Mobile Banking Bikin Semua Kian Mudah

  • Whatsapp

Menjadi bagian dari masyarakat urban tentu kita mendapat berbagai kemudahan yang bisa jadi dulu tidak dimiliki. Sebut saja dengan adanya mobile banking atau mbanking yang bisa di-instal pada smartphone.

mobile banking
Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Mobile banking sendiri dapat dikatakan sebagai perbaikan dari internet banking. Bila dulu pada awalnya layanan ini berjalan pada sistem desktop dengan menuliskan situsnya.

Bacaan Lainnya

Tapi kini tidak lagi, dengan aplikasi terinstal kita cukup scan sidik jari dan aplikasi terbuka. Dengan aplikasi ini banyak hal bisa dilakukan.

Layaknya miliki ATM sendiri maka kita bisa melakukan transfer antar bank, isi pulsa, token listrik, aneka transaksi dan lain-lain. Dimanapun, kapanpun semua kian mudah.

Sejarah atau Awal Mula Mobile Banking

Cikal bakal mobile banking yang ada saat ini ternyata telah ada di tanah air sejak puluhan tahun silam. Dan pihak pertama yang meluncurkan produk ini untuk kali pertama adalah Excelcom pada tahun 1995.

Terobosan ini diambil selain untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi juga digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kepercayaan nasabah. Teknologi dianggap sebagai solusi atas masalah sehari-hari.

Sinergi apik antara pihak perbankkan dengan operator selulur tampak nyata dan menjadi bagian tak terpisahkan.

Kelebihan mBanking

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada banyak kelebihan dari mobile banking. Menjadikan aplikasi ini hampir bisa ditemukan dalam tiap smartphone yang ada.

Dan bila dikupas lebih terperinci maka berikut adalah sejumlah kelebihan mobile banking:

1. Mudah diakses kapan pun dan di mana pun.

Mobile banking pastinya memudahkan dan benar adanya. Aplikasi ini bisa digunakan selama ada sinyal internet yang cukup baik.

2. Jangkauan koneksi luas

Beruntung pastinya dengan adanya koneksi internet saat ini. Bisa menghubungkan masing-masing individu dari ujung ke ujung.

3. Mudah diaplikasikan

Kelebihan lain dari mobile banking sudah barang tentu adalah mudah digunakan. Tidak perlu ada training khusus karena siapapun yang sepintas lihat akan langsung bisa menggunakan.

4. Murah

Selain faktor praktis atau mudah digunakan, aplikasi ini juga sangat murah. Pengguna hanya akan dikenakan beberapa rupiah saja sebagai ongkos kuota internet.

5. Aman

Aplikasi yang diluncurkan sudah barang tentu aman digunakan. Hal ini karena telah melalui serangkaian ujicoba khususnya terkait cyber security di dalamnya.

Kekurangan mBanking

Meski digadang-gadang memiliki berbagai keunggulan tetap saja sebuah produk memiliki kelemahan atau kekurangan. Pun demikian dengan aplikasi yang bernama mbanking ini.

Berikut ini bisa jadi adalah kekurangan mobile banking

1. Tidak bisa berjalan pada semua smartphone

Seperti kita tahu bahwa smartphone mengalami pembaruan setiap saat. Dan bisa jadi mobile banking hanya akan berjalan pada sistem operasi dengan kelas tertentu.

2. Rentang penipuan

Mereka yang menggunakan aplikasi ini seringkali menjadi korban penipuan. Terlebih bila mereka asal percaya dan informasi login dengan mudah akan berpindah tangan.

3. Koneksi internet belum merata

Bagi mereka yang tinggal di kota besar tentu bukan masalah. Namun lain cerita bagi mereka yang berada di daerah pelosok bisa jadi sinyal internet tidak mudah ditemukan.

Berbagai kelemahan diatas tentu bukan menjadi alasan bagi kita untuk tidak menggunakan mobile banking bila sudah melihat kelebihan yang ditawarkan. Paling penting adalah tetap hati-hati dalam penggunaan.

Akan lebih baik bila menambahkan sistem keamanan semisal dengan adanya sistem sidik jari. Kini sistem login dengan password atau pun sudah mulai ditinggalkan.

Cara ini dipercaya hanya akan bisa digunakan mereka yang terdaftar. Pasangan baik suami atau istri sekalipun tidak akan bisa menggunakan selama sidik jari tidak terdaftar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *