Pentingnya Skrining Kesehatan untuk UMKM; Sehat atau Perlu Rawat Jalan

Bisnis atau usaha dan dalam hal ini Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak ubahnya manusia. Perlu juga untuk dilakukan Skrining Kesehatan untuk UMKM. Tujuannya untuk memastikan apakah usaha benar-benar sehat atau perlu rawat jalan.

skrining kesehatan untuk umkm
@duniartiayu

Jangan sampai kemudian terus berlarut dan tanpa disadari usaha dijalankan mengalami keterpurukkan tapi dipaksa terus berjalan. Dapat dibayangkan apabila kita sedang sakit dan dipaksa untuk terus bekerja. Yang ada kemudian harus menuju IGD untuk mendapat penangganan lebih lanjut.

Diantara sekian banyak kelemahan yang ada pada UMKM pada umumnya lebih pada laporan keuangan. Ada sebagian yang hanya mencatat uang keluar dan masuk dan lebih banyak tidak ada catatan sama sekali.

Ada juga anggapan yang paling penting usaha masih terus berjalan. Ada uang modal dan selisih keuntungan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan dan harus ada sejumlah upaya untuk bagaimana masing-masing pelaku usaha mengetahui posisi sesungguhnya ada dimana. Terutama berkaitan dengan laporan keuangan sebagai dasar apakah usaha sehat atau perlu rawat jalan.

Baca juga: Workshop Penilaian Kelayakan Usaha

Skrining Kesehatan untuk UMKM

Guna menjawab masalah tersebut Rumah LUNAS Jogja hadir dan berupaya memberikan solusi. Bukan hanya sekadar teori tapi langsung praktik. Di mana setiap pelaku usaha akan langsung dilibatkan dalam kerja nyata untuk mengetahui kondisi kesehatan usaha dan apa yang harus dilakukan.

Rumah LUNAS Jogja memberi kesempatan bagi seluruh pelaku UMKM untuk belajar banyak tentang laporan keuangan. Salah satu tujuannya sebagai upaya skrining kesehatan untuk UMKM.

Namun tak hanya itu saja tapi ada banyak hal bisa dilakukan dengan data yang akurat. Berbagai keputusan strategis bisa diambil pasca mengetahui kondisi kesehatan usaha. Tak mudah tentunya dan butuh sosok pendamping untuk sampai pada tahap tersebut.

Optimalkan Platform UMKM Layak

Kini telah hadir salah satu tools yang bisa digunakan untuk skrining kesehatan sebuah usaha. Tools tersebut bernama UMKMLayak besutan salah satu BUMN tanah air.

Dengan tools ini maka kondisi usaha akan terbaca sangat baik. Tak ubahnya catatan dibidang kesehatan, UMKMLayak juga mampu hadirkan data yang telah lampau dan rekomendasi apa saja yang harus dilakukan beserta tahapannya.

Tak ada lagi kebingungan dan pertanyaan, “Sebenarnya usaha saya itu sehat atau tidak, baik-baik saja atau tidak?” Semua itu berkat tools yang bisa dibaca dan digunakan semua pelaku usaha.

Bagi yang penasaran silakan datang ke Rumah LUNAS Jogja yang ada di Gang Cerme, Gk IV, Jalan Pengok Kidul, Baciro, Gondokusuman, Kota Jogja. Layanan ini dibuka mulai Rabu, 20 September 2023, dari Senin – Sabtu dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Sangat disarankan sebelum datang untuk konfirmasi ke nomor telepon 087865806206. Jangan sampai terjadi antrean panjang dan menunggu terlalu lama. Boleh juga untuk ajak sesama pelaku UMKM agar sama-sama tercerahkan.

Pos terkait