Serba Serbi Pajak Kendaraan Bermotor yang Harus Kamu Tahu

Memiliki sebuah mobil impian tentu menjadi salah satu keinginan hampir setiap orang. Namun jangan lupa, tak kalah penting adalah memahami serba serbi pajak kendaraan bermotor dan salah satunya adalah membayar pajak mobil tahunan.

pajak kendaraan bermotor
way.com

Sesuai dengan namanya pajak mobil tahunan adalah pajak yang harus dibayar pemilik mobil setiap tahun kepada pemerintah atau negara. Besarnya pajak kendaraaan bermotor tentu akan berbeda satu sama lain dan setidaknya dipengaruhi jenis kendaraan, nilai kendaraan, usia kendaraan, dan peraturan pajak yang berlaku.

Pajak mobil tahunan sebagai kewajiban harus benar-benar diperhatikan. Bila terjadi keterlambatan pembayaran maka jangan kaget bila kemudian dikenakan denda atau sanksi.

Oleh karenanya, ada baiknya sebelum benar-benar memutuskan ingin membeli mobil apa untuk memperhatikan tanggung jawab atau kewajiban yang nanti harus diselesaikan. Jangan sampai kemudian memiliki mobil mewah dan ternyata tidak mampu bayar pajak.

Baca juga: Manfaat NPWP Bagi UMKM

Manfaat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

Ada banyak manfaat bila pemilik mobil tepat waktu membayar pajak mobil tahunan. Seperti kita tahu salah satu pendapatan negara berasal dari pajak. Selanjutnya dari pajak yang ada dikembalikan kepada masyarakat dan salah satunya berupa pembangunan.

Dan berikut beberapa manfaat membayar pajak yang perlu diketahui:

1. Pembangunan dan Pemeliharaan Infrastruktur

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur mayoritas berasal dari pajak. Baik itu jalan yang tetap mulus hingga lampu penerangan yang membuat kita tetap merasa aman berkendara saat malam tiba.

2. Pelayanan Umum

Mereka yang bekerja pada sektor pelayanan umum ini mendapat upah atau gaji dari pajak yang dibayarkan rakyat. Baik itu polisi lalu lintas yang mengatur jalan, pemadam kebakaran yang bekerja 1×24 jam dan posisi lainnya.

3. Perlindungan Lingkungan

Saat ini pemerintah tengah mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya tentu ada insentif dan keringanan pajak bagi mereka yang mau beralih.

Pajak optimal bukan hanya dari apa yang disetor oleh masyarakat. Lebih dari itu tentu saja tata kelola yang tepat sasaran.

4. Mewujudkan Rasa Keadilan

Bila dicermati pajak yang akan dikenakan masing-masing pemilik kendaraan akan berbeda-beda. Semua itu bertujuan untuk memberi rasa keadilan bagi seluruh pihak. Bila tidak percaya coba cek pajak yang tertulis dalam STNK maka beban dikenakan akan disesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Berbicara soal pajak kendaraan pun akan ditemukan beberapa jenis pajak. Semua itu salah satunya sebagai wujud nyata memberi rasa keadilan dan sebagai contoh antara lain:

1. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Semua kendaraan yang digunakan di jalan umum baik motor maupun mobil wajib bayar pajak setiap tahun. Besarnya pajak dibayarkan akan sangat dipengaruhi oleh jenis kendaraan, usia kendaraan, kapasitas mesin, dan daerah tempat kendaraan terdaftar.

2. Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)

Selanjutnya bila kendaraan atau mobil masuk dalam kategori barang mewah maka pajak dikenakan tidak cukup hanya Pajak Kendaraan Bermotor. Namun juga akan dikenakan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) atau pajak yang dikenakan atas penjualan barang mewah dan tarif dikenakan akan bervariasi berdasar jenis kendaraan dan kapasitas mesin.

Pada tahun 2021, pemerintah membagi PPnBM menjadi 3 kategori yakni 0 %, 5 %, dan 30 %. Pengkategorian tersebut berdasar tipe dan kapasitas mesin kendaraan.

3. Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)

Selain 2 pajak kendaraan diatas masih ada Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). Pajak ini akan dikenakan pada mereka yang ingin mengganti kepemilikan kendaraan.

Oleh karenanya menjadi sangat penting usai transaksi jual beli kendaraan untuk kemudian mengurus BBN-KB. Terkait dengan tarif yang ada tentu akan disesuaikan dengan nilai jual kendaraan dan daerah tempat perubahan nama terjadi.

Cukup banyak bukan serba serbi pajak kendaraan bermotor yang bisa jadi akan muncul. Tidak semua akan dikenakan kecuali pajak mobil tahunan bagi semua pemilik mobil yang ada di Indonesia.

Pos terkait