Optimalkan Transaksi Digital untuk Hidup Lebih Baik

Percaya atau tidak percaya tapi faktanya teknologi digital adalah solusi untuk hampir semua bidang kehidupan. Satu cara yang memangkas ruang dan waktu ini memberikan sejumlah manfaat yang tidak bisa ditolak. Salah satunya sudah pasti bagaimana beralih transaksi konvensional ke transaksi digital.

transaksi digital
pixabay.com

Memaksa setiap orang untuk beradaptasi dengan cepat atau mereka harus ditinggalkan seiring kemajuan zaman. Dalam kehidupan sehari-hari pun akan terlihat dengan adanya perubahan gaya hidup cashless.

Bacaan Lainnya

Dimana uang tunai tidak lagi harus ada di dompet atau kantong baju. Cukup berbekal smartphone atau kartu sebagai alat transaksi. Dan semua kebutuhan sehari-hari akan terpenuhi.

Baca juga: Nikmati Mudahnya Hidup dengan Teknologi Digital

Transaksi Digital itu Sesuatu Banget

Siapa sangka bila teknologi digital begitu lekat dalam masing-masing individu. Khususnya mereka yang tinggal diperkotaan sudah hampir dipastikan sangat familiar dengan transaksi digital.

Secara sederhana transaksi digital adalah semua pembayaran nontunai atau cashless, baik itu melalui mobile banking atau aplikasi yang menggunakan perantara internet. Dalam praktiknya bisa menggunakan gawai (smartphone dan tablet) atau desktop (laptop dan komputer).

Cara ini mulai dipilih karena selain praktis, mudah dan aman juga menawarkan sejumlah kelebihan. Terutama dimasa pandemi, dimana sejumlah aktivitas harus dibatasi dan sangat disarankan untuk tetap berada di dalam rumah.

Bahkan dari catatan Bank Indonesia (BI) diketahui bahwa selama tahun 2019 terdapat transaksi e-commerce mencapai Rp 201 triliun. Sementara itu untuk Januari hingga September 2021 jumlah transaksi mencapai Rp180,74 triliun. Dan untuk Oktober – Desember 2021 trend transaksi online dipastikan akan terus mengalami peningkatan.

Peningkatan jumlah transaksi online bukan saja hanya karena kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan dan kenyamanan bertransaksi. Lebih dari itu juga pastinya karena adanya pandemi yang masuk tanah air dan tidak kunjung selesai.

Keuntungan Menggunakan Transaksi Non Tunai

Transaksi digital itu mudah dan menguntungkan bagi semua pihak. Tidak saja untuk pemilik usaha tapi juga untuk masing-masing individu. Untuk lebih jelasnya kita telisik satu demi satu.

Keuntungan bagi Pengguna :

1. Aman, Praktis dan Cepat

Berbicara tentang uang pastinya semua orang ingin yang namanya aman, praktis dan cepat. Satu kesatuan dan susah untuk dipisahkan.

Dimana saat ini tanpa membawa uang cash pun kita bisa bebas bertransaksi dan belanja. Terlebih dengan adanya Quick Response (QR) Code kita tinggal scan dan bayar.

Tanpa harus menyentuh uang yang bisa saja menjadi sarana penularan corona virus. Uang cash yang kita dapat tidak pernah diketahui riwayatnya sudah dipegang oleh siapa saja.

Metode cashless ini juga akan membuat dompet lebih ramping karena tidak lagi ada uang cash yang ada di dalamnya. Uang yang sangat rentan untuk hilang atau dibelanjakan pada hal-hal yang tidak penting.

2. Banyak Promo

Kita pasti sadar betul transaksi yang satu ini menawarkan sejumlah promo yang bisa jadi tidak akan didapat bila dilakukan pembayaran tunai. Mulai dari beli satu gratis satu, diskon hingga 30% atau gratis ongkir.

Selain itu pastinya masih banyak promo menarik lainnya yang ditawarkan merchant. Tinggal pantau saja kapan waktunya dan ikuti aturan main yang ada.

Baca juga: Optimasi Teknologi Digital sebagai Ladang Baru

Keuntungan bagi Merchant

1. Aman, Praktis dan Cepat

Sama halnya dengan pengguna bagi merchant pun mereka akan merasakan sensasi yang sama. Dimana aman, praktis dan cepat itu ada. Tidak perlu direpotkan untuk menghitung kembalian dan mencari uang receh untuk diberikan kepada customer.

Cara ini juga menjadi jawaban dimana masyarakat yang telah beralih ke cashless maka merchant pun harus mengikuti. Jangan sampai gagal transaksi karena calon pembeli tidak ada uang tunai.

2. Memudahkan Pencatatan

Bagi mereka, para pemilik usaha bila ingin maju dan berkembang maka pencatatan keuangan harus tertata dengan baik. Cara ini akan memanjakan pemilik merchant karena mereka tidak perlu mencatat secara manual karena telah terinput di sistem.

Tidak lagi dipusingkan untuk mencatat total penjualan hari ini dan hitung laba rugi karena sistem lebih akurat selama tidak ada kesalahan dalam penginputan data awal. Pemilik usaha pun tinggal fokus menggarap bagaimana meningkatkan omset yang ada.

3. Meningkatkan Branding

Apapun bisnisnya bila telah go digital akan lebih diterima publik. Hal ini setidaknya telah ada usaha atau effort untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Belajar dari beberapa perusahaan raksasa yang hancur karena mereka terlalu percaya diri dan tidak mau berubah sesuai tuntutan zaman. Teknologi kekinian menjadi jawaban atas semua bisnis yang ada bahwa mereka memahami apa yang diinginkan customer.

Cukup Satu QR Code untuk Semua Transaksi

Bagi mereka yang paham tentunya tahu betul bahwa saat ini sudah ada QR Code yang berlaku universal. Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS demikian nama produk dan inovasi yang dimiliki Bank Indonesia. Dengan satu kode ini maka semua transaksi digital telah bisa dilakukan.

Bukan hanya untuk usaha atau toko skala besar saja tapi QRIS juga telah digunakan oleh para pelaku usaha kecil. Bahkan kini pun bisa ditemukan tukang jamu gendong dan penjual cilor yang menggunakan cara ini.

Bagi mereka yang setiap hari ada di jalan sudah pasti tidak ada potensi pendapatan akan hilang tercecer. Semua pendapatan yang ada langsung bisa dimasukkan ke rekening tabungan.

Pandemi Belum Usai

Sebagai catatan akhir dimana pandemi hingga saat ini belum ada titik terang. Bahkan jumlah korban terpapar telah tembus di angka 1 juta lebih.

Transaksi digital juga bisa menjadi solusi atas masalah ini. Dimana tanpa ketemu dan transaksi langsung bisnis pun bisa berjalan dengan optimal.

Bila cara ini diterapkan oleh semua orang maka ekonomi nasional pun tetap akan bisa tumbuh. Tidak ada lagi istilah ekonomi lesu karena senantiasa bergairah.

Tetap yakin dan optimis bahwa tahun ini kita bisa melalui sama baiknya seperti tahun 2020 lalu. Tetap taati protokol kesehatan, jaga jarak dan gunakan transaksi digital untuk semua kebutuhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *