Daftar Checklist yang Wajib Ada Sebelum Berkendara di Perairan

Berkendara di perairan tentunya menyenangkan, terutama Anda yang dari awal memang memiliki hobi menyusuri perairan sambil menikmati indahnya pemandangan. Namun sebelum berangkat, ada beberapa hal yang Anda harus siapkan demi keselamatan dan juga kenyamanan Anda selama berkendara di perairan.

berkendara di perairan
shutterstock.com

Berikut ini adalah daftar checklist yang harus Anda siapkan sebelum menaiki kapal: 

1. Peralatan Keselamatan

Entah itu berkendara di darat, udara maupun lautan pastinya keselamatan adalah hal yang paling utama untuk masuk ke daftar checklist Anda. Sebelum menaiki kapal, pastikan seluruh kelengkapan keselamatan seperti rompi pelampung, peluit dan lain-lain telah tersedia. 

2. Amunisi Perbekalan

Mungkin terlihat sepele, tapi keberadaan perbekalan makanan maupun minuman juga penting ketika Anda akan berkendara di perairan. Selalu bawa ekstra perbekalan terutama air minum agar ketika Anda berkendara di tengah cuaca panas agar tidak mudah dehidrasi.

Pilihlah bekal yang juga simpel seperti snack protein bar atau biskuit yang bisa dengan mudah Anda makan saat dibutuhkan. Tak hanya perbekalan berupa makanan dan minuman, pastikan juga Anda memiliki kotak P3K yang berisi obat-obatan darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

3. Peralatan Reparasi Darurat

Sebelum berangkat dan menyalakan mesin, tentunya Anda akan memeriksa kondisi mesin kapal atau motor tempel Anda. Pastikan kondisinya layak dan prima untuk di perjalanan.

Meskipun Anda tidak mendapati kendala pada mesin, tidak ada salahnya Anda membawa seperangkat alat perbaikan mesin kapal tempel. Bawa selalu tool box dan suku cadang ekstra untuk berjaga-jaga jika di tengah perjalanan Anda perlu melakukan perbaikan mesin kapal darurat. Pastikan di dalam tool box Anda berisi berbagai alat-alat seperti selotip, obeng, kunci pas, jumper portabel, pita listrik, senter dan lainnya. 

Itulah 3 daftar utama yang harus ada ketika Anda hendak bepergian menggunakan kapal. Selain daftar checklist ini, sebelum berkendara buatlah juga daftar checklist pemeriksaan kondisi mesin kapal tempel supaya Anda benar-benar yakin kondisinya benar-benar prima sebelum Anda menyalakan mesin.

Selain itu, lakukan juga perawatan kapal motor tempel secara berkala di bengkel Suzuki Marine yang terdekat di kota Anda. 

Dapatkan layanan perbaikan mesin kapal tempel dari teknisi yang profesional dan berpengalaman untuk memeriksa keseluruhan komponen dari mesin kapal tempel Anda. Booking jadwal servis Anda dengan klik ke halaman ini https://www.suzuki.co.id/services/marine 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan