9 Manfaat Bermain Game Online yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang bisa jadi bermain game adalah satu kegiatan kurang produktif. Namun faktanya dari kegiatan yang bikin mager ini ada banyak manfaat. Dikutip dari beberapa sumber setidaknya ada 9 manfaat bermain game online.

manfaat bermain game online
pixabay.com/tianya1223

Dan bisa jadi kamu akan menemukan lebih banyak lagi bila sudah merasakan keseruannya. Dimana bermain game online ini kini tidak lagi hanya dimainkan perorangan.

Namun demikian kini setiap orang bisa main bareng atau yang lebih dikenal dengan mabar. Dimana antar peserta akan diuji untuk lebih bisa dan peka terhadap lingkungan sosial.

Membantah anggapan bahwa manfaat bermain game online itu tidak ada sama sekali. Ingat untuk bermain game online dibutuhkan strategi.

Artinya dalam permainan otak ini sudah bisa dipastikan memaksa otak untuk lebih bisa berkembang. Berbagai strategi harus dimainkan untuk mendapat kemenangan demi kemenangan.

Agar tidak salah kaprah dalam menentukan game mana yang baik khususnya buat anak-anak. Mereka yang belum bisa berpikir secara matang tetap harus diberi pendampingan.

Jangan sampai bermain game yang salah dan berakibat fatal. Ingat, bisa jadi game online atau permainan yang menampakan agresifitas akan membuat seseorang mudah menyerang.

Lain dengan game online yang mengajarkan tentang kerja sama, kesabaran, strategi, kecekatan, motorik halus dan lain-lain. Semua itu pastinya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

9 Manfaat Bermain Game Online

plays logo
plays.org

Tak ingin berpanjang lebar dan berikut setidaknya 9 manfaat dari bermain game online yang dilakukan dalam taraf kewajaran.

1. Melatih Kecerdasan Otak Kanan

Seperti kita tahu bahwa susunan otak itu terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Otak kiri biasanya digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan analisa, pemikiran berdasar fakta, kritis dan logis.

Sementara itu otak kanan sebaliknya. Dimana mereka akan sangat berperan dalam kaitan imajinasi, kreatifitas, seni, intuisi, visual, musik dan lain-lain.

Dengan bermain game online secara tidak langsung berarti kita akan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Mengingat otak kiri telah digunakan dalam kegiatan sehari-hari sewaktu belajar dan bekerja.

2. Melatih Fokus

Banyak orang gagal dalam kehidupan sehari-hari biasanya karena mereka gagal dalam melatih fokus. Dimana diri tidak siap menghadapi segala perubahan.

Dengan bermain game online ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat fokus seseorang. Hal ini pastinya akan langsung terjawab manakala kita melihat disekitar kita, mereka yang memenangkan pertandingan adalah orang-orang yang fokus.

Hal baik ini pastinya juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apapun tugas yang diselesaikan selama ada kata fokus maka besar kemungkinan berhasil itu ada di depan mata.

3. Menghilangkan Stress

Alasan klasik yang sering digunakan mereka yang gemar bermain game online sudah pasti untuk menghilangkan stres. Dimana tekanan hidup biasanya akan diselesaikan manakala kita menggunakan otak kiri.

Sebaliknya untuk mengimbangi tekanan tersebut maka otak kanan akan diberdayakan dan bermain game online adalah salah satu pilihan terbaik.

Selain bisa dilakukan kapanpun dimanapun bermain game online juga tidak membutuhkan biaya besar. Lain dengan mereka yang memilih menghilangkan stres dengan cara shoping atau melakukan gaya hidup hedonis. Yang ada kemudian duit akan tercecer dimana-mana.

Game sederhana seperti puzzle, mencocokan warna atau bentuk tentu menjadi pilihan utama. Dimana itu akan berangsur menghilangkan stres yang ada.

4. Melatih Sikap Positif

Untuk mereka yang suka berkompetisi maka ada baiknya untuk mencoba game online. Pada sebagian game online atau permainan kini telah dianggap sebagai e-sport.

Tak akan ada yang membantah bila semua permainan itu akan melatih rasa percaya diri, kerjasama tim, sikap saling percaya, saling menghargai dan masih banyak sikap positif yang bisa didapat dari bermain game online.

Kalau saja dalam permainan virtual sikap positif itu begitu terlihat maka akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Tak ada lagi kesan apatis dan mau menang sendiri ketika sudah menjadi bagian dari tim.

5. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Bagi kita yang termasuk awam dalam berbahasa Inggris tak perlu khawatir. Kini game online pun telah dipilih sebagai bagian dari proses belajar bahasa asing.

Berbagai instruksi dalam bahasa inggris yang sering didengar secara tidak langsung akan memengaruhi alam bawah sadar. Dan hal ini akan terbawa kemudian dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi mereka yang sering main bareng dan memiliki tim atau rekan yang berasal dari seluruh dunia. Patut digarisbawahi bahwa game online dengan mudah akan mempertemukan budaya yang jaraknya terpisah ratusan kilometer.

6. Melatih Kesabaran

Sifat sabar itu harus dilatih dan tidak bisa muncul serta merta. Pelan tapi pasti, untuk bisa berjuang hingga level yang lebih tinggi pasti butuh proses.

Butuh belajar yang bisa jadi memakan waktu yang cukup lama. Paling penting adalah menjaga semangat untuk terus mencoba dan melakukan yang terbaik.

Jangan menyerah bila selalu kalah karena kemenangan itu hanya akan dimiliki mereka yang mau berjuang. Mengaduk-aduk emosi dan geregetan selama permainan dan hal itu yang harus diperhatikan.

7. Menambah Jalinan Pertemanan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa game online akan mempertemukan masing-masing individu dari belahan dunia manapun. Bisa jadi mereka yang menjadi rekan satu tim itu beda negara dan hal ini akan menjadi kebanggaan bila bisa melakukan sesuatu yang terbaik.

Siapa tahu usai bermain game online dan silahturahmi terwujud. Cara ini cukup ampuh bagi siapa saja untuk mengenal budaya negara lain.

8. Melatih Sifat Optimis

Tanpa disadari mereka yang bermain game online hanyalah pribadi yang miliki sifat optimis. Bahwa kelak mereka akan memenangkan permainan.

Tidak ada cerita mereka yang gemar bermain game online adalah pribadi yang mudah menyerah dan kalah. Antusias itu akan nampak dalam tiap wajah para pemain game online.

Terlebih bagi mereka yang terbiasa memenangkan pertandingan. Secara tidak langsung, sifat optimistis ini akan terus terbentuk dan terpupuk.

9. Sumber Penghasilan

Bagi sebagai orang manfaat dari bermain game online itu adalah bagaimana mereka bisa mendapat keuntungan finansial. Kini hal ini ini bukan lagi hal yang tabu karena telah bermunculan atlet e-sport di tiap kota.

Selain itu ada yang main perorangan dimana mereka bisa menjadi joki atau menjual aksesoris permainan yang sering kali tidak didapat mereka yang pemula. Game online kini telah menjadi industri yang mulai banyak dilirik anak muda sebagai ladang penghasilan.

Sebut saja Rizky Fiadan, Kevin Susanto, Muhammad Rizky atau Kenny Deo. Mereka adalah para atlet e-sport yang pernah mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional.

Penutup

Dari sekian banyak penyedia game yang ada hanya 1 paling direkomendasikan tentu saja Plays.org. Dimana aplikasi tempat download game ini hanya memberikan yang terbaik.

Bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa kecuali, bahkan oleh anak-anak sekalipun bisa dikatakan sangat aman. Di Plays.org terdapat ratusan game yang bisa dipilih dan setiap saat akana ditambah dan perbaiki.

Tak ada kata bosan memilih dan cukup satu tempat untuk berlangganan game terbaik untuk seluruh anggota keluarga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *