Sistem Keuangan Syariah Dipercaya Menjadi Solusi Keuangan Masa Depan

Sudah tidak jaman lagi membicarakan halal haram dalam proses investasi keuangan dan pembiayaan di tanah air. Toh kalau di katakan sistem bunga mengandung riba dan dikatakan haram maka seluruh bank dan lembaga pembiayaan konvensional di Indonesia hukumnya haram.

keuangan syariah
syariahbukopin.co.id

Apakah dengan mengetahui apa yang mereka lakukan itu haram terus membuat setiap individu berbondong-bondong menarik dananya dari bank konvensional ke syariah atau tidak percaya layanan keuangan yang ada. Tentu saja bukan, tingginya pemahaman seseorang membuat siapa saja berhak untuk menentukan dana yang dimiliki akan di “parkir” dimana.

Melihat tanda-tanda yang ada di tanah air dimana para ilmuwan muslim meyakini bahwa sistem syariah adalah jawaban dari kebutuhan publik dimasa yang akan datang. Semua itu didukung semakin tinggi tingkat kemampuan dan kesadaran seseorang akan ajaran agama maka ia akan memiliki kekecenderungan untuk menggunakan sistem keuangan syariah.

Keuangan syariah dipilih karena telah sesuai dengan ajaran yang berlaku atau berpatokan pada syariat Islam. Kini wajar saja bila semakin banyak bank dan lembaga pembiayaan konvensional atau modern beralih ke syariah. Bukan tanpa alasan, tapi mereka telah berhitung hingga 10 tahun kedepan.

Fakta tak terbantahkan bahwa saat ini Indonesia adalah negara terbesar ketiga yang menggunakan sistem keuangan syariah dan hal ini akan terus bertumbuh. Bisa jadi negara dengan mayoritas muslim di dunia ini akan menjadi nomor satu dalam hal keuangan syariah.

Bagi saya secara pribadi keuangan syariah layak dipilih karena memiliki beberapa kelebihan semisal banyaknya produk yang bisa ditawarkan. Selain itu dirasa lebih adil dan aman bagi kedua belah pihak karena ada akad dan mengacu ajaran agama Islam.

Boleh dong setiap orang menyiapkan apa yang terbaik bagi dirinya tak terkecuali saya. Selain mengikuti pola keuangan syariah tentu saja akan ada sangkut pautnya dengan pasar modal syariah.

Dimana pasar modal yang satu ini juga mengacu pada konsep syariah. Dengan demikan hal-hal yang bertentangan dan membuat sesuatu menjadi haram akan terhindarkan.

Menabung di bank syariah juga membutuhkan perencanaan yang baik. Jangan sampai rencana mengumpulkan uang untuk jangka panjang guna pemenuhan suatu misi kandas karena ada keinginan sesaat.

Salah satu langkah praktis dan konkrit yang bisa dilakukan saat ini adalah sejak dini menggunakan jasa perbankan syariah. Bisa itu berupa bank syariah atau lembaga pembiayaan syariah.

Untungnya saat ini ada beberapa bank nasional yang beralih ke syariah. Begitu juga dengan lembaga pembiayaan yang ada dimana mereka berlomba-lomba menyediakan fasilitas syariah.

Bila hal dilakukan sejak dini, manfaat yang coba ditawarkan sistem layanan syariah tersebut akan dirasakan segera oleh yang bersangkutan. Dengan menabung di bank syariah atau menggunakan jasa lembaga pembiayan syariah itu artinya kita telah mulai mewujudkan harapan jangka panjang dimana industri keuangan yang ada menerapkan nilai-nilai yang ada dalam ajaran agama yakni mengacu keuangan syariah.

Pos terkait