Tips Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Tak ada seorangpun di dunia ini yang ingin sakit. Namun kondisi itu sering kali terjadi secara tiba-tiba. Menjadi penting kemudian untuk memahami berbagai tips memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan.

asuransi kesehatan
pixabay.com

Dikatakan sesuai dengan kebutuhan karena seperti kita tahu saat ini ada banyak asuransi yang coba ditawarkan. Salah pilih bisa jadi polis tidak meng-cover secara optimal.

Padahal bila cukup jeli maka akan mendapat asuransi kesehatan yang menjawab kebutuhan seluruh anggota keluarga. Bila poin ini dapat dipenuhi maka hampir bisa dipastikan polis akan bekerja optimal.

Salah satu yang cukup direkomendasikan adalah asuransi kesehatan terbaik bri life dasetera. Menjawab dan memberi solusi terbaik diantara banyaknya pilihan terbaik asuransi online. Di mana kita tidak perlu datang ke kantor asuransi hanya sekadar mengisi form.

Di mana BRI hadir bukan hanya sebagai lembaga perbankkan semata. Lebih dari itu mereka juga miliki produk asuransi kesehatan terbaik.

Mengenal Apa Itu Asuransi Kesehatan

tips memilih asuransi-kesehatan-terbaik
lifepal.co.id

Dikutip dari lifepal.co.id asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberi jaminan kepada tertanggung untuk mengganti setiap biaya pengobatan. Didalamnya termasuk biaya medis, operasi / pembedahan, obat-obatan sampai dengan biaya perawatan gigi.

Dengan demikian jelas produk ini akan meng-cover bila seseorang dalam hal ini tertanggung membutuhkan biaya sebagaimana yang telah diatur dalam polis asuransi.

Dalam praktiknya produk asuransi kesehatan saat ini begitu melimpah. Di mana banyak penyedia produk asuransi berlomba-lomba memberikan produk atau perlindungan sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya siapapun itu yang hendak membeli produk asuransi harus lebih jeli dan memahami poin-poin yang ada dipolis. Jangan sampai salah pilih karena bisa jadi manfaat diterima tidak akan optimal.

Semisal mereka yang bekerja di area perkantoran tentu akan berbeda kebutuhan asuransi dengan mereka yang bekerja di area pabrik. Hal ini karena penyakit yang akan muncul dikemudian hari pun akan berbeda-beda.

Tak ingin merasa dibohongi, padahal jelas itu adalah kelalaian individu maka baca dan cermati dengan seksama polis yang ada. Beberapa poin diantaranya adalah risiko penyakit ditanggung, nilai uang pertanggungan, manfaat asuransi kesehatan didapat, hak dan kewajiban masing-masing pihak, pengecualian proteksi sampai dengan proses klaim.

Tips memilih asuransi kesehatan yang harus diketahui:

Secara sederhana setidaknya ada 7 tips memilih asuransi kesehatan. Semua poin harus terjawab sejak awal sebelum benar-benar memutuskan. Ke-6 tips memilih asuransi kesehatan dimaksud adalah:

1. Pahami Kebutuhan yang Sesungguhnya

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa kebutuhan masing-masing orang (keluarga) itu berbeda-beda. Menjadi penting kemudian untuk benar-benar memahami kebutuhan sesungguhnya apa.

Jangan sekali-kali membeli produk asuransi hanya karena tren atau ikut-ikutan semata. Bila tren bisa jadi tahun depan sudah tidak akan dibutuhkan lagi.

Sementara itu bila ikut-ikutan bisa jadi manfaat didapat tidak akan sesuai.

2. Cek 3 Harga

Kegiatan ini bukan hanya mengetahui harga dari masing-masing penyedia asuransi saja. Lebih dari itu harus ada upaya perbandingan.

Membandingkan produk sejenis dengan produk yang lain akan memudahkan mana yang sesungguhnya sesuai dengan kebutuhan. Tanpa kegiatan ini bisa jadi hanya akan asal-asalan dalam memilih produk asuransi.

3. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Salah satu kesalahan fatal mereka yang ingin membeli produk asuransi adalah tidak melihat latar belakang perusahaan asuransi. Mereka yang miliki track record buruk ada baiknya segera tinggalkan.

Cari perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Kini dengan adanya mesin pencari (google) akan sangat mudah bagi kita menemukan mana yang terbaik dan recommeded.

4. Perhatikan Jaringan Rumah Sakit / Layanan

Selanjutnya perhatikan pula jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Pastikan ditiap kota ada atau minimal di mana kita tinggal ada cukup banyak pilihan.

Bila ternyata mereka tidak miliki cukup jaringan maka hampir bisa dipastikan kita akan kesulitan dalam proses klaim. Tak ingin bukan bila tiba-tiba sakit ternyata rumah sakit di dekat kita menolaknya.

5. Fleksibilitas Premi dan Manfaat

Kini banyak perusahaan asuransi online yang tawarkan fleksibilitas premi dan manfaat. Artinya kita akan mencoba mengeluarkan biaya sedikit mungkin untuk manfaat optimal.

Meski tidak semua bisa di-cover tapi paling penting adalah potensi penyakit yang akan muncul sudah ditanggung. Wajar kemudian bila ada asuransi kesehatan yang khusus meng-cover penyakit jantung atau paru-paru semata bukan.

6. Proses Klaim Mudah

Tak kalah penting adalah bagaimana proses klaim cukup mudah. Tanpa ribet dan tanpa butuh waktu lama dan langsung bisa ditangani.

Saat ini, poin nomor 6 ini menjadi dagangan atau nilai jual mayoritas perusahaan asuransi. Di mana mereka menawarkan proses klaim mudah karena perusahaan asuransi tahu betul keluarga yang sedang sakit ingin segera terbantu.

Jangan pernah percaya secara langsung dengan janji manis yang ditawarkan sales asuransi. Cari informasi secara mandiri dan buktikan kebenarannya baru kemudian putuskan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.