untuk lebih memperhatikan kuantitas.

Dalam hal ini sangat disarankan untuk mengisi perut sedikit demi sedikit tapi teratur. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kestabilan asam lambung dalam perut.

3. Hindari Makan Sebelum Tidur

Ada kebiasaan beberapa orang yang hobi makan sebelum tidur. Entah dengan alasan masih banyak pekerjaan atau apapun.

Hal ini karena tidak baik untuk kesehatan. Selain mencegah terjadinya obesitas juga bisa mengatasi asam lambung. Jangan sekali-kali tidur saat perut masih terisi dan tunggu setidaknya 2 hingga 3 jam.

4. Perhatikan Cara Makan

Jangan pernah makan tergesa-gesa. Selain berpotensi tersedak pola makan seperti ini juga tidak baik untuk menjaga kestabilan asam lambung.

Makan dengan perlahan akan memberi kesempatan perut beradaptasi dengan makanan yang sedang masuk. Terlebih mereka yang hobi makanan dengan pemicu diatas.

5. Hindari Rokok

Dampak rokok secara nyata tidak baik untuk kesehatan. Tak terkecuali mampu mengurangi kemampuan otot dalam menjaga kadar asam di lambung.

Bukan hanya berhenti merokok saja tapi ada baiknya jaga jarak jangan dekat dengan mereka yang merokok. Ingat menjadi perokok pasif tak kalah bahaya dengan perokok aktif.

6. Perhatikan Posisi Tidur

Bantal sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan kesehatan saat tidur. Terutama mereka yang miliki beberapa penyakit tertentu dan salah satunya GERD.

Jaga posisi kepala lebih tinggi dari leher agar sirkulasi udara selama tidur dapat berjalan dengan baik. Idealnya kepala bisa lebih tinggi 10 hingga 15 cm dari tempat tidur.

7. Perbanyak Konsumsi Serat

Ada baiknya untuk memilih makanan yang kaya akan serat. Makanan ini paling mudah ditemukan pada sayuran berwarna hijau.

Tidak harus membeli di rumah makan dan saatnya untuk lebih banyak memasak di rumah. Bukan hanya dengan alasan kesehatan semata, lebih dari itu akan menjaga keuangan tetap sehat.

Nutriflakes, Nutrisi Kaya Serat Cegah Asam Lambung Naik

Buat kamu yang tidak ingin terkena asam lambung naik ada baiknya penuhi nutrisi dengan rajin mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Produk dari bahan umbi garut ini terbukti 100% aman karena terbuah dari bahan-bahan alami tanpa efek samping.

Bisa dikonsumsi oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga lansia, bahkan oleh ibu hamil sekalipun. Saat ini Nutriflakes telah mengantongi izin resmi dari BPOM dengan nomor registrasi MD 869011005864 untuk kategori produk Makanan dan Minuman

Produk ini bisa dikonsumsi secara teratur sehari 2 kali sebagai pengganti sarapan dan makan malam. Membantu menjaga kesehatan lambung serta kesehatan tubuh secara umum. Selain itu tentu sebagai upaya atau cara mengatasi asam lambung naik.

Hal ini karena Nutriflakes mengandung bahan aktif utama berupa pati umbi garut, daun kelor, dan psyllium husk. Di mana semua bahan tersebut memiliki kandungan baik

Menjadi jawaban atas kegelisahan mereka yang miliki riwayat asam lambung bermasalah dan tak kunjung sembuh. Tak ingin rasa itu terus menyiksa maka ada baiknya untuk lebih rajin mengonsumsi sari pati umbi garut ini.

Tak hanya itu saja Nutriflakes juga bisa digunakan untuk meredakan gejala maag kronis dan obesitas. Selain itu tentunya secara umum mampu menguatkan dan melancarkan pencernaan.

Untuk informasi menarik mereka juga bisa ikuti akun official instagram Nutriflakes. Ada banyak hal bisa dipelajari dari akun media sosial yang satu ini.

Setelah mengetahui cara mengatasi asam lambung naik ini seyogyanya tidak ada lagi mereka-mereka yang miliki keluhan serupa. Tidak harus pergi ke dokter karena cukup perbaiki gaya hidup saja.

Pos terkait