13 Rumah Makan Nuansa Pedesaan di Jogja

  • Whatsapp

Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner berbasis pedesaan. Diantara sekian banyak tempat makan nuansa pedesaan setidaknya ada 13 lokasi yang layak pilih.

Disini kamu bisa menyusuaikan budget karena masih ada tempat makan nuansa pedesaan yang menyajikan menu harga dibawah belasan ribu.

1. Gubuk Makan Iwak Kalen

iwak kalen
iwakkalen.com

Gubuk Makan Iwak Kalen menjadi salah satu lokasi favorit saya. Terlepas letaknya yang tak jauh dari tempat saya tinggal harganya benar-benar ramah kantong.

Tak sedikit rekan dan teman saya yang berasal dari luar kota selalu saja ajak ke sini. Di warung makan sederhana ini banyak ditemukan berbagai menu yang mungkin sering saya konsumsi saat masih kanak-kanak semisal ikan cetul, kotes, urang dan lain-lain.

Alamatnya ada di Jalan Godean Km 9 dan sangat mudah ditemukan. Dari Tugu Jogja cukup mengambil jalan arah Godean dan letaknya ada di sisi kanan. Untuk memudahkan pengunjung juga terdapat plang nama yang cukup besar.

2. Warung Kepik Sawah

Warung kepik sawah bisa dibilang 11/12 dengan Iwak Kalen. Terlebih letaknya yang memang tak berjauhan dan biasanya akan menjadi alternatif bila sudah mencoba Iwak Kalen. Pun demikian pengunjung Warung Kepik Sawah dimana para pengunjung biasanya juga akan mencoba referensi yang berbeda.

Bedanya bila berada di Warung Kepik Sawah seolah pengunjung akan dibawa ke masa lalu. Banyaknya ornament jadul memberi kesan mereka benar sedang ada di desa. Untuk menu juga terdapat aneka olahan tempo dulu.

3.Pondok Makan Pelem Golek


Untuk menemukan suasana desa yang sebenarnya mungkin bisa berkunjung ke rumah makan ini. Berada di ruas jalan menuju objek wisata Kaliurang tepatnya di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7, Sleman.

Suasananya sangat sejuk terlebih saat menikmati kuliner di pendopo atau gubuk yang berdekatan dengan aliran sungai. Menu yang disediakan tempat makan ini sangat variatif hingga mendapat julukan 1001 menu. Jangan lupa sebelum memesan yang lain pastikan menu olahan ikan sebagai pilihan utama.

4. Westlake Resto

Masih diarea sekitar saya tinggal masih terdapat tempat makan yang adem banget. Westlake Resto demikian nama tempat makan tersebut, meski namanya kebarat-baratan tapi jangan salah disini terdapat seabreg menu lokal.

Berada di aliran sungai bedog dan bersebelahan dengan Selokan Mataram dan Ring Road Barat membuat tempat ini begitu mudah ditemukan. Disini kamu tidak hanya bisa berkuliner ria tapi bisa juga melakukan aneka macam kegiatan karena terdapat fasilitas layaknya resort.

5. Mang Engking

Nama Mang Engking mungkin begitu mudah ditemukan karena tempat makan nuansa pedesaan ini menjamur diberbagai kota tak terkecuali di Jogja. Di Jogja sendiri setidaknya terdapat 2 lokasi yang bisa dipilih yakni Mang Engking Soragan dan Minggir.

Saat kamu berkunjung ke Resto Mang Engking Soragan castle maka tidak saja ditemukan nuansa pedesaan tapi juga perpaduan Eropa. Begitupun soal menu yang bisa dipilih tentunya bisa disesuaikan dengan lidah pengunjungnya.

6. Boyong Kalegan

Masih berada di sisi Jogja utara tepatnya di Jalan Raya Pakem Turi akan ditemukan Rumah Makan Boyong Kalegan. Disini pengunjung tidak saja dimanjakan dengan rumah makan nuansa pedesaan tapi juga aneka permainan di dalamnya.

Masih dengan menu utama ikan segar tentu akan menjadi lebih istimewa saat disantap di rumah makan apung. Berdasar informasi yang ada rumah makan ini adalah salah satu pioneer tempat makan dengan konsep rumah apung.

7. Bumi Langit Institut

Bumi Langit Institut kian populer pasca kedatangan mantan Presiden Barack Obama beberapa waktu lalu. Sosok tokoh dunia kaliber pemimpin negara adi kuasa pun menyambanginya.

Rumah makan ini juga menyajikan banyak hal menarik terutama aneka olahan tanpa pestisida. Di jamin go green banget tanpa mengeser cita rasa yang begitu memikat.

Terletak di Jalan Imogiri Mangunan sehingga bisa dijadikan satu paket dengan objek wisata lain yang ada di wilayah Mangunan.

8. Banyu Mili

Berada di rumah makan nuansa pedesaan tapi ingin mencoba menu beda. Coba saja datang ke Banyu Mili Resto karena di tempat ini terdapat aneka olahan berdasar udang dan kepiting layaknya menu sea food.

Selain itu jangan ragu bawa rekan sebanyak-banyaknya karena terdapat beberapa paket kuliner yang menarik. Selain terdapat danau buatan di rumah makan ini juga terdapat hutan mini.

9. Kopi Klotok

Diantara sekian banyak lokasi yang ada mungkin Kopi Klotok adalah salah satu rumah makan yang berani menyajikan aneka olahan ala pedesaan. Tak hanya itu dari cara menikmati dan suasana yang nampak tempat ini lah yang dirasa paling istimewa.

Untuk harga juga terbilang sangat ramah kantong. Konon, menu pedesaan yang kuat terasa tercipta dari si juru masak. Bukan masterchef atau sarjana kuliner tapi beliau adalah orang yang ahli dalam masakan Jawa karena usianya telah sepuh atau tua.

10. Bale Bengong

Di Jogja dan kangen atau penasaran menu ala Pulau Dewata. Mungkin kamu bisa berkunjung ke Bale Bengong karena rumah makan ini menyajikan kuliner Bali.

Begitu memasuki rumah makan yang ada di Jalan Solo Km 12 maka pengunjung seolah terhipnotis. Seolah ada di Bali karena berbagai ornamen yang ada layaknya di pulau terindah tersebut. Terlebih saat menyantap berbagai menu yang diolah dengan bumbu khas Bali.

11. Abhayagiri Resto

Pengelola tahu betul bahwa kini yang menjadi daya tarik terhadap bidang kuliner bukan saja soal rasa. View atau pemandangan yang disuguhkan pun akan menjadi pertimbangan.

Tahu betul apa yang dibutuhkan anak muda, Abhayagiri Resto mencoba menyuguhkan keduanya. Wajar kiranya bila tempat ini kian populer bukan sekedar untuk makan semata tapi juga untuk berburu matahari terbenam dan romantisme.

12. Joglo Pari Sewu

Joglo Pari Sewu mungkin tempat makan yang tidak terlalu luas. Namun spot yang disuguhkan begitu istimewa karena berada di sebuah Joglo di tepi sungai.

Yang unik dari Joglo Pari Sewu tentu saja variansi menu yang dihadirkan. Pengelola senantiasa update tentang apa saja yang sedang digemari anak muda Jogja. Jadi bila berkunjung ke tempat ini bisa dipastikan kamu tidak akan ketinggalan info kuliner yang sedang hits.

13. The Manglung Café

manglung cafe
kanaljogja.id

Bila hampir seluruh rumah makan diatas berada di Sleman maka lain halnya dengan The Manglung cafe. Tempat asyik ini berada di Jalan Ngoro Ngoro Ombo no 16 Patuk, Gunungkidul.

Tempat ini akan mencapai puncak keramaian pada sore atau malam hari. Biasanya mereka adalah wisatawan usai berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di Gunungkidul.

Mungkin bila kamu berada di Jogja dan menemukan berbagai tempat makan atau nongkrong menarik berbasis pedesaan bisa menulis di kolom komentar untuk ditambahkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *