4 Manfaat Utama Tes Nutrigenomik

Saat ini banyak orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk kesehatan. Salah satu yang bisa dipilih tentu saja dengan tes nutrigenomik.

diet tes Nutrigenomik
shutterstock.com

Di mana seseorang berupaya mencari tahu tentang apa yang yang dibutuhkan tubuh dengan hasil optimal. Seperti kita tahu tidak semua makanan bisa diserap tubuh dengan baik.

Bahkan kadang ada yang justru berakibat fatal atau dalam bahasa sehari-hari dikatakan sebagai pantangan. Tak ingin itu terjadi maka pahami nutrigenomik yang ada dalam tubuh masing-masing.

Tidak bisa dengan dugaan atau hanya sebatas perkiraan semata. Harus ada teknologi mendalam untuk dapatkan hasil akurat. Dengan demikian tindakan yang diambil pun akan lebih optimal

Apa itu Nutrigenomik

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya dipahami dulu apa itu nutrigenomik. Istilah ini bisa jadi asing bagi orang awam.

Namun bagi mereka yang peduli akan kesehatan tentu tidak demikian. Nutrigenomik sebagai ilmu yang mempelajari hubungan atau kaitan antara faktor nutrisi dengan genetik.

Setiap tubuh membutuhkan nutrisi dan takaran yang berbeda-beda. Tidak bisa satu dengan yang lain dipukul rata karena proporsi tubuh pun berlainan. Nutrisi memiliki komposisi spesifik serta mampu menginduksi ekspresi gen dalam tubuh.

Dengan kata lain nutrigenomik adalah aplikasi genomik dalam wajah baru. Di dalamnya setidaknya terdapat transkriptomik, metabolomik, proteomik serta epigenomik.

Setiap individu yang mengetahui itu semua maka hampir bisa dipastikan mencapai titik terbaik untuk menjaga kesehatan dengan baik. Tidak ada keraguan akan apa yang boleh dan tidak boleh untuk dikonsumsi setiap harinya.

Sejumlah Manfaat Tes Nutrigenomik

Dunia kesehatan berkembang sangat pesat. Salah satunya dengan kajian mendalam terkait nutrigenomik dan kemudian dikembangkan hingga saat ini.

Metode ini banyak dipilih untuk tetap sehat karena tidak memberi rasa sakit. Sering kita temukan mereka yang ingin sehat harus menjalani terapi atau treatment tertentu.

Lain dengan yang satu ini, yang mana individu cukup diambil air liur / saliva sebagai bahan untuk kemudian dianalisa. Setelah itu akan muncul rekomendasi nutrisi apa yang paling tepat dan di dapat dari mana saja.

Tidak hanya untuk menjaga tubuh tetap sehat tapi bagi sebagian orang bisa dipilih sebagai cara untuk tampil cantik dan tetap awet muda. Dan berikut 4 manfaat utama tes nutrigenomik:

1. Rekomendasi Jenis Diet yang Sesuai

Kita tahu, saat ini ada beberapa jenis diet yang bisa ditemukan. Dari yang biasa saja hingga yang paling ekstrim.

Tak jarang mereka yang diet tersiksa sepanjang hari karena tidak boleh mengonsumsi ini itu. Lain dengan mereka yang paham nutrigenomik maka bisa memilih jenis diet terbaik. Diet yang disesuaikan dengan gen yang ada.

2. Panduan Penyesuaian Asupan Nutrisi

Kita mungkin masih ingat dengan keluhan pelatih timnas sepak bola yang mengeluhkan stamina atlet yang cenderung dibawah rata-rata. Bagi seorang atlet atau mereka yang ingin miliki stamina prima tentu harus memperhatikan asupan nutrisi yang ada.

Mereka ini harus miliki takaran dan sajian yang sesuai. Bukan hanya asal banyak tapi juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

3. Menentukan Prioritas Kebutuhan Nutrisi

Bagi seseorang yang sensitif tentu tidak bisa sembarangan mengonsumsi apa yang ada. Bisa jadi justru akan berbahaya dan berakibat fatal.

Dengan mengetahui karakteristik metabolisme yang akan memengaruhi gen maka setiap orang akan bisa mengambil sikap. Makanan apa yang boleh di makan dan mana yang tidak boleh.

4. Menjaga Kesehatan Tanpa Tersiksa

Banyak penyakit yang timbul saat ini justru berasal dari apa yang masuk ke dalam tubuh. Sebut saja obesitas, stroke, diabetes, jantung, hipertensi, autoimun hingga kanker.

Mereka yang cenderung tahu mana saja makanan yang boleh dimakan dan mana yang tidak relatif lebih sehat. Menjadi sangat penting bagi penyintas agar tidak menjadi pemicu dan berakibat fatal.

Selain beberapa manfaat diatas masih ada manfaat lain dengan melakukan pemeriksaan nutrigenomik. Tubuh masing-masing individu itu unik dan membutuhkan asupan yang berbeda.

Kenali dari sekarang dan pilih asupan terbaik untuk tubuh lebih sehat. Tidak ada lagi drama sakit justru karena apa yang masuk ke dalam tubuh.

Rekomendasi Tempat Tes Terbaik

Untuk mengetahui kadar nutrigenomik yang ada kini sangat mudah. Ada beberapa rumah sakit dan klinik yang siap melakukan pemeriksaan.

Namun ada baiknya kunjungi tanyadna.id untuk mendapat informasi awal. Penting sebelum melakukan pemeriksaan untuk tahu lebih banyak tentang bidang ini. Tujuannya tentu saja untuk hasil terbaik sesuai dengan apa yang kita butuhkan saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan