Sebagai bentuk nyata dalam program pemberdayaan masyarakat 7 mahasiswa Ilkom UMBY gelar pemberdayaan digital marketing. Acara tersebut digelar di Kopi Johar pada Selasa, 18 Juni 2024.
Mereka yang menjadi peserta dari kegiatan ini adalah bisnis owner dan barista kafe atau kedai kopi yang ada di Depok, Sleman, Yogyakarta. Harapan dari kegiatan ini adalah bagaimana para pemilik bisnis dan orang-orang yang ada di dalamnya lebih melek digital dan memanfaatkan teknologi yang ada.
Hal ini untuk menjawab tuntutan dimana kini semua brand harus bisa bersaing di sosial media. Tujuannya tentu saja agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi pilihan utama.
Baca juga: Teater Senthir Rayakan Hari Jadi Ke-30 dengan Cara Berbeda
Digital Marketing Communication
Sosialisasi singkat selama 1 hari ini mengusung tema Digital Marketing Communication. Banyak hal yang berhubungan dengan dunia digital marketing disampaikan selama kegiatan.
Dalam kegiatan tersebut Migel Alfanzah Harahap selaku ketua kelompok mengatakan, kegiatan pemberdayaan ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya digital marketing. Selain itu untuk membantu meningkatkan kehadiran online brand di berbagai platform sosial media.
Dalam kesempatan ini mahasiswa Ilkom UMBY melakukan sosialisasi terkait produksi konten di instagram. Dipilihnya sosial media yang satu ini mengingat jumlah pengguna yang sangat banyak.
Aktivitas ngopi telah menjadi salah satu gaya hidup dan tren bagi masyarakat khususnya mahasiswa di Jogja. Mereka tidak saja sekadar bersantai tapi bisa juga sembari mengerjakan tugas.
Penting untuk menggarap sosial media sebaik mungkin guna mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya. Dengan sosial media pemilik bisnis bisa mempromosikan produk yang ada terutama terkait produk terbaru dan promo berjalan.
Mahasiswa Ilkom UMBY Hadir dan Terjun ke Masyarakat
Tujuh mahasiswa Ilkom UMBY yang hadir dalam kegiatan ini adalah Migel Alfanzah Harahap, Maryam Koria, Enggar Dwi Laksono, Prima Pratiwi, Sherly Devita, Yosefany Intan Ingtyas dan Irmawati. Mereka tak hanya melakukan sosialisasi semata tapi juga melakukan pendampingan dalam proses produksi konten yang menarik dan interaktif.
Sosialisasi dalam membuat konten di media sosial ini menjadi salah satu program utama mahasiswa Ilkom UMBY. Usai mengikuti kegiatan diharapkan peserta mampu membuat konten yang kreatif dan menarik.
Kegiatan ini tak hanya berlangsung satu arah saja. Namun para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya dan mendiskusikan materi yang belum dipahami.
Mas Asa selaku pemilik Kedai Kopi Johar menyampaikan terima kasih atas apa yang dilaksanakan teman-teman dari kampus UMBY. Harapannya kegiatan ini bisa diteruskan dan membawa dampak baik bagi pebisnis di masa yang akan datang.
Ia sadar betul bahwa para pelaku bisnis di bidang food & beverage tidak bisa berpuas diri dan harus terus belajar. Kegiatan ini menjadi sarana untuk mawas diri dalam mengelola sosial media sebagai pintu masuk peningkatan penjualan.