Jauhkan Pikiran Negatif dan Bangkitlah

  • Whatsapp

Ketika kamu jatuh ataupun merasa gagal melaksanakan suatu tugas ataupun ujian, disitulah pikiran negatif datang. Pikiran negatif adalah sebab dari semua kegagalan yang kamu rasakan selama ini.

lagi sedih

Ketakutan adalah bentuk gejala dari pikiran negatif. Pikiran negatif dapat sangat hebat dalam mengalahkan orang-orang yang memiliki potensi luar biasa sebenarnya. Tetapi pikiran negatif yang ada semakin membuat jatuh sangat dalam.

Wajar bila pikiran dan pikiran negatif tiba-tiba muncul dan menghinggapi. Namun, yang bisa menjadi akar masalah adalah jika pikiran negatif tersebut tak kunjung hilang, dan justru jadi semakin berkembang. Hal ini dapat mengganggu kesehatan terutama fisik.

Ada cara-cara sederhana untuk mengubah pola pikir dan mendapatkan sudut pandang yang lebih positif:

1. Tenangkan pikiran
Luangkan waktu selama 5 menit untuk menenangkan pikiran kamu dari semua pikiran yang ada.  Kamu dapat melakukan itu saat  berbaring di tempat tidur dan refleksikan diri. Pikirkan apa yang sudah ataupun belum kamu lakukan. Lakukanlah setenang mungkin, kosongkan pikiranmu, biarkan tubuh dan mengistirahatkan pikiran.

2. Ubah pola pikir yang ada
Jangan biarkan kamu memikirkan segala hal yang kamu anggap gagal sebelumnya. Pikirkanlah bagaimana kamu menghadapi beberapa tantangan tapi berusaha untuk menemukan solusinya. Ubah pola pikir untuk tidak selalu memikirkan hal yang buruk yang akan terjadi. Ubahlah menjadi sudut pandang yang positif. Tapi kadang-kadang perubahan kalimat kecil saja dapat membuat perbedaan dasar untuk pola pikirmu.

3. Ungkapkan isi hati
Jika masalah ini membuatmu untuk berpikir negatif berkelanjutan, cobalah untuk mengungkapkan isi hati pada sahabatmu ataupun orang terdekatmu yang bisa kamu percaya. Jangan kamu pendam sendiri secara terus-terusan. Hal ini mengakibatkan konflik tidak akan hilang dan berujung pada gangguan kesehatan mental seperti stres hingga depresi.

4. Lakukan kegiatan postif
Lakukanlah hal-hal baik untuk dilakukan ketika pikiran negatifmu muncul. Cari cara untuk mengalihkan pikiran negatif tersebut dengan kegiatan kreatif seperti menggambar, melukis, wisata alam,  ataupun permainan game.  Jelajahi emosimu dengan tindakan-tindakan positif yang dapat meningkatkan suasana hati kamu kembali. Jika perlu lakukan jalan-jalan ke tempat wisata ataupun yang menyenangkan. Pergilah kesuatu tempat yang dapat membawa kamu pada ketenangan hati dan pikiran.

5. Selalu bersyukur
Seberapapun dalamnya kamu jatuh ke jurang yang ada di dalam hidupmu, tetaplah bersyukur. Tuhan mengujiimu karena Dia tahu bahwa kamu bisa mengatasi hal tersebut. Buatlah daftar semua hal yang kamu syukuri, tidak peduli seberapa kecil hal ataupun peristiwa yang kamu dapat. Kadang-kadang hal baik dalam hidup terjadi tepat di depan matamu dan kamu masih gagal untuk melihatnya. Jadilah manusia yang selalu bersyukur maka segalanya akan dipermudah.

Pikiran negatif memang menggerogoti potensi luar biasa dari dirimu. Tetapi kamu harus yakin dan terus percaya diri bahwa hal itu tidak akan membuatmu lemah. Jagalah pikiranmu agar selalu berpikir positif dan berani bermimpi, dengan demikian kamu akan melihat kekuatan sejati dari dirimu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *