Kuliner Enak Dekat Malioboro Ini Wajib Dicoba

Meskipun Jogja terkenal dengan tempat wisatanya, mencari kuliner enak di kota ini juga merupakan hal yang tepat. Karena di Jogja sendiri kuliner-kuliner enak melimpah terutama kuliner enak dekat Malioboro yang begitu populer.

Kamu bisa mencoba semuanya kapan saja ketika berkunjung di Malioboro. Berbicara tentang kuliner enak, buat kamu yang datang ke Malioboro maka wajib mencoba beberapa kuliner yang akan membuat lidah bergoyang.

Daftra kuliner ini sudah terbukti kelezatannya. Bahkan ada beberapa kuliner yang sudah melegenda.

Mulai dari harga termurah sampai yang relatif biasa-biasa saja. Karena di Jogja tidak ada kuliner yang mahal dengan catatan bertanya sebelum menikmati.

Mari simak beberapa kuliner enak dekat Malioboro berikut ini:

1. Lupis Mbah Satinem

lupis mbah satinem
genpi.co

Kuliner enak dekat Malioboro yang pertama diisi oleh Lupis Mbah Satinem. Jajanan pasar ini terletak di Jalan Bumijo No, 52-40 atau lebih mudahnya dekat Tugu Jogja.

Lupis Mbah Satinem menyajikan beberapa makanan tradisional khas Jogja yakni lupis, gatot, tiwul, dan ada juga cenil. Untuk harganya relatif murah bisa disesuaikan dengan keinginan mulai dari Rp 5.000- sampai dengan Rp 10.000,-. Kalau kamu mau membeli yang campuran bisa juga.

Lupis Mbah Satinem ini mulai buka jualan dari jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. Hampir setiap hari, Lupis Mbah Satinem dipenuhi pembeli. Jadi kalau kamu tidak suka antre, kamu bisa datang lebih pagi untuk membeli dagangan Mbah Satinem.

Baca juga: 5 Soto ala Jogja yang Banyak Dicari

2. Soto Lenthok Pak Man

soto lenthok pak man
tripadvisor.com

Kuliner enak dekat Malioboro lainnya ada Soto Lenthok Pak Man. Warung soto legendaris ini mulai buka dari pukul 7 pagi sampai jam 2 siang.

Tapi kalau habis bisa lebih cepat tutupnya karena soto ini juga ramai pembeli. Jadi kamu wajib datang lebih pagi kalau ingin menikmati sensasi kelezatan sotonya.

Letak warung Soto Lenthok Pak Man tidak jauh kok dari Malioboro atau tepatnya berada di sekitar Alun-alun Kidul Jogja. Satu porsi soto lenthok dibandrol dengan harga Rp 10.000,-.

Dalam satu porsi itu kamu juga bisa merasakan perkedel ketela atau lenthok yang menjadi ciri khas soto ini. Bisa juga menambahkan tahu bacem yang tidak kalah enaknya.

Cita rasa soto lenthok Pak Man ini cenderung manis karena tambahan dua potongan tahu dan juga perkedel. Tetapi kalau kamu tidak suka manis, kamu bisa kok request pada penjualnya.

Nikmati dengan lahap soto lenthok jika sudah dihidangkan. Lidahmu tidak akan mau berhenti menikmati hingga habis.

3. Sego Empal Bu Warno

sego empal bu warno
instagram.com/reni.puspita.sari

Sego empal Bu Warno ini juga merupakan salah satu kuliner enak di dekat Malioboro yang wajib kamu coba. Kamu dapat menikmati empal yang lembut dan emput bersama satu porsi nasi dengan harga sekitar Rp 22.000,-.

Sego Empal Bu Warno ini berada di Pasar Beringharjo. Warung itu beroperasi pada jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Atau bisa juga datang ke Jalan Brigjen Katamso No.127 di mana di tempat ini ada cabang Empal Bu Warno. Cukup mudah menemukannya karena ada papan nama cukup besar.

Apa ada menu lain selain empal? Tentu saja ada. Kamu bisa memilih menu-menu lainnya di warung ini.

Dari sekian komentar pembeli, ternyata bukan hanya empalnya saja yang menjadi ciri khas, sambalnya pun juga memiliki rasa yang berbeda.

Baca juga: Pecel Kembang Turi dan Wedang Uwuh Imogiri

4. Pecel Senggol Beringharjo

pecel-senggol beringharjo
Instagram/@dhaneeeeee

Nasi pecel memang sudah menjadi primadona bagi siapa saja penyuka makanan khas Jawa. Berbagai hidangan pecel tersaji di berbagai tempat. Mulai dari pecel jamur sampai pecel lele, semuanya memiliki daya pikatnya sendiri-sendiri.

Hei buat kamu pecinta pecel, Pecel Senggol Beringharjo ini mengundang kamu untuk mencicipinya. Satu porsi pecel di sini dibanderol dengan harga relatif murah yakni 10 ribu rupiah saja.

Dari uang 10 ribu itu kamu akan mendapatkan pecel dengan sayuran beraneka ragam. Mulai dari bunga pepaya, daun kenikir, kecambah, kubis, dan masih banyak lagi.

Yang menjadikan Pecel Senggol Beringharjo ini adalah sambal kacangnya. Manis, gurih dan bikin nagih.

Jika kamu penasaran dengan pecel ini, datang saja di Pasar Beringharjo yang tempatnya tidak jauh dari Malioboro. Pecel ini bukan dari jam 6 pagi. Gaskeun guys!

Baca juga: Menyelami Romantisme Malioboro

5. Lumpia Samijaya

lumpia samijaya
nyatanya.com/chaidir

Lumpia ini merupakan makanan favorit orang-orang tetapi penjualnya sudah jarang-jarang. Ada warung lumpia yang bisa menjadi alternatif ketika kamu benar-benar ngidam kuliner khas Semarang ini.

Warung itu bernama Lumpia Samijaya. Nah jika kamu sedang jalan-jalan di Malioboro, kamu bisa melipir terlebih dulu ke penjual Lumpia ini.

Lumpia Sami Jaya pada awalnya berada di sebelah Hotel Mutiara Malioboro. Namun saat ini sudah pindah ke Teras Malioboro 2 Blok K 20/21.

Harganya sih relatif murah ya. Kamu bisa membeli varian lumpia dari lumpia ayam sampai lumpia spesial. Harganya hanya 4500 rupiah sampai 5000 rupiah saja. Cukup murah kan?

Lumpia ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam lho. Jadi tidak perlu takut kehabisan karena pedagangnya stok terus. Di mana lagi nih bisa makan lumpia sambil wisata kalau bukan di Jogja?

6. Cilok Gajahan

cilok gajahan
hipwee.com

Cilok Gajahan di sini bukan berarti cilok dari daging gajah ya. Tetapi hanya namanya saja memang begitu.

Cilok Gajahan ini dulunya berkeliling menggunakan gerobak di sekitaran Alun-alun Kidul. Namun kini, mereka sudah mempunyai banyak gerai tetap dan pusatnya ada di Jalan Kadipaten Kulon No 97, Kraton, Jogja.

Satu porsi Cilok Gajahan ini seharga Rp 5.000,- saja. Meskipun harganya murah, isi ciloknya terbilang banyak dan dapat mengenyangkan. Cilok Gajahan ini terasa daging sapinya sehingga banyak sekali pembeli dari berbagai penjuru.

Jika kamu tertarik dengan Cilok Gajahan ini, kamu bisa datang ke salah satu gerai Cilok Gajahan yang berada di dekat Malioboro. Tepatnya di Jalan Kadipaten Kulon No 97, Jogjakarta. Mereka buka dari jam 1 siang sampai jam 6 sore.

Baca juga: 4 Gudeg Jogja yang Super Enak

7. Gudeg Yu Djum

gudeg jogja
Shutterstock

Gudeg legendaris ini juga patut dijajal. Gudeg Yu Djum. Buat kamu penyuka Gudeg, Gudeg Yu Djum ini recommended banget. Apalagi ada cabang Gudeg Yu Djum di dekat Malioboro atau berkunjung ke Jalan Wijilan sebagai Sentra Gudeg.

Satu porsinya beraneka ragam harganya. Mulai dari 10 ribu rupiah sampai 45 ribu rupiah. Dengan merogoh uang sebesar itu saja, kamu sudah dapat menikmati Gudeg Khas Jogja yang sangat legendaris ini.

Bikin penasaran bagaimana rasanya bukan? Langsung saja ke sana cicipi semua porsi Gudeg sampai perut membesar.

Selain 7 kuliner enak dekat Malioboro diatas pastinya masih ada banyak pilihan lain yang bisa dicoba. Buat kamu yang mengetahui kuliner enak lainnya di dekat Malioboro, boleh dong share ke teman-temanmu lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan