Bagaskara Hapsari Sukses Gelar Climen #5

Subunit Karawitan UPN Veteran Yogyakarta Bagaskara Hapsari sukses menghibur ratusan pengunjung Gedung Kesenian Sleman pada Sabtu malam (23/9). Gedung kesenian yang lokasinya berada di kompleks Pemda Sleman itu menjadi saksi bahwa gamelan hingga saat ini masih nampak eksistensinya.

Bagaskara Hapsari Subunit Karawitan UPN "Veteran" Yogyakarta
kanaljogja.id

Selain Bagaskara Hapsari yang unjuk kebolehan juga dimeriahkan beberapa kelompok karawitan dari luar kampus UPN. Mereka adalah Pemuda Nabuh Gamelan (PNG) dan Sekar Setaman.

Pertunjukkan diawali dengan perform anggota muda Bagaskara Hapsari. Mereka ini adalah anggota baru yang bergabung di awal tahun ajaran 2023/2024. Hanya sempat belajar selama beberapa bulan saja, akan tetapi hasil didapat cukup menggembirakan.

Total tak kurang dari 2 jam pengunjung dimanjakan dengan pertunjukan gamelan yang atraktif. Yang cukup mengejutkan selain menampilkan gaya klasik juga ada gamelan garapan atau kontemporer.

Jogja Istimewa Turut Mewarnai

Salah satu perform yang cukup mengejutkan tentu saja dengan adanya lagu Jogja Istimewa. Salah satu lagu yang bercerita tentang Jogja ini dibawakan dengan apik oleh Bagaskara Hapsari.

Mereka pun tak segan mengajak para penonton untuk ikut berdendang dan bergoyang. Dari pengamatan Kanal Jogja di lokasi, mayoritas pengunjung adalah anak muda. Menjadi bukti gamelan tak lekang oleh waktu.

Bukan lagi hanya sajian favorit mereka yang telah berusia. Namun anak muda di Jogja khususnya pun begitu menikmati, baik itu mereka yang memainkan atau penonton yang melihat pertunjukkan.

Bagaskara Hapsari Konsisten Gelar Climen #5

Aditya C selaku Ketua Subunit Karawitan UPN “Veteran” Yogyakarta menegaskan bahwa Climen #5 merupakan pembuktian atas apa yang telah mereka lakukan selama 1 tahun terakhir. Di mana para anggota telah berlatih secara serius selama satu tahun terakhir untuk terus belajar dan saat ini adalah puncak dari proses tersebut.

Harapannya, gamelan kian diminati oleh masyarakat luas terutama para generasi muda. Gamelan bila diaransemen dengan baik akan menghasilkan musik yang luar biasa indah. Dan bila kamu penasaran mungkin ada baiknya saksikan Climen #6 di tahun yang akan datang.

Pos terkait