Siapa Sih, Mereka yang Layak Dinobatkan sebagai Pahlawan Masa Kini

Seringkali kita bertanya siapakah yang layak dikatakan sebagai pahlawan masa kini. Apakah hanya mereka yang berani mengorbankan jiwa dan raga untuk negara semisal anggota militer?

kanaljogja.com
Habibie dengan karyanya

Tentu saja tidak, seiring perkembangan jaman tentu semua orang yang bekerja tulus iklas untuk keluarga dan negara yang lebih baik tentu layak disematkan sebagai pahlawan masa kini. Definisi pahlawan kini mengalami pelebaran makna dan semua orang bisa ikut ambil bagian.

Secara kasat mata mungkin ada beberapa profesi yang identik dengan pembawa perubahan. Peran mereka seringkali akan merubah pola pikir masyarakat yang ada disekitarnya.

Mereka antara lain adalah para guru. Profesi yang sejak jaman dulu mendapat julukan pahlawan tanpa tanda jasa ini sampai kapanpun tetap akan disematkan sebagai seorang pahlawan.

Selanjutnya ada seniman yang menghasilkan karya dan mampu merubah dunia. Pekerja seni ini pun sampai kapanpun tetap akan ada.

Dulu ketika jaman perang pun profesi ini juga ada. Hanya saja keberadaan mereka kurang terangkat media.

Peneliti bisa juga dikatakan sebagai pahlawan masa kini. Berkat penemuan mereka hidup manusia menjadi lebih mudah.

Saat ini yang paling mudah ditemui tentu saja profesi atlet. Terlebih olimpiade Brasil yang baru saja berakhir dan mereka yang menggondol medali emas akan dielu-elukan di negaranya.

Tapi pertanyaannya apakah hanya itu saja. Dan jawabannya tentu saja tidak. Ternyata apapun profesinya, semua orang berhak menjadi seorang pahlawan. Minimal untuk keluarga dan orang disekitarnya.

Tidak berhenti disitu, ternyata Supermall Karawaci sebagai pasar modern mampu mencetak pahlawan masa kini. Dimana orang-orang yang ada didalamnya bekerja penuh integritas.

Siap melayani semua pelanggan baik itu internal maupun eksternal. Bekerja sepenuh hati bukan hanya karena mendapat upah setelah tuntas melaksanakan kewajibannya.

Orang-orang yang ada didalamnya bekerja penuh dengan tanggung jawab. Salah satunya yang nampak adalah senantiasa jujur dan disiplin.

Tak ada karyawan atau orang yang ada didalamnya yang berbuat curang atau melakukan kebohongan. Mereka juga senantiasa disiplin dalam melaksanakan setiap kewajiban sehingga semua tugas terselesaikan dengan baik.

Sebagai bagian dalam sebuah pusat perbelanjaan, Supermal Karawaci juga turut serta membangun bangsa. Berapa banyak warga sekitar mall yang dipekerjakan mulai dari pramuniaga, kasir, admin, cleaning service, tukang parkir dan lain-lain.

Disekitar lokasi juga tumbuh sumbur warung-warung yang menjajakan aneka kuliner. Tidak hanya itu saja, tapi dengan subur tumbuh lokasi kos-kosan untuk tinggal mereka yang jauh dari rumah.

Secara sederhana pahlawan masa kini adalah mereka yang memiliki nilai lebih untuk orang lain. Bukan menjadi parasit atau pihak-pihak yang merugikan orang yang ada disekitarnya.

Jadi buat siapapun yang hendak mengisi kemerdekaan RI ke-71 cukup menjadi manusia yang berguna. Berguna disini tentu dalam arti yang positif dan produktif.

Pos terkait