Home Wisata Desa Wisata Pentingsari, Salah Satu Yang Terbaik di Dunia

Desa Wisata Pentingsari, Salah Satu Yang Terbaik di Dunia

3 18293

Pentingsari bisa dibilang sebagai desa wisata terbaik di Jogja. Hal ini tak terlepas dari 3 keunggulan yang ada di dalamnya mulai dari keindahan alam, peran serta masyarakat dan system kerja yang baik.

pentingsari

deswispentingsari.blogspot.com

Menjadi jaminan bagi seluruh wisatawan yang datang bahwa mereka tak akan pernah menyesal ketika tinggal di Desa Wisata Penting Sari. Tak salah kiranya kalau tamu dari luar kota Jogja dan mancanegara memilih objek wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi ini.

Desa wisata yang berada di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman ini memiliki banyak tempat menarik yang sangat indah mulai dari Pancuran Suci Sendang Sari, Luweng, Rumah Joglo, Batu Dakon, Batu Persembahan, dan Goa Ponteng.

Selain itu kegiatan yang harus dilakukan adalah trekking. Menyusuri jalan setapak di pinggir sungai dan areal persawahan tentu akan memberi tantangan yang berbeda. Terlebih semua itu ada di alam bebas yang benar-benar masih asri.

pentingsari

jogjatrip.com

Seperti desa wisata pada umumnya, di desa ini para wisatawan juga dapat mengikuti serangkaian kegiatan masyarakat setempat. Mulai dari bercocok tanam, memasak di pawon atau dapur tradisional, bermain gamelan, belajar membatik dan lain-lain.

Bisa dibilang objek wisata ini adalah desa wisata plus-plus. Hal ini karena mereka benar-benar akan di bawa ke alam yang sangat tradisional. Sesaat untuk melepaskan berbagai gadget dan rutinitas sehari-hari dikantor dengan membaur dan merasakan keramahan penduduk setempat.

desa wisata pentingsari

pamitranrentalmotor.com

Wajar kiranya kalau Desa Wisata Pentingsari sering mendapat berbagai piagam penghargaan sebagai bentuk pengakuan akan eksistensi mereka. Salah satunya yang paling bergengsi adalah memperoleh penghargaan tingkat dunia atas keberhasilannya dalam mengelola desa wiasata sesuai dengan kaidah Kode Etik Kepariwisataan Dunia.

Untuk menuju Desa Wisata Pentingsari sangatlah mudah. Wisatawan tinggal memilih jalan ke utara menuju objek wisata Kali Kuning atau sebelah timur Kali Urang. Bagi yang kuat hiking bisa juga menempuh perjalanan dari Pentingsari menuju objek wisata Bebeng.

Selain alam yang indah di desa ini berbagai macam tanaman buah juga bisa tumbuh dengan baik. Tercatat setidaknya di kebun warga yang ada di objek wisata ini ada berbagai pohon buah mulai dari salak, durian, manggis, pisang, dan pepaya. Untuk tanaman perkebunan juga ada mulai dari cokelat, kopi dan cengkeh.

3 COMMENTS

Leave a Reply