Jurus Jitu Sukses di Bisnis Clothing

Fashion saat ini menjadi kebutuhan primer yang sangat diperhatikan. Maka tak sia-sialah pepatah mengatakan bahwa, “ajining diri seko lathi, ajining rogo seko busono”.

clothing jogja
instagram.com/amix.stefanny

Pepatah Jawa itu menjelaskan bahwa seseorang itu akan telihat sifat hatinya lewat bagaimana dia berbicara dengan lidahnya (ajining diri seko lathi). Sedangkan seseorang itu akan dilihat penampilanya dengan busana yang ia kenalan (ajining rogo seko busono).

Mengingat pentingnya fashion itulah, sekarang sangat banyak menjamur bisnis yang bergeliat dalam bidang busana. Bisnis tersebut memang memiliki prospek keuntungan yang sangat besar.

Apalagi jika brand produk yang kita usung sudah memiliki “nama” populer. Untuk itu, cobalah berbisnis busana trand yaitu bisnis clothing. Sebagai pemula bisnis clothing tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Semua proses masih bisa direkayasa, jikalau kita belum memiliki rumah industri sendiri.

Namun, tentunya tak ada usaha apapun yang sukses tanpa jurus, kiat-kait atau strategi dalam berbisnis. Beberapa jurus ini perlu dicoba dan diperhatikan agar bisnis clothing sukses sesuai dengan harapan kita. So, perhatikan benar jurus sukses berbisnis clothing di bawah ini ya.

1) Usahakan Selalu Ready Stock untuk Pemula

Kiat yang pertama ini tentu sedikit memberatkan bagi kita yang tak mempunyai model besar. Namun sebagai pemula, tentu banyak calon konsumen yang tak percaya akan produk kita.

Memuat produk selalu ready stock memudahkan kita mempromosikan produk, karena orang bisa segera melihat secara langsung produk tanpa harus membayangkan dahulu. Hal itu penting untuk membangun image bahwa kita sebagai produsen dapat dipercaya oleh konsumen.

Baik dari kualitas produk kita maupun secara kerjasama jual-beli. Menyisihkan tabungan ataupun uang jajan untuk ready stock (tak usah ready stock terlalu banyak) bisa jadi solusi untuk kita yang punya modal minim.

2) Punya Sampel Seluruh Produk

Hampir mirip dengan jurus pertama, tetapi ini lebih mengarah apabila ada konsuman yang ingin memesan dengan jumlah yang banyak. Semisal kaos komunitas dan seragam.

Buatlah masing-masing 1 contoh kaos dengan berbagai model sablon atau print lengkap dengan jenis jahitan. Punya contoh langsung akan menambah nilai plus kalau kita ingin profesional.

3) Inovasi Desain yang Kreatif

Agar produk-produk kita tak monotan dengan model itu-itu saja, fariasi model khususnya sablon atau gambar kaos perlu selalu diubah. Proses desain yang kreatif adalah langkah kita membangun ketertarikan konsumen ke produk kita. Usahakan lain dari produk-produk “tetangga” yang sama-sama berbisnis clothing.

4) Bangun Brand Image

Sejauh apa sih pentingnya brand image? Brand image sebenarnya untuk membangun fokus pada konsumen tertentu saja. Tak usah binggung konsumen kita itu siapa, karena itu sebenarnya tergantung proses kreatif kita membuat produk clothing.

Tak usah dicari, seiring berjalanan waktu, konsumen yang sesuai brand image kita akan datang sendiri. Brand image juga berperan untuk membedakan produk kita nih, dengan produk clothing lain.

5) Tentukan Harga yang Sesuai Kualitas

Harga yang lebih murah tentu akan menjadi incara konsumen, tetapi harga mahal dengan produk berkualitas lebih menjadi incaran. Pastikan produk anda berkualitas baik dan tak asal bikin. Masalah penilaian kita serahkan ke konsumen.

6) Lakukan Pemasaran yang Kreatif

Media sosial yang kita pakai bisa menjadi solusi yang baik untuk pemasaran. Selain mudah, modal yang keluar dari metode pemasaran ini sedikit. Yang terpenting adalah giat selalu berpromosi.

Kontributor: Isnan Waluyo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *