Tips Memilih Kamera Polaroid yang Bagus untuk Pemula

Memilih kamera polaroid menjadi sesuatu yang gampang-gampang susah. Di mana setiap hari kecenderungan kita sudah menggunakan kamera digital ataupun kamera yang ada di smartphone.

memilih kamera polaroid yang bagus
pixabay.com

Namun faktanya, kamera polaroid masih banyak dipilih dan dicari. Bukan tanpa alasan, kamera instan atau kamera langsung jadi ini miliki sejumlah kelebihan yang bisa jadi tidak dimiliki kamera digital yang terkesan canggih.

Kamera polaroid pernah terkenal di masanya, bisa jadi bila kamu yang kini usia 40 tahunan seolah akan kembali ke masa lalu. Di mana kamera ini begitu mudah ditemukan di berbagai objek wisata pada tahun 90-an.

Saya pribadi ingat betul, baik di lokasi objek wisata Candi Prambanan, Gembira Loka hingga Pantai Parangtritis. Begitu mudah ditemukan bapak-bapak yang menawarkan jasa foto dan langsung jadi.

Kelebihan Kamera Polaroid

Dari beberapa ulasan diatas mungkin kita sudah bisa menebak beberapa kelebihan dari kamera langsung jadi ini. Perlu diketahui bahwa kamera ini dikatakan polaroid karena didalamnya menggunakan kertas polaroid.

Bukan menggunakan kartu memori layaknya kamera digital atau roll film seperti kamera konvensional. Pada umumnya di dalam kamera ini hanya terdapat 10 lembar kertas polaroid.

Kelebihan pertama dari jenis kamera ini tentu saja hasil langsung jadi. Artinya kita tidak perlu alat bantu lain untuk cetak hasil foto.

Selanjutnya hasil dari jepretan ini biasanya berkesan vintage atau tempo dulu. Secara tidak langsung hasil di dapat pun akan berkesan vintage tanpa perlu proses editing.

Mereka yang saat ini membekali diri dengan kamera polaroid rata-rata adalah orang yang suka dengan seni. Atau keindahan yang tidak bisa diberikan kamera digital pada umumnya.

Kelebihan lain dari jenis kamera ini tentu saja mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Tidak perlu teknik tinggi layaknya fotografer profesional, siapapun bisa menggunakan kamera ini.

Sangat pas tentunya menjadi pegangan bagi mereka yang suka foto-foto untuk sekadar bersenang-senang. Meski hasil tidak miliki kualitas tinggi tapi kesan lucu itu akan nampak begitu nyata.

Tips Memilih Kamera Polaroid yang Bagus

Setelah mengetahui beberapa kelebihan akan kamera instan ini mungkin kamu akan tertarik untuk memilikinya. Namun sebelum memutuskan dan memilih kamera polaroid mana ada baiknya jawab beberapa pertanyaan berikut:

1. Hasil Foto Lucu atau Kualitas Tinggi

Pertanyaan pertama yang harus dijawab sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli tentu saja yakinkan diri. Ingin hasil foto lucu atau foto berkualitas tinggi.

Bila ingin hasil foto kualitas terbaik dan ingin memainkan teknik fotografi tidak disarankan untuk memiliki polaroid. Namun bila ingin sekadar senang-senang dan lucu-lucuan maka polaroid adalah jawabannya.

2. Cari Informasi Lebih Detail

Tak ingin menyesal, sebelum membeli ada baiknya cari informasi lebih detail. Dan paling mudah bisa googling untuk tahu hasil jepretan dan serba serbi yang ada.

Jangan sampai asal beli dan menyesal kemudian karena hasil tidak sesuai ekspektasi. Akan lebih baik bila bisa mencoba menggunakan produk tersebut untuk tahu lebih dalam.

3. Mencoba Langsung

Kalau tidak ada kawan atau orang terdekat yang miliki maka bisa mencoba ke beberapa alternatif. Mulai dari datang ke tempat rental kamera polaroid hingga datang ke toko yang benar-benar menawarkan produk tersebut.

Pegang secara langsung dan lihat dengan seksama. Fitur apa saja yang ada dan bagaimana cara menggunakannya.

4. Cek 3 Harga

Terakhir ini adalah rumus paling klasik. Mau beli apapun itu ada baiknya untuk lakukan cek 3 harga atau bandingkan harga dari satu tempat ke tempat lain.

Caranya pun sangat mudah, mau dari cara paling konvensional hingga cara yang paling sederhana. Internet pun telah menyediakan semua itu dengan baik dan seyogyanya dikonfirmasi pula untuk hasil lebih akurat.

Bisa juga berkunjung ke ceklist.id untuk cek harga terbaik. Bukan hanya kamera saja tapi berbagai produk lain pun bisa ditemukan di tempat ini.

Dengan beberapa tips diatas tentu memilih kamera polaroid bukan hal sulit. Paling penting siapkan anggaran baik untuk beli kamera maupun kertas polaroid dibutuhkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan