Mengenal Manajer Investasi, Apa Perannya di Investasi Reksadana Saham?

Manajer Investasi (MI) menjadi salah satu pihak yang sangat penting dalam investasi Reksadana Saham. Mereka ini tidak hanya bertugas sebatas membantu mengoptimalkan kinerja investasi Reksadana Saham saja.

manager investasi
freepik.com

Lebih jauh Manager Investasi berperan penting untuk memberikan kepastian atas legalitas serta keamanan sebuah produk Reksadana yang dikelola. Salah dalam memilih komponen ini bisa dipastikan investasi akan mengalami kerugian.

Sementara itu Reksadana Saham adalah salah satu instrumen Reksadana yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena produk ini memiliki potensi untuk memberikan keuntungan.

Lalu, bagaimana kaitan antara Reksadana Saham dan Manajer Investasi secara lebih lengkap? Mari simak ulasan berikut.

Peran Manajer Investasi dalam Reksadana Saham

Selain pengertian di atas, ada beberapa tugas dari Manajer Investasi dalam mengelola Reksadana Saham para investor yang perlu diketahui, yaitu:

1. Mengelola Aset Investor

Di dalam Reksadana Saham, aset investor akan ditempatkan pada produk-produk saham yang dinilai mempunyai performa baik. Dana yang diinvestasikan ke dalam Reksadana Saham akan dikelola oleh Manajer Investasi.

Biasanya  akan ditempatkan pada saham perusahaan terpilih yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Dana kelolaan tadi diharapkan akan memberikan return yang menguntungkan bagi investor.

Jadi besar kecil, atau naik turunnya imbal hasil yang diterima investor akan sangat bergantung pada kinerja Manajer Investasi.

2. Mampu Memilih dan Memutuskan Instrumen Investasi yang Akan Dibeli

Manajer Investasi memiliki tugas untuk memilih dan membuat keputusan saham apa saja. Kemudian dikelompokan menjadi satu produk Reksadana Saham yang akan dibeli nantinya.

Keputusan yang dibuat tersebut tentunya berdasar data dan analisa yang telah mereka lakukan sebelumnya. Jika track record Manajer Investasi yang kamu pilih baik, maka tidak perlu terlalu khawatir.

Hal ini karena mereka akan tepat memilih dan membeli saham yang berpotensi dapat memberikan keuntungan secara optimal bagi investor. Dan, tugas kamu sebagai investor sendiri adalah melakukan investasi sesuai arahan Manajer Investasi.

Selain itu tentunya melakukan pemantauan hasil investasi apakah berjalan menguntungkan atau tidak. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa kinerja dari Reksadana sendiri sangat dipengaruhi oleh kepiawaian Manajer Investasi dalam meracik maupun mengolah sebuah portofolio investasi.

3. Mampu Membuat Keputusan Jual atau Melepas Instrumen dari Investasi

Manajer Investasi harus mampu memutuskan kapan waktu untuk menjual atau melepas investasi saham perusahaan yang kinerjanya kurang baik. Tujuannya akan kerugian tidak semakin besar.

Atau sebaliknya mereka akan memperkirakan kapan waktu terbaik untuk menjual guna memperoleh keuntungan.

Manajer Investasi yang baik mampu menjaga dan memastikan portofolio investasi yang dikelola. Tujuannya untuk menghasilkan performa yang menguntungkan dan memuaskan investor.

4. Melaporkan Hasil Investasi

Tugas yang terakhir dari Manajer Investasi setelah mengelola dana dari para investor adalah membuat laporan dan menyampaikan hasil investasi Reksadana tersebut. Laporan ini bisa dilihat melalui platform Investasi yang telah dipilih sebelumnya.

Contohnya saja seperti DBS Treasures. Melalui Aplikasi digibank by DBS ini para investor bisa melihat dengan detail atas  laporan investasi yang ada.

Laporan tersebut antara lain berupa nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, serta harga dan persentase keuntungan investasi tersebut.

Tips Memilih Manajer Investasi Sebelum Memutuskan Investasi Reksadana Saham

investasi reksadana saham
freepik.com

Selain peran dan pengertian Manajer Investasi dalam Reksadana Saham di atas, ada beberapa tips yang diperlukan untuk memilih key person yang tepat.

1. Perhatikan Perizinan dari Manajer Investasi

Yang pertama harus dilakukan sebelum memilih Manajer Investasi tentu saja memperhatikan legalitas perusahaan investasi tersebut. Apakah sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum?

Hal ini karena, nantinya Manajer Investasi bertugas untuk mengelola dana yang sudah disetorkan. Tanpa perizinan yang lengkap bisa jadi akan muncul masalah dikemudian hari.

Hal ini karena sebelum memberikan izin, pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sendiri telah memastikan bahwa Manajer Investasi tersebut memiliki keahlian, pengalaman, dan juga modal untuk mengelola sebuah portofolio investasi di Reksadana Saham.

2. Mengecek Kompetensi dan Konsistensi dari Kinerja Manajer Investasi

Langkah selanjutnya sebelum berinvestasi di Reksadana adalah dengan mengukur kinerja dari Manajer Investasi itu sendiri. Pastikan Manajer Investasi yang dipilih memiliki pengalaman dan portofolio yang pernah dikelola sebelumnya.

Tanpa portofolio maka patut diragukan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki seorang Manager Investasi. Jangan lupa pula untuk pastikan juga kinerja mereka apakah cukup konsisten dalam mengelola Reksadana Saham.

3. Perhatikan Transparansi Biaya

Masing-masing dari Manajer Investasi biasanya memiliki management  fee yang berbeda. Sehingga investor perlu memilih Manajer Investasi yang memberikan transparansi tarif.

Bila transparansi biaya ini tidak didapat besar kemungkinan kelak akan muncul biaya-biaya tak terduga di masa yang akan datang. Penting bagi para investor untuk mengetahui biaya dikeluarkan digunakan untuk apa saja dan besarannya berapa.

4. Perhatikan Gaya Berinvestasi Manajer Investasi 

Yang terakhir dalam mengecek Manajer Investasi adalah perhatikan gaya berinvestasinya. Biasanya mereka memiliki caranya masing-masing untuk mengelola dana investor.

Apabila Manajer Investasi cenderung agresif, biasanya mereka mampu memberikan keuntungan yang optimal. Hanya saja, mereka juga memiliki risiko yang relatif besar dan begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, penting sekali untuk tahu gaya berinvestasi dari Manajer Investasi sebagai pertimbangan sebelum memutuskan sebuah pilihan.

Investasi Reksadana Saham Hanya di DBS Treasures

Reksadana Saham adalah bagian dari beragam jenis Investasi Reksadana. Bagi kamu yang tertarik dan ingin berinvestasi di Reksadana Saham atau jenis Reksadana lainnya maka bisa memulai dengan mudah melalui DBS Treasures.

DBS Treasures merupakan salah satu wadah berinvestasi terbaik dengan Aplikasi digibank by DBS. Di sini kamu bisa melakukan berbagai macam jenis investasi Reksadana dengan sangat leluasa.

DBS Treasures sendiri mempunyai 3 keunggulan dalam berinvestasi, yaitu.

1. Dana Investasi Dikelola oleh Profesional

Pengelolaan investasi oleh Manajer Investasi profesional di bidangnya. Sehingga mampu memberikan kinerja produk yang optimal.

2. Wawasan Luas Terkait Investasi

Memberikan wawasan seputar finansial untuk memandu calon investor dalam berinvestasi oleh para ahli yang andal dan proaktif menyampaikan Analisa pasar serta peluang terkini.

3. Diversifikasi

Mengurangi risiko melalui diversifikasi dengan menyebarkan dana ke berbagai jenis aset investasi.

4. Proses Transaksi Lebih Mudah

Menggunakan Aplikasi digibank by DBS membuat pengguna lebih mudah untuk melakukan segala transaksi investasi Reksadana. Sebab, hanya dengan satu aplikasi pengguna bisa melakukan analisis reksadana hingga melakukan jual beli dan switching Reksadana dengan satu genggaman.

Selain itu bagi investor baru, bisa langsung membuat SID (Single Investor Identification) dengan melakukan registrasi di Aplikasi Digibank by DBS tanpa perlu pindah ke aplikasi lainnya.

Mudah dan aman bukan? Yuk, mulai berinvestasi Reksadana Saham dan kembangkan aset yang kamu miliki bersama DBS Treasures!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.