Home Inspiratif Unik dan Mak Nyess Hanya ada di Bantul, 1 Keluarga, 1 KK,...

Unik dan Mak Nyess Hanya ada di Bantul, 1 Keluarga, 1 KK, 4 Agama Berbeda

2 456

Ditengah riuhnya isu agama yang cukup sensitif di tanah air ada satu keluarga di Bantul yang mendamaikan. Bagaimana tidak, dalam 1 KK ada 4 agama berbeda mulai dari Islam, Budha, Kristen Karismatik dan Kristen Jawa.

kerukunan keluarga sumulyo halim

tribunnews.com


Bila kamu penasaran silakan datang dan bersilaturahmi dengan keluarga Djoni Efendi Halim yang ada di Dusun Mandingan, Desa Ringinharjo, Kabupaten Bantul. Dikutip dari Kompas.com diketahui bahwa Djoni selaku kepala keluarga menganut agama Islam, sang istri yang diketahui bernama Vivi beragama Budha, anak pertama yang bernama Sumulyo Halim beragama Kristen Karismatik dan si bontot Sujono Salim memilih Kristen Jawa.

Konon, asal usul perbedaan agama ini didapat dari perjalanan masing-masing anggota keluarga. Pada mulanya keluarga Djoni beragama Budha dan pada suatu ketika ia melakukan perjalanan ke Jawa Barat dan merasa mantap untuk menjadi mualaf.

Sementara itu perubahan agama Sumulyo terjadi pada saat berusia 7 tahun dimana ia mantap memilih Kristen Karismatik dan adiknya Kristen Jawa.

Meski dalam 1 keluarga terdapat 4 agama berbeda tapi mereka mengaku saling mendukung satu sama lain. Hal ini terlihat dari beberapa kita suci dan alat ibadah yang ada di dalam rumah.

Di bulan ramadan ini saat Djoni menjalankan ibadah puasa, sang istripun senantiasa menyiapkan menu untuk sahur dan berbuka. Pun demikian saat Vivi yang beragama Budha sedang merayakan waisak, suami dan buah hatinya pun membantu persiapannya.

Dengan demikian dalam satu keluarga ini tentu saja akan menjalani berbagai hari raya yang ada di tanah air. Mungkin di tempat lain masih ada 1 KK, 4 agama berbeda dan semua itu tidak perlu diperdebatkan karena berhubungan dengan keyakinan masing-masing.

2 COMMENTS

Leave a Reply