Mau Cari Tiket Kereta Murah? Coba Terapkan 5 Tips Ini

Cari tiket kereta murah memang gampang-gampang sulit. Apalagi jika kamu mencarinya dalam waktu mepet, rasanya seperti mencari jarum ditumpukkan jerami.

berburu tiket promo kereta api
shutterstock.com

Meskipun begitu, bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa mendapatkan tiket kereta murah, lho. Sebab, kini banyak platform online yang menawarkan tiket kereta dengan harga bersaing, salah satunya adalah Traveloka.

Kamu bisa cari tiket kereta murah di sini, karena harganya yang cukup bersaing dengan online travel agent lainnya. Ya, tak seperti tiket pesawat yang menawarkan harga variatif dan banyak diskon, kereta umumnya memiliki harga yang relatif stagnan.

Kamu akan jarang menemukan tiket kereta api yang memberikan diskon besar seperti tiket pesawat. Walau begitu, bukan berarti kamu tidak benar-benar bisa mendapatkan tiket kereta murah, meski banyak platform online yang menawarkan harga bersaing.

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, agar mendapatkan harga tiket yang jauh lebih murah. Apa saja?

1. Pesan Jauh-jauh Hari

Tips pertama yang bisa kamu terapkan agar dapat tiket murah adalah dengan memesannya jauh-jauh hari. Sama seperti tiket pesawat, kamu juga akan mendapatkan harga tiket yang mahal saat memesan tiket kereta di waktu yang mepet.

Hal ini karena biasanya tiket dengan harga termurah sudah habis dipesan oleh orang lain, sehingga hanya tersisa tiket dengan harga yang 20-30 persen lebih mahal. Untuk itu, pastikan kamu telah menyiapkan rencanamu dengan matang, sehingga bisa membeli tiket jauh-jauh hari.

Pastikan juga kamu sudah mencocokkan tanggal kepergianmu dengan jadwal pembukaan penjualan tiket kereta yang tersedia. Sebab, semenjak pandemi Covid-19, PT Kereta Api hanya membuka penjualan tiket minimal H-30 sebelum keberangkatan.

2. Pesan Melalui Platform Resmi

Selanjutnya, kamu juga bisa membeli tiket kereta lewat platform resmi yang sudah bekerja sama dengan PT KAI, seperti Traveloka. Sebab, dengan membeli lewat platform resmi, kamu akan mendapatkan keterangan tiket secara detail dan transparan.

Tak hanya itu, membeli lewat platform resmi seperti Traveloka juga kamu akan mendapatkan tambahan diskon yang biasanya ditawarkan oleh pihak OTA. Biasanya, akan ada tambahan diskon dari bank partner, sehingga harga yang harus kamu bayar juga jauh lebih murah.

Tak hanya itu, proses pembayarannya pun akan jauh lebih mudah jika kamu membeli secara online. Kamu bisa membayarnya melalui mobile banking, internet banking, hingga kartu kredit.

Selain itu, kamu juga bisa langsung memilih kursi yang diinginkan saat membeli tiket secara online. Hal ini penting untuk memberi gambaran tempat dudukmu ketika berada di kereta nanti.

3. Berangkat Saat Hari Biasa

Sama seperti moda transportasi lainnya, harga tiket kereta juga akan sedikit berbeda antara hari biasa dan akhir pekan. Harga tiket di akhir pekan biasanya akan jauh lebih mahal, jika dibandingkan kamu pergi di hari biasa.

Untuk itu, kamu bisa memilih untuk bepergian dengan kereta api di hari Senin sampai Jumat. Selain harga yang lebih murah, kereta api saat hari biasa pun biasanya akan lebih lengang dibandingkan saat akhir pekan, sehingga kamu akan lebih merasa nyaman.

4. Manfaatkan Promo

Tips lain yang bisa kamu terapkan adalah memanfaatkan promo yang biasanya digelar oleh PT Kereta Api ataupun online travel agent. Biasanya, PT Kereta Api akan memberikan promo pada momen-momen tertentu, misalnya seperti hari ulang tahun KAI atau momen Hari Kemerdekaan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh online travel agent. Mereka sering memberikan promo saat travel fair untuk semua moda transportasi, tak terkecuali kereta api. Bahkan promo yang diberikan bisa berupa potongan harga hingga Rp 100 ribu atau diskon hingga 50 persen, lho.

Oleh karena itu, kamu harus rajin-rajin mencari tahu promo apa saja yang sedang berlangsung. Lumayan, kan, bisa jalan-jalan tapi nggak perlu mengeluarkan modal yang besar?

5. Jangan Ragu Memilih Tiket Ekonomi

Untuk menghemat biaya dan mendapatkan tiket murah, jangan ragu juga menggunakan kelas ekonomi saat naik kereta api. Hal ini karena perbedaan harga kelas eksekutif dan ekonomi bisa cukup jauh, lho.

Walau kelas ekonomi, tetap kereta api di Indonesia saat ini sudah bagus dan maju, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan takut tidak nyaman. Sebab, semua kelas ekonomi di kereta api kini telah dilengkapi dengan AC, sehingga kamu tak perlu khawatir kepanasan.

Bahkan, untuk rute Jakarta-Bandung, kelas ekonominya pun sudah premium dan dilengkapi kursi yang hampir mirip seperti kursi kelas ekonomi, sehingga jauh lebih nyaman. Tak hanya itu, fasilitas pendukung lainnya di dalam kereta pun kini sudah maju dan tak jauh berbeda dengan kelas eksekutif.

Jadi, kamu masih bisa tetap nyaman, meskipun berada di kelas ekonomi. Bagaimana, siap menerapkan tips di atas ketika berburu tiket kereta api nanti?

Jangan lupa untuk tetap teliti dan pastikan tujuanmu yaa, agar tidak salah saat membeli tiket nanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan