Kue Kicak, Sajian Legendaris yang Hanya Ada Saat Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

Berbicara tentang Jogja selalu ada kuliner unik dan tak akan pernah habis untuk di ulas. Tak luput dari hal itu manakala bulan Ramadhan tiba akan muncul panganan yang tidak setiap saat ada.

kue kicak
makanajib.com

Kue Kicak begitu masyarakat menyebutnya. Jajanan ini konon hanya ada saat bulan puasa. Dan benar adanya tak seorangpun akan menemukan selain di bulan tersebut.

Saat ini bagi kamu yang tinggal di Jogja sungguh beruntung. Pasalnya bila kamu penasaran dengan yang satu ini bisa meluncur ke Pasar Ramadan yang ada di Kampung Kauman.

Di pasar tiban legendaris tersebut Kue Kicak seolah menjamur. Disetiap sudut bangku akan ditemukan kue berbahan dasar ketan, kelapa muda dan nangka.

Hmmm membayangkan saja sudah bisa membuat menelan ludah. Apalagi mendapat kesempatan mencicipi kelezatannya.

Kue yang konon memang berasal dari Kampung Kauman ini memiliki citarasa dan aroma yang khas. Sepintas bagi mereka yang pernah menikmatinya tentu tak akan melupakanya.

Sedikit saran bagi kamu yang ingin berburu Kue Kicak ada baiknya datang jangan terlalu sore. Banyaknya penjual kue unik ini memberi kesempatan untuk pembeli memilih mana yang disuka.

Diantara beberapa penjual tentu ada citarasa yang berbeda-beda. Dengan datang lebih awal tentu menang untuk memilih.

Selain ketiga bahan dasar unggulan tadi ada bahan lain yang menggugah selera. Aroma wangi padan dan vanili dari kue Kicak tentu sangat menggugah selera.

Terlebih warga Jogja yang sangat suka dengan rasa manis tentu akan sangat pas dengan sajian ini.

Masih menurut sumber yang ada, kue Kicak diperkenalkan Mbah Wono beberapa puluh tahun yang lalu. Kue itu dulu hanya dimasak sebagai menu takjil dan hal itu yang dipertahankan hingga saat ini.

Untuk menikmati sajian legendaris ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan Rp 2.000,- maka penasaran akan terobati.

Yang jelas manakala berkunjung ke Pasar Ramadhan Kauman jangan hanya terpaku pada kue Kicak. Masih ada puluhan atau mungkin ratusan menu khas Jogja yang bisa dicicipi dan sangat disayangkan kalau terlewatkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *