Rasakan Mantapnya Ikan Sidat Bu Is

  • Whatsapp

Unagi pada jaman dulu adalah makanan keluarga kerajaan di Jepang dan kini hanya mereka yang berduit yang bisa menikmatinya. Maklum Unagi dipercaya memiliki kandungan Omega 3 yang tinggi yang konon jauh lebih baik daripada ikan Salmon.

ikan sidat bu is
aji.rahmat.id

Uniknya bila di Negeri Sakura Unagi hanya bisa dikonsumsi kalangan keluarga kerajaan tapi di Indonesia tidak. Saat ini telah banyak yang membudidayakan Unagi. Selain itu di Sleman ada rumah makan yang mengkhususkan diri untuk mengolah sidat menjadi berbagai macam olahan.

Binatang sejenis belut tapi lebih besar ini di tanah air dikenal dengan nama ikan Sidat. Ada juga dibeberapa wilyah yang menyebutnya dengan nama  Pelus atau Moa.

Kini telah ada Pondok Makan Ikan Sidat Bu Is yang memiliki menu special berupa aneka olahan ikan Sidat. Ikan yang bisa hidup di air tawar dan payau ini bisa dioleh menjadi steak, rica-rica atau mangut. Selain itu bisa juga dioleh dengan cara dikukus dan tentunya digoreng.

Ketika berbicara tentang ikan Sidat jangan berpikir bahwa menu ini bisa ditebus dengan harga murah. Pasalnya ikan kaya manfaata ini harganya sangat mahal, bisa mencapai puluhan kali ikan air tawar pada umumnya.

Harga mahal tersebut tentunya berbanding lurus dengan kelezatan dan manfaat yang ada di dalamnya. Jadi meski harga relative mahal Bu Is tak pernah takut sepi pembeli. Mayoritas para pembeli adalah mereka yang tahu akan kandungan dan manfaat ikan Sidat.

Tak sedikit para tamu adalah warga negara asing, khususnya mereka yang berasal dari Jepang. Menurut para pelanggan ini ikan Sidat Bu Is tergolong sangat murah. Terlebih di negara yang terkenal dengan sushinya ini sangat perhatian dengan apa yang mereka konsumsi.

Mereka juga memiliki keunikan tersendiri karena lebih suka dengan minim bumbu. Alasannya bumbu mungkin bisa meningkatkan kualitas akan rasa tapi manfaat atau kandungan akan berkurang.

Lain halnya dengan orang Indonesia yang lebih suka dengan masakan kaya bumbu rempah. Rasanya dipastikan lebih lezat tapi besar kemungkinan kandungan akan berkurang karena efek bumbu dan lama memasak.

Jadi ada baiknya bila penasaran akan kelezatan kuliner unik ini silakan datang ke Pondok Makan Ikan Sidat Bu Is. Letaknya ada di Kios Warak 01, Sumberadi, Mlati, Sleman atau dari Pasar Cebongan berjalan ke utara sejauh 1 kilometer.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *