Kemantren Gondokusuman Susul Notoprajan Gelar Workshop Penilaian Kelayakan Usaha

UMKM melek digital ditunjukkan pelaku usaha di Kota Yogyakarta. Setelah Notoprajan kini Kemantren Gondokusuman mengadakan Workshop Penilaian Kelayakan Usaha.

Workshop Penilaian Kelayakan Usaha
Duniarti Ayu

Kegiatan sebagai upaya UMKM Naik Kelasa ini diselenggarakan Rumah LUNAS Jogja di Ruang Langensari Kantor Kemantren Gondokusuman, Senin, 18 September 2023. Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Gondokusuman Guritno, A.P. menegaskan bahwa semangat pelaku usaha dan rasa haus akan ilmu itu perlu dijaga. Hal ini sebagai upaya UMKM naik kelas bisa terwujud.

Workshop kali ini didampingi Karinda selaku pendamping UMKM di Rumah LUNAS (Layanan UMKM Naik Kelas) Jogja. Dengan cekatan perempuan cantik ini membantu para pelaku usaha untuk tahu dan paham apa yang harus dilakukan.

Berbeda dengan workshop pada umumnya yang cenderung manual dan menggunakan pencatatan buku. Pada workshop kali ini peserta diperkenalkan platform UMKM Layak besutan Jamkrindo.

Pencatatan Keuangan sebagai Kegiatan Rutin

Paling penting untuk mengetahui progres sebuah usaha harus ada pencatatan keuangan. Bagaimana setiap transaksi, baik itu uang keluar maupun masuk harus tercatat secara detail. Tidak boleh ada yang namanya salah catat atau tidak mencatat karena ini akan memengaruhi data secara keseluruhan.

Hal utama yang diajarkan Rumah LUNAS dengan UMKM Layak adalah membuat laporan keuangan. Di dalamnya selain ada aktiva dan pasiva juga ada laba rugi.

Dengan pencatatan ini maka pelaku usaha akan tahu kondisi sesungguhnya ada di mana. Sebagai contoh, pelaku UMKM yang memroduksi peyek. Selama ini tidak pernah melakukan pencatatan dan setelah melakukannya ternyata omset didapat jauh dari UMR Jogja.

Apabila pencatatan ini dilakukan secara konsisten maka keuntungan sesungguhnya akan diketahui. Dan bila ada kebocoran penganggaran pun akan langsung terdeteksi.

Karinda berpesan bahwa platform UMKM Layak ini bisa digunakan secara cuma-cuma atau gratis. Caranya cukup dengan mengakses umkmlayak.co.id dan mengisi data apa adanya.

Nantinya berbagai data dan rekomendasi akan muncul dan bisa digunakan sebagai masukan. Skoring ini menjadi penting karena pelaku UMKM dapat mengetahui posisinya saat ini ada di mana.

Workshop Penilaian Kelayakan Usaha

Pertanyaan selanjutnya seberapa siap pelaku UMKM untuk naik kelas. Salah satunya dengan melek teknologi dan menggunakan berbagai instrumen yang ada. Mengikuti workshop penilaian kelayakan usaha hanya sebatas awalan yang kemudian harus diikuti berbagai kegiatan positif lainnya.

UMKM Layak tidak saja membantu dalam merapikan pencatatan keuangan. Lebih dari itu mereka juga menyediakan pendanaan bagi pelaku usaha yang membutuhkan.

Selain itu juga tersedia pelatihan yang dibutuhkan para pelaku UMKM. Hampir bisa dikatakan semua pelatihan itu bisa diakses dengan gratis dan sangat sayang bila kemudian tidak dioptimalkan.

Pos terkait