100% Gratis! Inilah Cloud Server Gratis yang Belum Banyak Diketahui Orang

Cloud server gratis memang banyak dicari oleh orang-orang. Hampir semua orang memerlukan kecepatan dan kemudahan akses untuk pembuatan dokumen yang nantinya akan dapat dibagikan kepada orang-orang yang sedang mempunyai kepentingan dengannya.

cloud server gratis
pixabay.com

Apakah ada cloud yang membayar? Tentu saja ada, bahkan banyak akan tetapi ternyata ada juga cloud server gratis yang bisa dinikmati semua orang.

Cloud sendiri bisa menjalankan ratusan bahkan hingga ribuan server hanya dalam hitungan menit. Selain itu, cloud juga akan memberikan hasil dengan lebih cepat.

Cara ini akan memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis. Mereka tak perlu lagi membeli server dan infrastruktur IT lainnya dalam rentan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Baca juga: Power Distribution Unit untuk Server Rack dan Tipe Terpopuler

Ada yang Gratis dan ada yang Berbayar

Cloud server tidak semuanya gratis. Ada juga yang berbayar. Karena apa, tidak semua penyedia layanan cloud menyediakan layanan tersebut dengan harga murah.

Anda harus membayar dengan harga tertentu yang sudah ditentukan. Atau mungkin berlangganan untuk mendapatkan layanan cloud.

Namun ada beberapa cloud server gratis yang disediakan oleh beberapa pihak. Mereka menyediakan layanan cloud gratis dan secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

Anda bisa menggunakan cloud gratis ini kapan saja. Penyedia layanan akan memberikan akses pada Anda untuk cloud ini.

Cloud Server Gratis yang Belum Diketahui Banyak Orang

Nah bagi Anda yang mencari cloud server gratis tenang saja. Saat ini ada beberapa cloud gratis yang disediakan oleh beberapa pihak.

Namun jangan salah karena biasanya ada persyaratan untuk mendapatkannya. Tetapi persyaratannya cukup mudah. Anda hanya diminta membuat user dengan email atau akun lain seperti nomor telepon untuk membuat akun.

Penasaran? Langsung saja berikut beberapa produk yang menyediakan cloud server gratis yang bisa Anda gunakan:

1. Google Cloud Platfrom

Google cloud platfrom sendiri merupakan layanan komputasi yang disediakan oleh Google. Di dalamnya, ditawarkan berbagai macam layanan yang bisa Anda pilih.

Seperti layanan yang tergabung dalam program google cloud platfrom free trial. Program ini sangat menguntungkan, Anda dapat menggunakan gratis selama 1 tahun.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan google cloud ini. Mulai dari cloud function, container engine, stackdriver, bigquery, cloud vision, cloud speech, cloud NLP, container builder, source repositories, App Engine, cloud datastore compute engine, cloud storage, clous pub/sub, dan masih banyak lagi.

2. Microsoft Azure

Cloud server gratis kedua yakni Microsoft Azure. Microsoft Azure adalah satu dari sekian banyak platfrom terbaik buatan Microsoft.

Sebagai pengguna Microsoft Azure, Anda tidak perlu khawatir perihal keamanan data. Sebab keamanan dari sisterm Microsoft Azure sudah tersertifikasi ISO27018.

Anda bisa membuat sebuah aplikasi melalui cloud. Baik yang berupa teknologi web application, cloud service, maupun aplikasi lain yang beroperasi di atas virtual machine. Microsoft Azure sendiri menyediakan layanan gratis kepada pengguna sebesar kira-kira 15 GB untuk Dropox.

Tidak hanya itu, Microsoft Azure juga memberi akses secara gratis ke beberapa aplikasi seperti Virtual Linux, mesin virtual windows, penyimpanan file, basis data, hingga bandwidth kepada Anda dengan durasi selama 1 tahun.

3. Amazon Web Service

Amazon Web Service merupakan layanan yang menyediakan penyimpanan Cloud yang terintegrasi untuk melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai penyedia Cloud gratis, Amazon Web Service juga membatasi pengguna dengan durasi waktu selama 1 tahun.

Banyak sekali layanan yang disediakan oleh Amazon Web Service. Apa saja itu? Lambda, DynamoDB, SNS, SQS, EC2, Quick Sight, RDS, S3 dan masih banyak lainnya. Anda bisa manfaatkan waktu satu tahun tersebut dan satu tahun tergolong lama.

4. Alibaba Cloud

Cloud server gratis yang keempat adalah Alilaba Cloud. Tidak jauh berbeda dengan Amazon Web Service, Alibaba group tidak mau kalah dengan lainnya, mereka juga menyediakan cloud gratis bagi para penggunanya.

Cloud ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Sama seperti yang lain, Alibaba group memberikan service gratis hanya dalam 1 tahun pertama saja. Itu pun lumayan.

Apa saja program layanan yang diberikan oleh Alibaba Cloud? Banyak sekali seperti object storage service, content delivery network, table store, ECS, Server Load Balancer, RDS, dan Redis. Service gratis dari Alilaba group ini dinamakan dengan Alibaba Cloud free credit.

5. Heroku

Heroku ini agak sedikit berbeda dengan Cloud gratis lainnya. Hal ini karena Heroku hanya memberikan Cloud gratis kepada Anda untuk menggunakan Cloud sebesar 512MB untuk RAM dari apps tersebut.

Menariknya untuk setiap akun yang didaftarkan bisa Anda gunakan untuk 5 apps. Fitur yang bisa digunakan yakni storage Add-ons, Hero Apps, Postgres, dan Redis.

6. IBM Bluemix

IBM Bluemix juga merupakan penyedia Cloud server gratis keenam. Namun IBM Bluemix ini berbeda dari yang lainnya.

Ketika yang lainnya memberikan Cloud gratis selama 1 tahun, untuk IBM Bluemix tidak, mereka hanya memberikan Cloud gratis selama 30 hari saja (1 bulan). Dan kapasitas yang akan didapat yakni kapasitas container memori 2GB.

Meskipun hanya sebentar, IBM Bluemix sendiri akan memudahkan Anda dengan proses registrasinya. Jika Anda ingin membeli langganannya, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan kartu kredit.

Bahkan selain pelanggan IBM Bluemix dapat menggunakan Cloud ini. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu.

7. Up Cloud

Up cloud merupakan penyedia Cloud yang tidak diketahui oleh banyak orang. Padahal Up Cloud adalah Cloud yang paling recommended untuk Anda coba.

Namun sayang Up Cloud memberikan layanan gratis hanya 3 hari saja. Meskipun 3 hari, Anda tidak perlu bersedih karena Up Cloud akan memberikan kebebasan Anda mengeksplore fitur yang ada di dalamnya.

Penutup

Cloud server gratis tersebut bisa dimanfaatkan meskipun dibatasi waktu. Waktu yang terbatas tidak menjadi masalah karena ketika Anda kerjakan dengan maksimal, hasilnya pun akan memuaskan.

Selamat mencoba.

Pos terkait