Dari Jogja Bisa Ke Mana, Berikut 5 Kota Wisata di Jawa Tengah yang Menarik Dikunjungi

  • Whatsapp

Bagi warga ibu kota atau kota-kota besar di tanah air pastinya mereka pernah berkunjung ke Jogja. Pertanyaan selanjutnya adalah dari Jogja bisa ke mana?

dari jogja bisa ke mana tugu jogja
tempo.co

Tak ingin membuang waktu, maka tulisan ini bisa jadi solusi atau alternatif bagi mereka yang telah menuntaskan semua objek wisata yang ada di Jogja. Baik itu yang ada di pusat kota maupun pinggiran yang sama ciamiknya.

Bila belum pastikan sisir satu demi satu supaya tidak kehilangan informasi. Namun bagi mereka yang butuh alternatif maka dari Jogja bisa ke mana pastinya Jawa Tengah adalah solusi terbaik.

Dari Jogja Bisa Ke Mana, Ini Rekomendasinya

Jawa Tengah menjadi pilihan karena provinsi ini berbatasan langsung dengan Jogja. Sebut saja sisi barat, utara maupun timur langsung berbatasan dengan jantungnya budaya Jawa ini.

Provinsi yang ada di tengah Pulau Jawa ini memiliki kabupaten kota yang cukup banyak. Daripada bingung ada baiknya coba dulu 5 terbaik di Jawa Tengah yang kaya akan potensi wisata ini.

Dari Jogja ke berbagai kota di Jawa Tengah bisa dilalui dengan bus dan ada beberapa pilihan pastinya. Namun diantara sekian bus yang ada pastinya naik bus PO Sumber Alam adalah yang terbaik.

Selain terpercaya mereka juga melayani rute ke banyak kota. Dengan demikian cukup di satu pool maka kita bisa menuju ke beberapa kota di Jawa Tengah.

Bus ini juga menerapkan protokol kesehatan ketat. Pengelola memastikan bahwa standar kesehatan dijalankan guna kenyamanan dan keamanan penumpang.

Dari Jogja bisa ke mana? Berikut rekomendasi 5 kota wisata di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi.

1. Semarang

kota semarang
facebook.com/semarangpemerintahkota

Sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah, tidak salah lagi jika kamu menjadikan Semarang sebagai kota tujuan wisata idaman. Di kota ini kamu bisa menemukan banyak pilihan tempat wisata menarik.

Sebut saja kawasan Kota Lama yang mirip Kota Tua di Jakarta dengan banyak bangunan-bangunan tua yang eksotis. Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Marina jika lebih suka wisata ke pantai.

Jika suka dengan wisata alam, ada Umbul Sidomukti yang jadi salah satu wisata populer di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Ada juga Candi Gedong Songo jika suka dengan wisata sejarah sekaligus wisata alam.

Suka kulineran? Tenang, Semarang juga punya banyak pilihan menu kuliner legendaris yang bisa kamu cicipi. Misalnya lumpia, bandeng presto, babat gongso, tahu gimbal dan masih banyak lainnya.

2. Magelang

kota magelang
visitmagelang.id

Kamu pasti tahu kan jika Candi Borobudur sebenarnya berada di Magelang, Jawa Tengah kan? Nah, jangan sampai kelewatan kesempatan untuk mengunjungi Candi Buddha terbesar di dunia yang masuk dalam satu situs warisan dunia dari UNESCO ini ya.

Keindahan Candi Borobudur memang sudah terkenal kemana-mana. Di objek wisata ini pastinya kamu bisa mendapat banyak spot foto yang menarik dan instagramable.

Selain itu di Magelang kamu juga bisa mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon yang juga merupakan tujuan wisata populer di Magelang. Ada juga Mangli Sky view yang menawarkan pemandangan 9 gunung sekaligus jika cuaca cerah, yaitu Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Tidar, Ungaran, Giyanti, dan Sumbing.

Masih kurang? Tenang, ada Ketep Pass yang merupakan gardu pandang dengan vie Merapi dan gunung-gunung di sekitarnya. Ada juga Punthuk Setumbu yang menawarkan view magis Borobudur dan pegunungan di sekitarnya.

3. Solo

kraton surakarta atau solo
alazharicon.com

Pertanyaan selanjutanya siapa yang tak kenal dengan kota penuh keramahan yang satu ini. Dikenal sebagai kota budaya, Solo juga punya banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Misalnya saja mengunjungi Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang begitu megah. Di sini kamu bisa melihat benda-benda peninggalan sejarah dan juga benda-milik keraton yang masih terjaga hingga kini.

Suka dengan batik? Jangan lupa mampir ke Kampung Batik Laweyan maupun Kauman di Solo. Tak hanya bisa membeli batik, kamu juga bisa belajar membatik di sini lho!

Jika menyukai wisata alam, kamu bisa menuju daerah Kabupaten Karanganyar, sekitar 37 km arah timur dari Solo. Di sini terdapat Air Terjun Grojogan Sewu yang sangat populer karena keindahannya.

4. Banjarnegara

dieng banjarnegara
bloggeriner.blogspot.com

Banjarnegara memiliki banyak pilihan wisata, terutama bagi kamu yang suka wisata alam. Dataran Tinggi Dieng yang mempesona ternyata berada di kabupaten ini lho!

Kamu juga bisa uji adrenalin dengan mampir ke arum jeram Sungai Serayu atau merasakan dinginnya mandi di Curug Sikopel. Kegiatan menarik ini pastinya sangat sayang bila terlewatkan.

Di Banjarnegara juga terdapat kuliner yang harus dicoba. Sebut saja dawet ayu Banjarnegara yang di Jogja pun minuman segar ini akan mudah ditemukan.

5. Kebumen

kabupaten kebumen
gatra.com

Tak kalah menarik dari kota-kota sebelumnya, Kebumen juga punya banyak pilihan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Sebut aja ada Goa Petruk yang punya stalaktit dan stalagmit yang indah.

Ada juga Goa Jatijajar yang memiliki pemandangan indah di dalamnya berupa stalaktit dan stalagmit serta 32 patung keren di dalamnya. Di dalam goa ini juga ada sendang atau sungai bawah tanah yang memukau lho!

Jika suka mantai, kamu bisa mengunjungi Pantai Menganti yang punya air laut berwarna biru kehijauan yang eksotis. Ada juga Pantai Karang Bolong yang punya gugusan karang unik dan menarik.

Ada banyak bukan dan pastinya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sangat disarankan bila perjalanan dari Jogja atau Jakarta untuk menggunakan bus PO Sumber Alam karena langsung bisa turun di lokasi terdekat.

Tertarik untuk liburan ke Jawa Tengah? Segera atur rencana perjalanan kamu dan pesan tiket busnya di Traveloka saja! Pastikan kamu menjaga kondisi fisik dan menerapkan protokol kesehatan saat bepergian ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *