Kali Code Bagian Tak Terpisahkan Dari Masyarakat Sekitar

  • Whatsapp

Kali Code menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar bantaran. Bukan hanya karena kali ini membelah kota Jogja tapi banyak hal bisa didapat dari tempat ini.

kali code jogja
gudeg.net

Berada di atas jembatan kemudian turun menyusuri jalan perkampungan maka akan ditemukan pemandangan warna-warni. Kampung dengan cat aneka warna ini menjadi spot foto yang cukup menarik.

Dari Kali Code pula bermunculan komunitas seni dan kegiatan sosial. Mengajarkan bahwa manusia bisa bersahabat dengan aliran sungai yang tidak hanya membawa air tapi membawa pasir atau lahar dingin dari Gunung Merapi.

Bila dibeberapa kota besar sungai dijadikan tempat sampah bagi masyarakat sekitar maka di sungai ini tak akan ada sampah berserakan. Mereka telah menyadari bahaya bila membuang sampah di sungai.

Semua itu tak lepas dari tangan dingin Romo Mangun. Seorang budayawan dan pemerhati lingkungan yang mengajarkan bahwa manusia harus bersahabat dengan alam sekitar tak terkecuali sungai.

Kini hasilnya dapat dilihat, Kali Code bisa untuk refresing dan banyak kegiatan senantiasa digelar di sepanjang sungai. Mulai dari Merti Code yang menampilkan seni dan kreasi masyarakat Jogja hingga lomba memancing.

Terlebih pada malam hari, adanya cahaya yang temaram akan memperindah wajah kali yang membelah Jogja menjadi Kasultanan di sisi barat dan Pakualaman di sisi timur.

Terdapat beberapa titik yang banyak diburu mulai dari Jembatan Gondolayu, Belakang Mc Donald Kotabaru, Sayidan dan masih banyak yang lain. Rata-rata ditempat itu dibangun warung makan yang menyediakan penyetan dan berbagai menu yang lain.

Sangat menentramkan hati tentunya, menikmati makan malam sambil diiringi aliran sungai. Puas menikmati makan malam bisa duduk lebih dekat ke arah kali menikmati aliran sungai.

Bercengkerama dengan orang terkasih dan para sahabat tentu akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan tak terlupakan.

Bila pagi menjelang bisa melakukan aktifitas jalan kaki, jogging atau bersepeda santai menyusuri kali. Nikmati keramahan warga sekitar yang tak akan sungkan memberikan senyuman. Kalaupun lapar juga tak perlu kuatir.

Di sepanjang bantaran akan sangat dengan mudah ditemukan warung untuk sekedar menggajal perut. Soal menu juga tak perlu kuatir karena perkampungan di Kali Code telah cukup maju dan mereka tahu betul apa yang menjadi selera pembeli.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *