Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Sebagai perempuan yang pernah hamil tentu saya harus tahu, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil. Tujuannya sudah barang tentu untuk memastikan baik si ibu maupun si jabang bayi mendapat asupan gizi yang cukup.

makanan sehat untuk ibu hamil
ibupedia.com

Jangan sampai tidak karena dalam satu tubuh terdapat 2 nyawa. Dan keduanya sama-sama penting untuk mendapat ketercukupan nutrisi yang baik dan sehat.

Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil. Bisa dipilih sesuai dengan selera maupun budget yang ada.

Jangan sampai ada kata, “harus hemat, sayang itu kan pemborosan” dan sejenisnya. Sembilan bulan ibu mengandung bukan waktu yang mudah.

Menjadi penting pula bagi sang suami untuk memastikan ketersediaan makanan sehat untuk ibu hamil sesuai dengan usia kehamilan. Harus peka dan benar-benar menjadi suami siaga bila tidak ingin beban ibu hamil semakin berat.

Aneka Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Bila disadari pasti kita akan merasa beruntung berada di satu wilayah yang memiliki iklim tropis. Di mana aneka buah dan tanaman serta hewan bisa berkembang sangat baik.

Semua itu bila ditelaah ternyata adalah asupan terbaik untuk kita semua. Tak terkecuali makanan sehat untuk ibu hamil.

Sejatinya ada banyak makanan sehat untuk ibu yang tengah hamil. Namun setidaknya ada 5 jenis yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Berikut beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi:

1. Aneka Sayur dan Buah

Benar kiranya aneka buah dan sayur adalah asupan terbaik untuk ibu hamil. Namun bila ingin manfaat lebih baik dan optimal ada baiknya untuk pilih sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, kale, bayam dan masih banyak lagi.

Sayuran berwarna hijau ini kaya akan asam folat, vitamin A, C dan K. Kandungan baik itu sangat dibutuhkan untuk menjaga menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan mata. Selain itu juga mencegah janin lahir tidak sempurna.

Buah yang ada disekitar kita pun sangat baik untuk ibu hamil. Sebut saja ada alpukat, pisang, jeruk dan mangga. Buah-buahan yang ada pun kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh.

2. Kacang-kacangan

Jumlah serat yang ada dalam tubuh selama masa kehamilan harus dijaga dengan serius. Tidak boleh kurang karena bisa berakibat fatal.

Serat ini paling mudah didapat dari kacang-kacangan dan menariknya jenis ini pun kaya akan folat, kalsium, zat besi dan seng.

3. Susu dan Produk Olahan Susu

Saat ini siapa yang tidak suka dengan susu. Susu hadir dengan lebih variatif karena kini telah muncul berbagai produk olahan susu tanpa mengurangi kualitas dan fungsi susu itu sendiri.

Susu kini tidak saja hanya memiliki satu rasa saja. Tapi kini bisa kita temukan variasi susu dengan rasa yang kita suka semisal vanila, coklat, kurma, strawberry dan lain-lain.

Selain itu dari susu juga bisa ditemukan yoghurt dan keju. Tak hanya bisa dinikmati secara langsung tapi juga bisa dipadupadankan dengan olahan lainnya.

Susu yang kaya akan kalsium mampu menjaga kesehatan tulang ibu. Selain itu juga mendukung proses pembentukan jaringan tulang pada bayi.

4. Ubi

Mungkin kita tak pernah menyangka bila ubi menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Ubi yang identik makanan orang desa ini kaya akan vitamin A.

Vitamin A ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan janin dalam perut.

Ubi selain direbus dan digoreng saat ini pun bisa diolah menjadi berbagai makanan yang kekinian. Bisa diolah menjadi kue dan roti maupun olahan menarik lainnya sesuai dengan kreasi.

5. Daging Tanpa Lemak

Sampai kapanpun daging tanpa lemak bisa jadi adalah favorit semua orang. Tak terkecuali bagi ibu yang tengah hamil.

Daging tanpa lemak ini kaya akan kandungan protein yang sangat dibutuhkan. Baik itu untuk ibu maupun calon bayi.

Terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Dimana pada masa ini janin akan berkembang dengan pesat.

Diantara sekian banyak pilihan daging tentu daging sapi tanpa lemak menjadi favorit. Hal ini tidak lepas dari banyaknya manfaat yang ada.

Manfaat Daging Sapi yang Perlu Diketahui

manfaat daging sapi
holycowsteak.com

Tak bisa dipungkiri daging sapi bukan hanya memberi kesan dan rasa enak untuk lidah semata. Lebih dari itu daging jenis ini juga kaya akan manfaat.

Dikutip dari beberapa sumber setidaknya manfaat daging sapi setidaknya ada 9. Sangat cocok dijadikan hidangan atau makanan sehat untuk ibu hamil.

1. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah (hemoglobin) menjadi satu kondisi yang sering terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini biasanya disebabkan kurangnya zat besi di dalam tubuh.

Tak ingin ini terjadi maka cukupi hemoglobin dengan mengkonsumsi daging merah. Daging jenis ini tentunya paling mudah ditemukan pada sapi.

Daging sapi menjadi sumber zat besi yang paling populer daripada tumbuhan. Selain lebih enak pastinya lebih mudah diserap tubuh.

2. Menjaga Massa Otot

Massa otot bagi ibu hamil juga menjadi satu konsentrasi yang tidak bisa diabaikan. Ingat, tubuh harus kokoh berdiri meski dalam kondisi payah sekalipun.

Mereka yang pernah hamil pasti bisa merasakan manakala tubuh cepat letih dan lesu. Selain karena anemia bisa jadi karena menurunnya massa otot dalam tubuh.

Daging sapi bisa juga dikatakan sebagai sumber protein paling lengkap. Dimana di dalamnya terdapat sumber protein lengkap yang kaya akan akan semua jenis asam amino yang baik dan dibutuhkan tubuh.

3. Menjaga Stamina

Masih ada kaitan dengan poin diatas, dimana selain menjaga massa otot kandungan baik yang ada juga mampu menjaga stamina tubuh. Semua itu tak terlepas dari adanya Beta-alanine yang ada pada daging sapi.

Beta-alanine ini lah yang mampu memicu pembentukan karnosin di tubuh. Dan mereka yang cukup akan zat maka tidak akan mudah lelah meski telah banyak aktivitas.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Mereka yang miliki stamina lemah miliki kecenderungan mudah sakit. Hal ini juga tidak lepas dari lemahnya sistem kekebalan tubuh yang ada.

Di sisi lain bila ada luka maka secepat mungkin haruslah ada recovery. Membantu proses penyembuhan jaringan tubuh ini hanya bisa terjadi bila ketercukupan kandungan zink dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Pada sebagian ibu hamil bisa saja terjadi masalah pada kulit. Ada sebagian orang yang mengatakan perubahan itu adalah bawaan bayi.

Namun faktanya bisa jadi kondisi ini terjadi karena kurangnya asupan / nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan demikian daging sapi sebagai bagian dari makanan sehat untuk ibu hamil menjadi satu hal yang harus diperhatikan.

Manfaat lain dari daging sapi terletak pada kandungan zat antikarsinogenik. Zat ini berfungsi untuk mencegah adanya kanker terutama kanker kulit.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Di sini kesehatan tulang dan gigi bukan hanya milik si ibu. Melainkan pula milik janin yang ada di dalam tubuh.

Kekurangan protein dan kandungan baik yang ada membuat janin tidak tumbuh dengan optimal. Tak ingin ini terjadi maka cukupi kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes bukan semata-mata disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi gula. Hal ini karena bisa jadi juga karena kekurangan  asam linoleat dan L-carnitine. Zat tersebut paling mudah ditemukan dalam daging sapi.

8. Menjaga Kadar Oksigen dalam Darah

Organ tubuh akan berfungsi sempurna bila kadar oksigen dalam darah dinyatakan cukup. Bila tidak bisa jadi organ yang ada berfungsi kurang sempurna.

9. Sumber Vitamin dan Mineral

Apapun alasannya tubuh harus ketercukupan vitamin dan mineral. Menariknya dalam setiap potong daging sapi selain tersedia banyak manfaat baik juga terdapat vitamin dan mineral.

Dengan demikian mengkonsumsi daging sapi secara teratur dan sesuai kebutuhan bisa menjadi solusi praktis bagi ibu hamil agar tetap prima dan on track.

Jangan sampai ibu hamil maupun bayi kurang nutrisi karena akan berdampak di masa yang akan datang. Salah satu cara paling mudah untuk memastikan ketercukupuan nutrisi tersebut ibu hamil bisa mengkonsumsi daging sapi.

Pos terkait