Joglo Tani Tempat Wisata Menarik di Tengah Sawah

  • Whatsapp

Joglo Tani menjadi objek wisata edukatif yang layak dicoba, khususnya bagi mereka mahasiswa pertanian atau kelompok tani. Bagaimana memperkenalkan system tata cara pertanian yang efektif dalam kemasan yang sederhana dan begitu menyenangkan.

joglo tani
loperaufklarung.wordpress.com

Tempatnya sangat asri karena masih ada di pedesaan, tepatnya ada di Dusun Mandungan, Desa Margoluwih, Seyegan, Sleman. Untuk menuju tempat ini bisa melalui Jalan Godean. Nanti bila telah sampai di kilometer 9 belok kanan.

Sebelum mencapai Joglo Tani terdapat warung makan yang ciamik yang bernama Gubuk Makan Iwak Kalen. Tak ada salahnya sambil menyelam minum air. Dimana dengan satu kegiatan bisa mendapat dua manfaat sekaligus.

Joglo Tani mayoritas didatangi petani atau komunitas pertanian yang ingin belajar budidaya pertanian. Ada banyak hal yang diajarkan di tempat tersebut, menggantikan alat-alat yang mahal dan cara yang rumit dengan alat dan cara sederhana.

Banyak hal yang sebelumnya tidak ketemu nalar tapi bisa terjawab dengan gamblang di tempat ini seperti harga pupuk organi yang sangat murah. Hingga para Wanita Tani yang ada dinaungan Joglo Tani bisa mendapat upah yang layak.

Untuk belajar ditempat ini baiknya bersama dengan rekan atau sahabat. Pasalnya kelas baru dibuka untuk kira-kira 20 peserta. Jangan lupa siapkan waktu khusus, karena dengan 4 jam menimba ilmu dirasa kurang banyak.

Ditempat ini dapat dilihat secara langsung berbagai proses terkait pertanian. Kegiatan yang mungkin dulu dianggap begitu menjemukan tapi kini menjadi sesuatu yang menantang. Banyak jawaban dari pertanyaan yang sering muncul dikepala akan terjawab di sini.

Proses belajar mengajar di tempat ini akan berbeda jauh dengan di bangku kuliah. Peserta didik akan diajak diskusi dua arah membahas masalah yang terjadi untuk kemudian disarikan menjadi solusi yang tepat guna dan menyelesaikan masalah.

Memberi pengalaman yang berbeda tentunya, berada diarea persawahan dan beraktifitas langsung dengan lumpur dan tanaman. Sesuatu yang sebelumnya hanya dalam angan kini bisa dipraktekan.

Tempat belajar ini dibangun oleh TO Suprato seorang dosen sekaligus praktisi dibidang pertanian yang pernah mengajar dibelasan negara di dunia. Perlunya pendidikan pertanian yang lebih baik karena lahan pertanian semakin sempit jadi diperlukan cara-cara yang tepat guna sehingga bisa menghasilkan sesuatu secara optimal.

Joglo Tani pada hakikatnya adalah wadah bagi para petani dan siapapun untuk belajar lebih jauh tentang budidaya pertanian. Selain itu juga melakukan pendampingan, kemitraan dan kerjasama program di bidang pertanian.

Dengan demikian diharapkan akan terjadi kemandirian pangan dari sektor hulu hingga hilir. Bila itu terlaksana dengan baik sangat dimungkinkan para petani tidak akan lagi ketergantungan dari pihak luar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Waahhh, menarik ini, belajar sambil berwisata, cocok nih untuk study tour anak-anak SD sampai Mahasiswa perguruan tinggi 😀