5 Rute Wisata Sepeda Jogja, Bisa Kamu Pilih Sesuai Selera

  • Whatsapp

Bagi kamu yang penasaran bila ingin nge-gowes di pusat kota dan tetap mendapat view yang apik maka kamu harus coba 5 rute wisata sepeda Jogja ini. Rute ini disiapkan Dinas Pariwisata Kota Jogja untuk memfasilitasi tingginya minat warga untuk olahraga sepeda.

rute wisata sepeda jogja
hipwee.com

Tak hanya sekadar olahraga tapi dengan mengikuti rute wisata sepeda Jogja ini tentunya bisa menjadi sarana rekreasi yang menarik dan murah meriah. Mengenal lebih dekat berbagai kampung yang ada di Jogja tentunya.

Di mana tiap wilayah memiliki ciri khas dan keindahan masing-masing. Membuat mata lebih segar tentunya dengan warna-warni nuansa tersebut.

Rute ini juga muncul sebagai adanya upaya meningkatkan gairah wisata pasca masuknya pandemi. Seperti yang kita tahu Covid-19 memiliki dampak yang signifikan, terutama dalam dunia pariwisata.

Beruntung, Jogja sejak dulu terkenal akan kreatifitasnya dan ini salah satu bentuk nyata.

Rute Wisata Sepeda Jogja, Full Keindahan

1. Rute Romansa Kota Lawas

Rute ini memiliki jarak 13,3 kilometer. Di mulai dari Kantor Dinas Pariwisata Kota Jogja dan berakhir di Bendung Lepen, Umbulharjo. Kampung unik yang dilalui tentu saja ada kampung warna Obar Abir Sambirejo, Kotagede.

2. Tilik Jeron Benteng

Sesuai dengan namanya tentu kamu akan diajak keliling Jeron Beteng Jogja. Jarak tempuh rute ini adalah 8,68 kilometer. Perjalanan dimulai dari Jalan HOS Cokroaminoto atau tepatnya di Pasar Klithikan dan akan berakhir di Plaza Ngasem.

3. Jajah Kampung Susur Sungai

Ingin melihat keindahan dan kearifan lokal di bantaran sungai maka kamu bisa pilih rute ini. Perjalanan akan dimulai dari Jalan Sudirman tepatnya di McDonald’s dan berakhir di Museum Pangeran Dipenegoro. Jarak tempuh dari jajah kampung susur sungai ini adalah 6,55 kilometer.

4. Jajah Kampung 2

Masih ingin menyusuri perkampungan yang ada di pusat kota Jogja maka kamu bisa selesaikan perjalanan sejauh 6,52 kilometer ini. Perjalanan dimulai dari Museum TNI di Terban, Gondomanan dan berakhir di makam Wijaya Brata di Umbulharjo.

5. Taman Pintar

Bila kamu ada di area Malioboro maka bisa pilih rute ini. Menyelesaikan perjalanan hingga 6,17 kilometer dan keliling kota Jogja tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Gairahkan UMKM dan Ikon Baru Wisata Jogja

Dengan adanya rute wisata sepeda Jogja ini diharapkan juga untuk menggairahkan UMKM yang ada di sepanjang rute perjalanan. Selain itu pastinya juga akan menjadi ikon atau tren baru. Dan kamu pastinya harus coba semua rute yang ada

Akan banyak kampung yang berlomba-lomba untuk menata lebih baik agar pengunjung yang datang lebih banyak. Tak hanya sekali, diharapkan mereka akan datang kembali dengan membawa yang lain.

Ketika kamu berkeliling tak hanya mendapat keindahan semata. Lebih dari itu juga ada filosofi dari rute wisata sepeda Jogja ini. Terlebih saat kamu mencoba rute Tilik Jeron Beteng, dipastikan sepanjang jalan ada nilai historis yang akan kamu dapat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *