Pilihan Destinasi Unik dan Bersejarah Kotagede Jogjakarta

  • Whatsapp

Kota Budaya pastinya memiliki tempat-tempat indah yang selalu mempesona pagi penikmatnya. Salah satu yang akan dibahas adalah Kotagede Jogja.

Kotagede adalah sebuah kecamatan yang masih menyisakan pemandangan kerajaan Mataram Islam di masa lalu. Masyarakat yang tinggal di tempat ini begitu ramah.

Area yang dikenal publik sebagai sentra kerajinan perak di Jogja. Namun itu hanya sebagian kecil keistimewaan Kotagede Jogja. Begitu banyak tempat-tempat di Kotegede yang bakalan membuat terpana tidak ada akhirnya.

1. Rumah Pesik

rumah pesik
instagram.com/melindapriskila

Rumah Persik adalah sebuah bangunan dengan beton tebal yang memiliki hiasan ornamen Mataram Islam. Bangunan ini hasil dari gabungan arsitektur Belanda, Jawa dan Islam.

Karakteristik bangunannya yang unik menambah keagungan dari bangunan bersejarah ini. Eksterior bangunan ini memiliki pilar-pilar, kaca patri hijau dan relung-relung berisi arca.

Namun sayang pengunjung hanya bisa menganggumi karya ini hanya dari luar. Hingga saat ini misteri dalam bangunan masih dipertanyakan.

2. Masjid Agung Kotagede

masjid agung kotagede
instagram.com/_guavara

Setiap area yang mayoritas penduduknya adalah muslim besar  kemungkinan akan  memiliki masjid agung. Selain dipergunakan sebagai tempat peribadatan, masjid juga digunakan sebagai tempat untuk membicarakan kepentingan masyarakat luas.

Itulah kenapa Masjid Agung Kotagede Jogja selalu lekat di hati masyarakat Kotagede. Masjid ini juga menjadi peninggalan sejarah yang berharga yang selalu dijaga dan dipelihara kesederhanaan tempat ini seumur hidupnya.

3. Lapangan Karang

lapangan karang kotagede
instagram.com/iqbalsaputa

Namanya Lapangan Karang, tetapi bukan berarti tempat ini dipenuhi bebatuan terjal seperti tebing pantai. Lapangan ini justru adalah pusat aktivitas warga yang berolahraga di sore hari.

Para siswa dari sekolah, klub, bahkan para bapak-bapak dan orang tua sering mengadakan pertandingan sepak bola. Menjelang malam, aktivitas olahraga tergantikan oleh wisata kuliner yang melimpah.

Sate sapi lapangan karang Kotagede adalah salah satu destinasi wisata kuliner paling populer di Kotagede. Siapa saja akan merugi bila ke sini tapi tidak mencobanya.

4. Sendang Kakung Lan Puteri

sendang kakung kotagede
instagram.com/jogjawalkingtour_

Tempat ini ada di kompleks masjid Mataram. Ada dua sumber mata air di sini, yang dinamai Sendang Kakung dan Sendang Putri. Sendang kakung untuk laki-laki sedangkan sendang putri untuk perempuan.

Tempat ini akan selalu penuh dengan pengunjung dan tidak akan pernah sepi. Mata air yang ada membuat banyak masyarakat percaya akan khasiat dan manfaat yang ditimbulkan.

Selain itu jika dilihat dari susunan bangunan memang seakan kamu  dibawa ke masa lampau jaman kerajaan. Tembok-tembok bata merah mengelilingi setiap jalan berundak dan gapura-gapura megah terpancang kokoh sebagai pintu masuk tiap-tiap area.

5. Rumah Kanthil

rumah kanthil
citralekha.com

Rumah Kanthil adalah markas Yayasan Kanthil. Yayasan kanthil ini berfungsi sebagai pusat pengumpulan segala macam informasi tentang Kotagede.  Yayasan yang dibuat oleh Pak Natsir ini merupakan wadah rembug (diskusi) para pemuda asli Kotagede Jogja.

Mereka berkumpul untuk berunding bagaimana berbuat kebaikan untuk lingkungan setempat. Tak hanya itu saja tapi mereka juga mengumpulkan data tentang budaya Jawa sewaktu Mataram Islam untuk kemudian dikaji dan dipelajari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *