Apa Itu Bahasa Pemrograman JAVA? Ini Penjelasan Selengkapnya

Bahasa Pemrograman JAVA – Kamu tentu sering menggunakan berbagai aplikasi di smartphone ataupun di laptop bukan? Tapi pernahkah kamu berpikir bagaimana aplikasi itu dibuat?

bahasa pemrograman java
unsplash.com/Gabriel Heinzer

Aplikasi-aplikasi yang ada di handphone atau laptop dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Nah, salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan sering digunakan adalah Java.

Apa itu bahasa pemrograman java?

Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1995. Bahasa pemrograman ini multiplatform.

Artinya setiap kode yang dituliskan dalam bahasa pemrograman Java bisa dijalankan di berbagai platform berbeda-beda meskipun tanpa harus disusun ulang kembali. Hal inilah arti dari motto yang populer yaitu “Write Once, Run Anywhere”.

Java juga bisa disebut sebagai bahasa pemrograman paling populer. Hal tersebut tak lepas dari seringnya dipakai untuk mengembangkan sebuah aplikasi terutama bagian back-end mulai dari aplikasi android, software hingga website atau blog.

Bahasa pemrograman Java bersifat multiplatform karena memiliki kode pemrograman dengan level tinggi dan juga memiliki sistem syntax.

Saat dijalankan sistem syntax di-compile dengan JVM atau Java Virtual Machine kemudian menjadi kode numeric atau bytescode platform. Inilah yang melatarbelakangi aplikasi Java dapat dijalankan di banyak perangkat.

Setelah mengetahui apa itu bahasa pemrograman Java, kamu juga perlu mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangannya. Terutama jika kamu seorang blogger dan sudah beli hosting murah di DomaiNesia untuk membuat website. Simaklah penjelasan di bawah ini;

5 Kelebihan Bahasa Pemrograman Java

1. Lebih Fleksibel

Seperti slogan yang dipakai “Write Once, Run Anywhere”. Java memiliki kelebihan yang tidak semua bahasa pemrograman lain miliki. Cukup membuat file Java sekali, program yang dibuat tersebut bisa dijalankan di berbagai platform lain tanpa harus diubah atau disusun kembali.

Sebagai contoh, jika kamu membuat aplikasi Java di sistem operasi Windows, maka program yang kamu buat bisa dioperasikan di Mac ataupun di sistem Linux.

2. Library Lengkap

Selain lebih fleksibel, Java juga mempunyai library lebih lengkap. Istilah Library dalam bahasa pemrograman memiliki arti sekumpulan program dan fungsi yang bisa digunakan langsung untuk membuat aplikasi.

Library lengkap yang dimiliki Java ini merupakan hal yang luar biasa dikarenakan Java memiliki komunitas yang besar pula. Sehingga akan lebih memudahkan para developer Java dalam membuat berbagai aplikasi yang berbasis Java.

3. Mirip dengan Bahasa Pemrograman C++

Tak salah jika Java dinilai mirip dengan bahasa pemrograman C++, karena memang Java ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa pemrograman C dan juga C++. Bahasa pemrograman C++ termasuk program yang cukup bagus, namun tidak sefleksibel bahasa pemrograman Java.

Sementara itu Java bisa dibuat dengan lebih fleksibel dan juga sederhana. Nah jika kamu sudah familiar dan memahami bahasa pemrograman C++, maka kamu tidak akan kesulitan saat mempelajari Java.

4. Mempermudah dalam menulis coding

Jika kamu sudah paham apa itu bahasa pemrograman Java, maka jika kamu ingin lebih mudah dalam menulis coding, Java adalah pilihan yang tepat yang bisa kamu gunakan.

Dengan Java kamu bisa lebih mudah dalam menulis coding dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Karena Java mempunyai struktur coding lebih sederhana dan lebih ringkas.

5. Mendukung Native Method

Kelebihan Java lainnya yang bisa kamu rasakan dalam mebgembangkan aplikasi adalah Java mendukung native method. Artinya fungsi dari program Java ini bisa ditulis ke dalam bahasa selain Java seperti bahasa pemrograman C ataupun C++.

Dengan dukungan native method, kamu bisa menjangkau sumber daya atau server serta perangkat keras yang bisa diakses oleh bahasa program lainnya. Sehingga kamu bisa menciptakan aplikasi dengan berbagai fitur.

Meski memiliki banyak kelebihan, bahasa pemrograman Java juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui, seperti :

1. Butuh memori yang lebih besar

Meski Java memiliki banyak kelebihan seperti membuat aplikasi jadi lebih fleksibel, memudahkan dalam penulisan coding serta kelebihan lainnya, tapi bahasa pemrograman Java memiliki kelemahan berupa memakan banyak memori. Hal ini dikarenakan JVM membutuhkan data dalam mengumpulkan pembuatan kelas, kompiler, sampah memori dan lainnya.

Dari semua proses itu memang akan membuat aplikasi Java bisa bekerja secara lancar dan juga aman. Akan tetapi, perangkat yang menggunakan aplikasi Java akan lebih menghabiskan RAM yang cukup besar.

2. Lebih mudah didekompilasi

Salah satu kekurangan Java adalah lebih mudah didekompilasi. Apa itu dekompilasi?

Dekompilasi adalah suatu proses yang membalikkan kode sehingga menjadi kode sumber. Perlu kamu ketahui, saat program Java dijalankan, file akan dikompilasi menjadi numeric bytes codes platform.

Namun setelah file dikompilasi, algoritma dasar pada program Java akan mudah untuk dilihat. Hal inilah yang mengakibatkan aplikasi tersebut bisa dengan mudah dibajak. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu menambahkan keamanan yang lebih ekstra. Seperti dengan menggunakan lisensi yang terenkripsi.

3. GUI atau Graphical User Interface kurang Menarik

Graphical User Interface atau GUI merupakan tampilan dari website atau aplikasi yang memiliki fungsi untuk berinteraksi dengan para pengguna. Adapun komponen GUI adalah ikon, menu, tombol dan lainnya.

Namun sayangnya, jika kamu ingin tampilan website atau aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java maka hasilnya kurang menarik. Jadi jika kamu ingin tampilan yang lebih menarik, kamu bisa membuat website atau aplikasi dengan menggunakan JavaScript.

Jadi kesimpulan apa itu bahasa pemrograman Java? Java adalah sebuah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk mengembangkan sebuah website atau aplikasi yang fleksibel sehingga bisa berjalan di banyak platform.

Sampai saat ini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer karena banyak digunakan oleh para developer website atau aplikasi. Tertarik untuk menggunakannya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan