3 Penyebab Nyeri Haid Tidak Normal

Setiap wanita tentu pernah mengalami kram di perut saat haid. Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi sejak ada pil anti kram haid iFree. Produk tersebut memang telah terbukti ampuh dan terpercaya untuk meredakan rasa nyeri. Tetapi, Anda tetap perlu waspada terhadap berbagai nyeri agar mencari solusi penanganan paling tepat, khususnya jika nyeri tidak normal.

nyeri haid
palapanews.com

Inilah 3 Faktor Penyebab Nyeri Haid Tidak Normal

Nyeri haid di awal periode selama beberapa hari saja memang normal dialami oleh banyak wanita. Rasa nyeri hingga kram bisa berbahaya dan dianggap tidak normal ketika Anda mengalami berbagai gejala. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan nyeri menjadi tidak normal, dan dapat berdampak lebih parah bagi kesehatan jika tidak segera diatasi.

Anda akan bisa mengatasinya dengan tepat jika Anda mengetahui beberapa faktor penyebab nyeri terlebih dahulu, seperti di bawah ini.

1. Gangguan Penyakit

Berbagai gangguan penyakit merupakan faktor besar yang memengaruhi rasa nyeri pada perut saat haid. Gangguan utama bisa disebabkan karena penyakit rahim, seperti miosis, fibroid rahim, radang panggul, dan masih banyak lagi. Penyakit-penyakit ini akan menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan dan tidak normal.

2. Stres dan Kurang Beristirahat Teratur

Kondisi mental dan kelemahan fisik selama masa menstruasi juga sangat mempengaruhi kelancaran darah yang meluruh pada rahim. Stres bisa menyebabkan rasa nyeri haid semakin parah dan waktunya pun bisa berlangsung lama. Kurang beristirahat sehingga membuat badan lelah pun begitu, tidurlah secara teratur agar rasa nyeri normal kembali.

3. Pola Konsumsi Makanan

Tingkat keparahan saat nyeri haid juga bisa disebabkan karena pola konsumsi makanan dan minuman. Makanan dengan cita rasa pedas berlebihan, berlemak, dan minuman beralkohol atau es, sangat tidak baik dikonsumsi ketika sedang haid. Hal tersebut akan menyebabkan reaksi pada rahim sehingga darah yang keluar tidak lancar sehingga muncul nyeri abnormal.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas, Anda harus mengetahui faktor penyebab nyeri haid yang normal terlebih dahulu. Salah satu di antaranya seperti menjaga kondisi fisik dan pikiran yang sehat sehingga siklus menstruasi dan nyeri terjadi secara normal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *