Blangkon Raksasa Lengkapi Grebeg Selarong IX Tahun Ini

Blangkon Raksasa akan meriahkan Grebeg Selarong tahun ini. Pasalnya penutup kepala bagi kaum Adam ini tidak saja hanya muat untuk satu orang tapi bisa untuk belasan atau puluhan kepala.

Bacaan Lainnya
blangkon raksasa
pariwisata.bantulkab.go.id

Blangkon raksasa berukuran 5,5 x 6,5 meter ini diharapkan mampu memecahkan rekor dunia. Dan bila ini disetujui tentu akan menjadi catatan manis dari objek wisata yang diharapkan terus berkembang ini.

Bagi yang penasaran bisa datang ke Objek Wisata Gua Selarong pada Minggu (1/11) pagi bertepatan dengan puncak perayaan Grebeg Selarong IX. Lokasi yang digunakan tak lain adalah area sekitar gua yang dulu digunakan Pangeran Diponegoro untuk menyusun perang melawan Belanda.

Kegiatan tahunan ini juga untuk memperingati hijrahnya Pangeran Diponegoro dari Kraton ke Desa Guwosari. Bukan hanya itu saja tapi pihak panitia tetap mempertahankan apa yang menjadi ciri khas dari grebek yang tak lain adalah gunungan. Grebeg Selarong adalah ungkapan rasa syukur dari warga Desa Guwosari, Pajangan, Bantul atas kelimpahan rizki tahun ini.

Selain itu diharapkan dapat mendongkrak nama Objek Wisata Gua Selarong yang beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan jumlah pengunjung. Acara yang dikemas dalam rangkaian merti desa ini telah dimulai sejak Jumat (30/10) sore dan akan berakhir Minggu (1/11) siang.

Berbagai pentas seni dan budaya ditampilkan dalam event ini. Mereka berasal dari 15 dusun yang ada di sekitar Gua Selarong. Beberapa pertunjukan yang dipastikan akan menyedot perhatian publik tentu saja pentas jathilan dan reog. Selain itu masih ada atraksi pencak silat, drumb band, dan lain-lain.

Satu yang pasti ada dalam setiap gelaran di Jogja adalah Kirab Budaya. Yang mana kegiatan ini bisa juga sebagai sarana promosi untuk lebih memperkenalkan potensi dan kekayaan suatu daerah.

Selain Gua Selarong tempat ini juga menyimpan keindahan yang lain. Salah satunya tentu saja air terjun yang ada disekitar objek wisata.

Pos terkait