Kreatif, Warga Sulap Selokan Menjadi Wahana Edukasi Kekinian

  • Whatsapp

Empat jempol layak diberikan untuk warga Dusun Manggung, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Mereka sukses merubah selokan yang semula hanya sebatas aliran air menjadi wahana edukasi kekinian.

Dikatakan kekinian karena memang selokan tersebut berubah layaknya wahana edukasi zaman now. Warna-warni sepanjang selokan ditambah ribuan ikan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Tak jarang para wisatawan yang berkunjung ke Bantul, khususnya Wukirsari menyempatkan diri untuk swafoto ditempat ini. Satu pengalaman yang berbeda bila biasanya mereka melihat ikan dalam akuarium kini terpampang dialiran selokan sepanjang 150 meter.

Kalen Edukasi Lupatmo demikian mereka menyebut wahana yang telah ada sejak beberapa bulan lalu ini. Kalen tak lain adalah bahasa Jawa dari selokan. Edukasi yang berarti pendidikan menjadi upaya untuk memberi pemahaman pentingnya menjadi lingkungan.

Dan Lupatmo sendiri merupakan akronim dari Telu Papat Limo. Hal ini karena kalen ini terletak di RT: 3, 4 dan 5.
https://kanaljogja.id/batik-berkah-lestari-target-social-trip-bersama-dompet-dhuafa/
Untuk memberi kesan indah ditambahkan beberapa jembatan dan kincir angin membuat siapa saja enggan angkat kaki. Ditambah adanya ribuan ikan yang akan menyegarkan mata.

Berdasar informasi dari masyarakat sekitar Wahana Edukasi Kekinian ini muncul secara tidak sengaja. Banyaknya sampah di sekitar selokan membuat mereka tergerak.

Pada tertengahan tahun 2017 munculah sebuah ide atau gagasan untuk menyulap selokan. Bukan saja bersih tapi juga memiliki nilai lebih. Salah satu upaya yang cukup efektif selain mempercantik juga menebar ikan. Walhasil kini tak ada lagi satupun warga yang membuang sampah sembarangan.

Pemilihan jenis ikan mulai dari ikan mas, nila, nilam, tombro dan sejenisnys dinilai lebih pas. Hal ini karena jelas lebih sedap dipandang mata daripada yang sebelumnya dengan adanya ikan lele dan bawal.

Bermain diwahana edukasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun bila ingin memberi pakan maka akan dikenakan biaya yang sangat murah sekali. Biaya itu digunakan untuk membeli pakan sehingga bisa digunakan pengunjung yang akan datang.

Penasaran bukan, yuk datang aja ke Kalen Edukasi Lupatmo bersama buah hati.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Anak-anak pada suka, ikan bisa dikasih makan, yang numpang lewat juga bisa liat. Asal gak dijahilin sama orang iseng bagus banget nih.