Tips Sukses Memperoleh Bantuan Dana dari Venture Capital

Venture Capital adalah lembaga yang biasanya memberikan bantuan keuangan untuk perusahaan-perusahaan startup atau perusahaan yang masih dalam proses pengembangan. Dana atau uang yang akan diberikan sebagai bantuan biasanya berasal dari para investor.

interview, negosiasi
chandlermacleod.com

Dana yang diberikan pada perusahaan-perusahaan startup nantinya akan ditukar dengan saham dari kepemilikan perusahaan tersebut. Oleh karena itu, banyak dari perusahaan-perusahaan baru yang menggunakan layanan ini untuk membangun usahanya.

Tips Agar Sukses Memperoleh Bantuan Dana dari Venture Capital

Memperoleh bantuan dana dari Venture Capital merupakan impian dari banyak perusahaan-perusahaan startup. Namun karena perusahaan startup masih terbilang baru, maka dibutuhkan strategi yang tepat agar dapat dengan mudah memperoleh bantuan dana dengan lancar dan mudah.

Beberapa tips yang bisa dilakukan agar perusahaan Anda dapat dengan mudah memperoleh bantuan dana dari Venture Capital antara lain:

1. Siapkan Bisnis Plan dengan Baik

Sebelum memberikan bantuan dana, tentu saja investor perlu mengetahui rencana bisnis Anda ke depan. Jika bisnis plan yang Anda susun menarik dan dianggap menguntungkan, maka tentu saja investor akan memberikan bantuan kepada perusahaan Anda.

Bisnis plan dapat dikatakan baik apabila bisnis plan tersebut dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Kemudian gunakanlah kalimat efektif yang bisa menjelaskan isi secara jelas dan tidak bertele-tele. Selain itu cantumkan data-data yang akurat sebagai penunjang dari bisnis plan Anda.

2. Tawarkan Ide Bisnis yang Unik

Ide yang unik merupakan sebuah pemikiran yang baru dan belum pernah dicetuskan sebelumnya. Selain itu, ide bisnis juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan pasar di masa sekarang dan di masa yang akan datang.

Pastikan bisnis ini dapat berkembang dan bertahan lama. Hal ini tentu saja dapat menarik minat investor untuk memberikan bantuan dana karena merasa akan mendapatkan keuntungan dari bisnis yang Anda rintis.

3. Siapkan Kemampuan Bahasa yang Baik

Salah satu proses untuk mendapatkan bantuan dana dari Venture Capital adalah pertemuan secara langsung. Jelaskan mengenai bisnis Anda dengan bahasa yang mudah dimengerti dan menarik.

Kemampuan dalam berbahasa sangat dibutuhkan pada saat seperti ini. Investor akan menilai dari cara penyampaian Anda apakah meyakinkan dan jelas. Jika Anda berhasil meyakinkan investor, maka Anda akan dengan mudah memperoleh bantuan dana.

4. Siapkan Tenaga dan Mental yang Kuat

Pada akhirnya tenaga dan mental yang kuatlah yang menentukan apakah Anda bisa melewati berbagai proses dengan mudah. Karena jika mental lemah, maka pada saat pertemuan langsung dengan investor akan membuat Anda menjadi gugup.

Segala hal yang sudah dipersiapkan sejak lama dan matang akan hilang begitu saja jika Anda gugup. Selain itu jika Anda terlihat gugup, maka penjelasan yang disampaikan tidak akan terlihat meyakinkan.

Hal ini akan membuat investor akan berpikir dua kali untuk memberikan bantuan dana kepada perusahaan Anda. Oleh karena itu siapkan mental Anda dengan sebaik mungkin, agar pada saat bertemu dengan investor semua berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diinginkan.

Karena akan menjadi percuma jika Anda sudah menyiapkan seluruhnya dengan matang, tetapi gagal pada saat menjelaskan. Pada akhirnya perusahaan Anda akan gagal menerima bantuan.

Demikianlah beberapa tips agar sukses memperoleh bantuan dana dari Venture Capital. Bagi Anda starup yang bingung mencari solusi pendanaan, Anda dapat mengunjungi web convergencevc.com untuk mendapatkan info mengenai bantuan dana bagi perusahaan startup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *