Home Jogjakarta News 13 Jogja Unik Yang Perlu Diketahui

13 Jogja Unik Yang Perlu Diketahui

0 689

Jogja Istimewa dipilih sebagai logo dan tagline terbaru setelah sebelumnya menggunakan jogja never ending asia. Kata tersebut sangatlah beralasan karena berbicara tentang Jogja memang ditemukan banyak keistimewaan.

youtube.com

youtube.com


Bagi kamu yang belum tahu apa saja keunikan sekaligus keistimewaan wilayah yang satu ini ada baiknya cermati 13 Jogja unik berikut ini :

1. Kepala Pemerintahan seorang raja

Salah satu alasan Jogja dikenal sebagai daerah istimewa adalah kepala pemerintahannya yang seorang raja. Dimana Raja Kraton Ngayogyokarto sekaligus menjabat sebagai Gubernur. Oleh karena itu tidak ada pemilu lima tahunan untuk memilih orang nomor satu.

2. Jogjakarta bukan propinsi tapi setara propinsi

Banyak pihak yang belum menyadari bahwa Jogjakarta bukanlah propinsi melainkan wilayah setara propinsi yang memiliki oronomi khusus. Status tersebut telah ada sejak sebelum jaman kemerdekaan dan oleh karena itu dijaga hingga sekarang.

3. Garis imajiner membentang dari ujung utara hingga selatan

Unik memang, ternyata bila dilihat menggunakan satelit maka akan terlihat garis lurus yang membentang dari Merapi hingga Pantai Selatan. Uniknya garis tersebut menghubungkan Merapi – Tugu Jogja – Kraton – Panggung Krapyak – Pantai Selatan.

4. Daerah dengan julukan terbanyak

Jogja memiliki julukan yang sangat banyak. Mulai dari Kota Pelajar, Kota Gudeg, Kota Pariwisata, Kota Pasar Tradisional, Kota Seniman, Kota Budaya dan masih banyak lagi. Dalam kamus wikipedia Indonesia tak kurang ada puluhan nama atau julukan yang melekat pada wilayah yang terdiri dari 1 kotamadya dan 4 kabupaten ini.

5. Nama kota yang bisa dipotong tanpa merubah arti

Baik Jogjakarta maupun Yogyakarta bisa dipotong menjadi Jogja dan Yogya. Selain daerah yang satu ini tentu tak ada wilayah lain yang bisa diberi perlakukan sama. Meski terjadi pemotongan tapi tidak merubah arti sehingga mau diucapkan penuh atau sepenggal sama saja.

6. Pemilik nama alias terbanyak

Sering dikehidupan sehari-hari kita mendengar nama Jogja, Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Ngayogyokarto, Yojo. Semua nama tersebut tentu merujuk pada satu wilayah yang tidak perlu diperdebatkan.

7. Satu-satunya kota yang pernah menjadi ibukota negara selain Jakarta

Mungkin semua orang hanya tahu kalau Jakarta yang dari dulu sebagai ibukota negara. Tapi tak banyak yang tahu kalau Jogja pun pernah digunakan sebagai ibukota negara. Salah satu bukti yang tak terelakkan tentu saja adanya Istana Negara yang ada di samping Titik Nol Kilometer.

8. Banyak tokoh organisasi besar lahir ditempat ini

Siapa yang tidak tahu dengan Presiden Soeharto, Presiden Megawati, Amin Rais, Affandi, Wapres Boediono lahir di Jogja. Selain itu ada organisasi besar seperti Muhammadiyah dan Taman Siswa juga lahir di kota yang satu ini.

9. Tugu Jogja berubah bentuk tapi tetap menjadi landmark

Sedikit yang tahu kalau Tugu Jogja itu aslinya bernama Golong Giling. Publik lebih mengenalnya sebagai Pal Putih. Perubahan bentuk ini terjadi akibat gempa besar yang merusak sebagian bangunan yang ada.

10. Selokan Mataram

Selokan ini dibangun atas inisiasi dari Sri Sultan ke IX untuk mencegah tenaga kerja lokal keluar pula. Meski mereka dipaksa kerja paksa tapi kini anak cucu mereka menikmati jerih payahnya berupa saluran irigasi untuk seluruh rakyat Jogja.

11. Pemilik Jembatan Gantung (tanpa pilar) Terpanjang No 2 di Dunia

Tak banyak yang tahu kalau di Kulon Progo memiliki jembatan gantung terpanjang no 2 di dunia. Jembatan tersebut hingga sekarang masih difungsikan padaal usianya telah lebih dari setengah abad.

12. Kearifan lokal yang terasa kuat

Berkunjung ke Jogja akan memberi kesan ramah. Hal ini karena kearifan lokal yang hingga kini masih terjaga. Terlebih bila berkunjung ke daerah pinggiran maka akan ditemukan suasana Jogja se Jogja Jogjanya.

13. Kota 1000 Kenangan

Bukan tanpa alasan, Jogja banyak dipilih untuk wisata atau menuntut ilmu dan membuat siapa saja yang pernah berkunjung akan memiliki kenangan. Oleh karena itu banyak orang yang pernah ke Jogja berkeinginan ke Jogja kembali. Tak sedikit diantara mereka untuk mengulang kenangan yang dulu pernah ada.