Pengertian dan Manfaat Email Hosting Unlimited

Email hosting unlimited merupakan email yang paling dicari akhir-akhir ini. Dulu, ketika ingin mempunyai email custom dengan nama sendiri harus memiliki website terlebih dulu.

kanaljogja.id

Padahal mengelola website bukan perkara yang mudah. Apalagi seseorang hanya ingin memiliki email professional tanpa perlu membuat website terlebih dulu.

Memangnya apa sih email hosting itu? Lalu apa kaitannya dengan website?

Sebenarnya email hosting itu berkaitan dengan web hosting. Karena dari keduanya memiliki kesamaan, yaitu sama-sama untuk menyimpan data. Meskipun memiliki kesamaan, email hosting dan web hosting juga mempunyai perbedaan.

Baca juga: Strategi Memilih Hosting Berkualitas Bagi Pemula

Pengertian Email Hosting Unlimited

Email hosting merupakan layanan email khusus yang digunakan untuk mengirim email dan menerima email dari pengirim. Untuk servernya, server email hosting terpisah dengan server web hosting. Sehingga tidak mempengaruhi perfoma email hosting.

Layanan email hosting unlimited tidak menggunakan server biasa, seperti pengertiannya, email hosting memakai server khusus. Sehingga servernya bukan server receh yang bisa dihack atau dibanned seenaknya.

Kini hampir semua perusahaan profesional menggunakan email hosting untuk email yang nantinya akan dipakai karyawannya. Contohnya begini, misal Anda bekerja pada kanaljogja.

Dan perusahaan kanaljogja membuatkan Anda email maka email kerja Anda akan bernama joko.yugiyanto@kanaljogja.id.

Baca juga: Cara Menjadi Blogger Sukses

Cara Aktivasi dan Cara Kerjanya Email Hosting Unlimited

Untuk mengaktifkan layanan email hosting unlimited, Anda harus membeli domain terlebih dulu. Karena email hosting membutuhkan domain dan nama domain. Jika tidak membelinya, maka domain tersebut belum aktif dan tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Apakah harus membuka gmail setelah membeli domainnya?

Tentu saja. Karena apa, kebanyakan provider email hosting telah menyediakan aplikasi yang sering disebut dengan webmail atau web based email.

Aplikasi ini mirip seperti gmail namun tampilannya lebih sederhana. Ada fitur inbox, spam, filter, autoresponder, forwading, dan lainnya.

Paket Email Hosting

Banyak orang bertanya berapa banyak email yang bisa dimuat dengan domain sendiri. Jawabannya simple saja.

Tergantung paket email yang Anda beli. Banyak pilihan yang harus dipertimbangkan.

Pertama karena di Indonesia sendiri ada provider hosting yang membuat paket unlimited tetapi dengan perhitungan kuota space-nya lebih kecil. Ada juga provider yang dihitung per satu alamat email.

Berikut ini ada beberapa paket email hosting yang ada di pusat hosting. Apa saja itu?

Berikut paketannya:

1. Paket email big space – merupakan paket email yang mempunyai kuota spacenya besar.
2. Paket email hosting unlimited – paket email yang mana pelanggan bisa membuat alamat email sebanyak-banyaknya tanpa dibatasi
3. Paket VPS email – server vps yang berfungsi khusus untuk melayani berbagai email. Kuota space-nya pun sangat besar dan limit akunnya pun tidak terbatas.

Baca juga: Jenis-Jenis Internet Marketing yang Bisa Dioptimalkan

Manfaat Email Hosting Unlimited

Email hosting unlimited sendiri memiliki kaya akan manfaat. Namun beberapa orang melihat bahwa menggunakan email hosting adalah hal yang sia-sia.

Apalagi tujuannya tidak jelas. Untuk itu, berikut ada beberapa manfaat email hosting yang perlu Anda ketahui.

Dengan mengetahui manfaatnya, Anda akan mempunyai tujuan dan membeli paket email menjadi tidak sia-sia.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Perusahaan yang menggunakan email hosting akan tampak lebih kredibel ketimbang tidak menggunakan. Karena apa, email dengan nama domain sendiri tampak elegan dan juga sulit dihack atau dibajak oleh perusahaan lain.

Apalagi domain tersebut hanya perusahaan itu saja yang menggunakannya. Bukan maksud apa-apa, biasanya email gratis sering digunakan untuk hal-hal kriminal.

Misalnya untuk menipu atau menyebar berita hoaks. Dan kadang email gratisan tidak muncul di kotak masuk karena kadang malah masuk ke folder spam. Sehingga ditakutkan jika email yang berisi surat penting tidak terbaca karena masuk ke folder spam.

2. Ajang Promosi Brand

Ketika menggunakan email gratisan, email promosi biasanya hanya akan masuk ke spam atau ke folder lainnya karena dianggap mengganggu. Jika demikian yang terjadi malah promosi perusahaan akan gagal.

Maka alangkah baiknya menggunakan email hosting. Selain tidak masuk ke spam, email hosting ini bisa menjadi ajang promosi nama brand.

Dengan nama brand ada di belakang email, secara otomatis penerima email akan membacanya. Mereka pun menjadi penasaran dan mencari brand perusahaan milik Anda.

3. Backup Berkala

Selain bisa digunakan untuk ajang promosi, email hosting juga mempunyai fitur backup berkala. Fitur ini sebenarnya juga ada di email gratis.

Akan tetapi, kapasitas backup yang ditawarkan pun berbeda. Email gratisan menawarkan backup yang terbatas.

Sedangkan email hosting menawarkan backup dengan kapasitas yang lebih besar. Hebatnya lagi, Anda bisa membackup dan restore semua akun email yang sudah terhubung dengan domain yang sudah Anda miliki.

4. Kapasitas Penyimpanan Lebih Besar

Hampir semua layanan email memberikan ruang penyimpanan bagi penggunanya. Sama seperti kapasitas backup sebelumnya, bahwa ruang penyimpanan yang ditawarkan email gratis memiliki kapasitas yang terbatas.

Sedangkan email hosting tentu menawarkan kapasitas penyimpannan yang jauh lebih besar. Tidak hanya kapasitas yang besar, email hosting juga menawarkan kemanan yang lebih baik.

Dengan menggunakan email hosting, Anda bisa membebaskan halaman inbox dari iklan dan spam yang sifatnya mengganggu. Sehingga email bisa digunakan dengan nyaman tanpa sedikit pun gangguan.

Email hosting unlimited memiliki banyak manfaat. Apalagi bagi perusahaan besar dan memiliki kepentingan menggunakan internet atau email. Dengan membeli domain email hosting, perusahaan akan berjalan lebih baik.

Pos terkait